Nutrisi Dan Manfaat Kacang Panjang

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 30, 2018
 Saya yaitu penggemar sayur kacang panjang. Bagaimana dengan anda?. Kacang panjang memang sangat enak kalau bikin sayur baik dilodeh, dibikin adonan pecel atau pun dimakan eksklusif. Tahukah anda bahwa selain bisa dimakan, kacang panjang juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu lebih dalam wacana manfaat kacang panjang bagi kesehatan?. Yuk kita bahas bersama sama.

Kacang panjang
Gambar Kacang Panjang ( Sumber : Google.com )

 Kacang panjang yang sering kita bikin sayur ataupun materi pecel mempunyai nama ilmiah Vigna sinensis. Kacang panjang sendiri merupakan tanaman semak. Ukuran kacang panjang ini sekitar 30-50 cm berwarna hijau atau merah tua dan kalo sudah tua berwarna coklat. Tumbuhan ini tumbuh menjalar sehingga harus disangga supaya tidak menjalar di permukaan tanah. Selain dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan, kacang panjang juga mampu menjadi obattradisional alami aneka macam penyakit. Hal itu dikarenakan dalam kacang panjang terkandung aneka macam zat dan nutrisi yang baik bagi kesehatan badan. Kandungan yang terdapat pada akacang panjang mulai dari mineral vitamin hingga karbohidrat.

 Kandungan nutrisi pada kacang panjang

Vitamin A
Vitamin C
Protein
Lemak
Protein
Fosfor
Zat Besi
Thiamin
Riboflavin
Magnesium
Mangan
Energi
Karbohidrat
Serat
Natrium
Zinc
Selenium

 Dengan aneka macam kandungan tersebut, kacang panjang mampu mengobati banyak sekali penyakit dalam tubuh jikalau dilakukan secara teratur.

 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Protein
 Kacang panjang mengandung kadar protein yang tinggi. Jika kita mengonsumsi kacang panjang dengan cara direbus, maka kacang panjang tersebut sanggup menjadi sumber protein yang baik.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh
 Jika kita habis beraktivitas maka badan kita akan mengalami kecapean atau kelelahan. Selain itu jikalau badan kekurangan vitamin B juga berakibat tubuh kurang fit. Kacang panjangyang kaya akan vitamin B sanggup mengembalikan stamina badan kita.

3. Mencegah Terserang Diabetes
 Sudah bukan belakang layar lagi kalau kacang panjang mengandung serat yang begitu tinggi. Serat tersebut sanggup mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

4. Menyehatkan Tulang
 Tulang memerlukan asupan kalsium, magnesium yang cukup untuk pemebentukan dan menjaga tulang dari perkara pengeroposan tulang. Kacang panjang mampu menjadi obat tradisional untuk perkara tersebut, karena kacang panjang mengandung kalsium dan magnesium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tulang.

5. Membantu Pembentukan Enzim Dalam Tubuh
 Zat besi merupakan salah satu komponen yang berperan dalam pembentukan enzim dalam tubuh berbagai reaksi kimia. Dengan mengonsumsi kacang panjang secara teratur akan membantu pemebentukan enzim aneka macam reaksi kimia dalam badan.

6. Menyehatkan Sendi
 Jika sendi kita kurang asupan mangan yang cukup bukan mustahil akan mengalami kasus. Kacang panjang mengandung mangan yang baik sehingga untuk menjaga sendi kita dari berbagai penyakit sendi konsumsilah kacang panjang secara teratur.

7. Sebagai Antibodi
 Kacang panjang juga mamu menjadi antibodi yang baik. Kandungan tembaga dalam kacang panjang bisa menjadi antibodi yang baik bagi tubuh.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
 Sel darah merah dalam proses pembentukannya memerlukan zinc yang cukup. Kacang panjang mampu menjadi penyuplai zinc yang baik.

 Selain Manfaat Diatas, kacang Panjang Juga Bermanfaat Untuk

1. Mencegah stroke
2. Meningkatkan fungsi organ pencernaaan
3. Mengurangi resiko kanker
4. Obat sambelit
5. Mengobati reumatik
6. Mengurangi gatal gatal
7. Menyehatkan kulit
8. Menghilangkan bengkak
9. Obat luka bakar
10. Meningkatkan nafsu makan

 Cara Untuk memanfaatkan Kacang Panjang Sebagai Obat Tradisional Alami

 Cara pengolahan kacang panjang sebagai obat tradisional alami cukup mudah lantaran sering dilakukan jikalau kita mengonsumsi kacang panjang. Untuk pemanfaatannya bisa dioseng oseng, disayur, dicampurkan sebagai pelengkap pecel atau sejenisnya ataupun direbus sebagai lalapan. Namun yang palin baik sebagai obat yaitu dengan cara direbus karena kandungan yang terdapat pada kacang panjang tetap tinggi.

 Kacang Panjang ternyata mampu menjadi obat tradisional alami yang mujarab. Salam sehat dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar