Kacang Hijau Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 02, 2018
Siapa yang tidak tahu bubur kacang hijau, semua niscaya tahu dan menyukai bubur kacang hijau ini. Ya, bubur kacang hijau memang mempunyai rasa yang enak serta cantik. Bahan utama bubur kacang hijau ialah kacang hijau. Maka dari itu dinamakan bubur kacang hijau. Pada artikel kali ini yang akan dibahas yaitu perihal manfaat kacang hijau bagi kesehatan. Yuk kita intip bersama sama wacana manfaat kacang hijau bagi kesehatan di bawah ini.

Kacang Hijau
Gambar Kacang Hijau (Sumber : google.com)

Kacang hijau atau nama ilmiahnya Vigna radiata merupakan tumbuhan dari suku fabaceae (polong-polongan) yang kita tahu sering dimanfaatkan untuk dibuat bubur kacang hijau, selai pada roti, gabungan gorengan, es kacang hijau serta masih banyak lagi. Kacang hijau memang gampang untuk dimanfaatkan sebagai olahan makanan. Kacang hijau sendiri merupakan tanaman palawija seperti halnay padi serta banyak tumbuh subur di daerah tropik. Kacang hijau sendiri menurut penelitian merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia serta Asia Timur. Selain itu kacang hijau yang mulai tumbuh atau disebut toge juga mampu dimanfaatkan baik sebagai bahan olahan kuliner atau pun bagi kesehatan tubuh. Kacang hijau memang banyak sekali keuntungannya baik bagi makanan ataupun bagi kesehatan. Manfaat kacang hijau bagi kesehatan begitu banyak disebabkan kandungan zat zat yang ada pada kacang hijau itu sendiri.

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan bisa dijadikan sebagai antibody untuk mencegah penyakit jantung, sumber protein yang tinggi dan masih banyak lagi. Maka dari itu pemanfaatan dari kacang hijau sebagai obat tradisional alami diyakini sangat baik. Kandungan zat dalam kacang hijau yang baik bagi kesehatan badan yaitu potasium, fosfor, mangan, kalsium, magnesium, zat besi, zinc, selenium, asam folat, vitamin B1, vitamin B6, riboflavin, niasin, asam pantothenat, protein, serat, omega 3, omega 6. Kandungan zat tersebut yang terdapat dalam kacang hijau mampu menjadi alternatif sebagai obat tradisional alami.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

1. Mencegah Terserang Penyakit Jantung
Penyakit jantung terjadi salah satunya balasan dari meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika hal itu terjadi bukan mustahil penyakit jantung akan menyerang kita. Menurut penelitian serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang hijau bisa menjadi obat tradisional alami dalam mencegah terjadinya penyakit jantung karena kandungan serat dalam kacang hijau sangat tinggi sehingga sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan.

2. Menurunkan Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang sangat teliti dalam hal makanan. Makanan yang dimakan oleh penderita diabetes harus rendah glukosa. Kacang hijau bisa menjadi makanan untuk penderita diabetes. Kacang hijau memiliki kadar glikemik yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kadar glikemik yang rendah menciptakan kadar gula dalam tubuh jadi sehat sehingga kacang hijau dapat membantu menurunkan diabetes.

3. Membantu Dalam Proses Penyerapan Nutrisi
Vitamin B1 yang terkandung dalam kacang hijau meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta absorpsi nutrisi. Sebab jika kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan proses metabolisme tubuh menjadi lambat yang menyebabkan perembesan nutrisi dari makanan terganggu.

4. Membantu Proses Pertumbuhan
Protein yang terkandung dalam kacang hijau sangat tinggi dan lengkap. Protein merupakan unsur yang dapat membantu dalam proses pertumbuhan serta pembentukan sel tubuh. Selain itu mengonsumsi kacang hijau juga mampu meningkatkan kecerdasan otak.

5. Mencegah Penyakit Anemia
Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan kurangnya darah. Kacang hijau bisa menjadi makanan alternatif untuk mencegah penyakit anemia alasannya kacang hijau mengandung zinc yang tinggi yang berfungsi menjaga metabolisme badan, menjaga keseimbangan hormon serta mengatasi penyakit anemia.

6. Sumber Protein
Kacang hijau merupakan salah satu yang menjadi sumber protein. Protein dalam kacang hijau lebih tinggi dibanding protein dalam daging. Maka dari itu kacang hijau disebut sebagai salah satu sumber protein yang baik.

7. Menguatkan Tulang
Manfaat selanjutnya dari kacang hijau yaitu mampu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Kalsium serta fosfor dalam kacang hijau sangat tinggi sehingga sanggup menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

8. Baik Bagi Ibu Hamil
Kacang hijau sangat baik serta dianjurkan bagi ibu hamil. Hal itu dikarenakan dalam kacang hijau terkandung aneka macam unsur yang baik bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu asam folat. Asam folat dalam kacang hijau sangatlah tinggi sehingga kalau mengonsumsi kacang hijau dikala hamil dapat membantu perkembangan saraf bayi dalam kandungan.

9. Mencegah kanker payudara
Kanker payudara merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi kaum perempuan. Sebab kanker payudara mampu menyebabkan kondisi fatal. Kacang hijau mampu dijadikan sebagai sumber makanan untuk mencegah terkena kanker payudara. Penelitian menyebutkan dalam kacang hijau terkandung zat yang mampu memerangi virus yang mampu menyebabkan kanker payudara.

Cara Pemanfaatan Kacang Hijau

Kacang hijau bisa dengan aneka macam cara pemanfaatan mampu dibikin bubur kacang hijau, selai pada roti, dibikin toge lalu ditumis serta masih banyak lagi cara. Tergantung selera kita mau dibikin apa yang penting dalam memanfaatkan kacang hijau jangan berlebihan dan harus teratur. Sebab segala yang berlebihan mampu menjadi sebaliknya.

Nah setelah membaca artikel diatas wacana manfaat kacang hijau bagi kesehatan mungkin anda bakal sering mengonsumsi makanan yang memakai bahan kacang hijau atau anda tiap hari membeli bubur kacang hijau. Selain mampu dimanfaatkan sebagai makanan kacang hijau juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai sekarang tidak ada salahnya jikalau mulai mengolah kacang hijau menjadi makanan yang enak. Selain kita membuat kuliner yang enak tentunya kita juga mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan. Selamat mencoba.

Tampilkan Komentar