Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 03, 2018
Masakan yang kita masak biasanya menggunakan bawang merah. Sebab bawang merah merupakan salah satu bumbu yang selalu ada disetiap kuliner yang menciptakan masakan menjadi yummy serta bau. Namun ada sebagai orang yang kurang suka atau bahkan tidak suka sama sekali dengan bawang merah. Alasannya adalah mengonsumsi bawang merah mereka anggap mampu menimbulkan kedaluwarsa badan. Bagian yang dimanfaatkan biasanya umbi serta daunnya.

Bawang merah selain sebagai bumbu kuliner juga mampu dijadikan sebagai obat tradisional alami aneka macam penyakit. Hal itu telah dilakukan sejak zaman dahulu oleh orang tua kita misalnya saja kalau anak kecil masuk angin suka diobati dengan bawang merah ialah dengan cara membalurkan bawang merah yang telah dihaluskan keseluruh pecahan tubuh dan hasilnya sangat pengaruhtip. Selain itu bawang merah juga mampu dijadikan obat tradisional alami banyak sekali penyakit. Mungkin kita tidak tahu ataupun baru tahu bahwa manfaat bawang merah bagi kesehatan sangat banyak. Sebelum lebih jauh tentang manfaat bawang merah bagi kesehatan mari kita intip dahulu ihwal mawang merah itu sendiri.

Bawang merah atau jika di jawa disebut Brambang merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tengara serta Asia Tengah. Nama ilmiah dari bawang merah sendiri yaitu Allium cepa L. Serta merupakan keluarga dari Amaryllidaceae dan ordo dari Asparagales. Bawang merah berbunga majemuk berbentuk tandan serta bertangkai dan berkuntum. Bagian tengah dari bawang merah biasanya mengembung sedangkan bagaian ujung pangkal mengecil. Perkembangbiakan dari bawang merah sendiri yaitu mampu melalui bawang merah sendiri yang ditanam seakan-akan tumbuhan jahe atau sejenisnya. Meskipun bawang merah tidak seterkenal bawang merah dalam dunia kesehatan namun bawang merah juga mempunyai manfaat yang begitu melimpah bagi kesehatan tubuh.

Dalam bawang merah terkandung aneka macam unsur yang diharapkan oleh tubuh sehingga bawang merah mampu dijadikan obat tradisional alami bagi kesehatan. Seperti kakaknya adalah bawang putih, bawang merah juga mengandung unsur yang banyak yang berguna bagi kesehatan. Unsur yang terkandung dalam bawang merah adalah lemak, karbohidrat, serat, gula, energi, protein, air, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, sodium, fosfor, besi, kalsium, magnesium dan kalium. Hasil tersebut merupakan hasil dari penelitian para jago kesehatan.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh
Gambar Bawang Merah (sumber : google.com)

Berikut Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

1. Menghentikan Pendarahan
Pendarahan yang dimaksud yaitu bila kita mengalami mimisan atau pendarahan dihidung. Hal itu biasanya terjadi secara mendadak dan tanpa diduga duga. Jika mengalami hal tersebut jangan panik coba obati menggunakan bawang merah. Siapkan 3 siung bawang merah kemudian diiris iris. Hasil irisan tersebut didekatkan pada hidung kemudian hirup aroma dari bawang merah tersebut secara perlahan. Cara tersebut bisa mengentikan pendarahan atau mimisan pada hidung.

2. Menghilangkan Jerawat
Bawang merah ternyata mampu menjadi tembok dari serangan virus atau kuman. Hal itu terjadi lantaran bawang merah mempunyai sifat sebagai anti inflamasi serta anti bakteri. Ke-2 sifat itu sanggup membunuh bakteri dan kuman yang menimbulkan infeksi. Maka bila kita mengalami perkara dengan jerawat cobalah obati menggunakan bahan alami bawang merah. Siapakan beberapa bawang merah kemudian dilumatkan sampai halus. Campurkan satu minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan lalu aduk rata. Oleskan ramuan tersebut pada serpihan yang terkena jerawat dan biarkan kurang lebih selama 20-25 menit. Bersihkan menggunakan air bersih dan ulangi cara tersebut beberapa kali.

3. Mencegah Kanker
Bukan diam-diam umum lagi kalau penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mampu berakibat fatal. Kanker kanker yang berbahaya antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, kanker paru-paru atau kanker lambung. Maka dari itu cegah kanker sedini mungkin semoga tetap terjaga dari penyakit kanker. Bawang merah bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah terkena penyakit kanker. Kandungan sulfur atau welirang yang terdapat dalam bawang merah diyakini sanggup mencegah tubuh dari penyakit kanker. Cara pemanfaatannya cukup mudah dan sederhana sekali ialah dengan mengonsumsi bawang merah mentah secara teratur.

4. Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini mampu menyerang siapa saja baik laki laki maupun perempuan. Penuaan dini terjadi akibat tubuh kekurangan unsur unsur nutrisi yang berperan penting dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini cobalah menggunakan bawang merah sebagai obat tradisional untuk mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin dan anti penuaan dalam bawang merah sangat tinggi sehingga membantu memperlambat terjadinya penuaan dini. Siapkan bawang merah secukupnya lalu dihaluskan. Gunakan bawang yang telah dihaluskan tersebut untuk dioleskan pada penggalan kulit secara merata kemudian dipijat pelan pelan. Cara tersebut dapat memperlancar sirkulasi darah serta meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih kencang dan bercahaya.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat selanjutnya dari bawang merah adalah mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Bawang merah mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan demikian kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga dan terhindar dari banyak sekali penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mencerahkan Wajah
Siapkan beberapa siung bawang merah kemudian dihaluskan. Setelah itu bawang merah tersebut disaring untuk diambil airnya. Campurkan susu setengah sendok dan pala secukupnya. Aduklah semua materi hingga merata dan mengental. Oleskan bahan tersebut ke serpihan muka serta biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air susu cair menggunakan lap dan lakukan beberapa kali. Kandungan vitamin C dalam bawang merah mampu menjaga kulit tetap sehat, lembab serta berseri. Tidak hanya itu saja, bawang merah juga membantu pasokan asupan zat flavonoid yang berfungsi untuk kecantikan kulit serta membantu membersihkan darah.

7. Obat Sambelit
Kekurangan serat bisa berakibat kuliner yang masuk susah dicerna oleh usus. Jika sudah demikian bukan tidak mungkin akan terkena perkara sambelit. Cara sederhana dan simpel untuk mengatasi masalah tersebut adalah mampu menggunakan bawang merah sebagai obat tradisional alami. Konsumsilah bawang merah mentah 1 siung atau kalau tidak sanggup bisa mencampurkan bawang merah mentah tersebut dengan makanan lain. Kandungan serat alami dalam bawang merah membantu mengeluarkan makanan keras serta racun dalam usus.

8. Menghilangkan Flek Hitam Wajah
Flek hitam diwajah memang sangat mengganggu serta membuat kita jadi kurang percaya diri. Flek hitam tersebut diakibatkan oleh banyak faktor diantaranya bekas abses ataupun kondisi kulit wajah yang kurang sehat. Cobalah atasi masalah tersebut menggunakan masker bawang merah. Ambilah beberapa siung bawang merah kemudian dilumatkan hingga halus serta campurkan yogurt. Oleskan masker tersebut pada bagaian wajah yang berflek hitam sambil dipijat perlahan. Biarkan masker tersebut selama 15 menit kemudian higieniskan menggunakan air. Lakukan cara tersebut sehari sekali secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Obat Rambut Rontok
Salah satu penyebab dari kerontokan rambut yaitu kurangnya zat sulfur. Jika kekurangan zat sulfur sirkulasi darah akan terganggu serta rambut akan menjadi rontok. Bawang merah mengandung sulfur yang tinggi sehingga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Siapkan bawang merah kemudian dibentuk jus. Sebelum mengoleskan jus bawang merah usahakan pijatlah dahulu kulit kepala menggunakan minyak kelapa hangat selama setengah jam lalu oleskan secara merata jus bawang merah tersebut. Tutuplah rambut menggunakan handuk hangat atau sejenisnya dengan tujuan untuk menguapkan rambut kemudian sehabis dirasa sudah terjadi penguapan bilas rambut menggunakan air hingga bersih.

10. Mencegah Hipertensi
Bawang merah menagandung zat quercetin yang berfungsi untuk menstabilkan tekana darah dalam tubuh, mengurangi stroke serta meningkatkan sirkulasi darah. Cara pemanfaatannya sangat simpel yaitu mampu pribadi memakan bawang merah mentah ataupun dibikin jus.

11. Menghilangkan Ketombe
Siapkan beberapa siung bawang merah kemudian dihaluskan. Campurkan air lemon, madu beberapa tetes serta dadih aduk rata. Oleskan ramuan tersebut ke kulit kepala sampai rata dan biarkan selama setengah jam. Bilas hingga bersih menggunakan sampo.

Tidak ada salahnya jikalau mulai sekarang kita beralih menggunakan obat tradisional alami. Selain imbas sampingnya sangat kecil juga bisa dibentuk sendiri dirumah dengan biaya yang tergolong murah. Obat tradisional memang khasiatnya tidak seakan-akan obat dari dokter namun obat tradisional khasiatnya bertahap.

Demikian artikel wacana manfaat dari Bawang Merah bagi kesehatan. Semoga menjadi ilham untuk beralih menggunakan obat tradisional.

Tampilkan Komentar