Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 29, 2018
 Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan, Sebagai Obat Ginjal, Obat Bengkak Mulut, Obat Bengkak Tenggorokan, Obat Stres.

Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan
Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan
 Setiap orang mempunyai hobi serta impian berbeda-beda. Ada yang hobi sepak bola, main game, traveling atau lainnya. Ada juga yang hobi dengan merawat tumbuhan hias. Tanaman hias merupakan salah satu tanaman yang mempunya daya tarik tersendiri karena bentuk dan warnanya yang sangat indah. Banyak orang yang hobi dengan tumbuhan hias sehinnga mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menerima tanaman hias yang diinginkan. Salah satu tumbuhan hias yang mempunyai harga tinggi ialah Anthurium. Namun yang akan dibahas pada artikel kali ini mengenai manfaat tanaman Anthurium bagi kesehatan tubuh.

 Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat tanaman Anthurium bagi kesehatan, tidak ada salahnya sedikit membahas wacana tumbuhan Anthurium itu sendiri. Menurut dongeng tanaman Anthurium merupakan salah satu tanaman hias yang ada didalam kerajaan di Pulau Jawa. Raja raja di pulau jawa sangat menyukai tanaman Anthurium tersebut lantaran keindahannya. Tanaman Anthurium. Tanaman anthurium merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga Araceae serta ordo alismatales. Tanaman ini diperkirakan memiliki spesies lebih dari 1000 spesies. Dari setiap spesies memiliki ciri masing-masing yang berbeda beda. Namun meskipun demikian, ada ciri umum yang bisa dikenali dari tumbuhan Anthurium tersebut. 

 Ciri umum tanaman Anthurium antara lain :
  1. Daun lebar
  2. Daun berwarna hijau tua
  3. Tulang daun besar serta daunnya berurat

 Di indonesia sendiri dari sekian banyak spesies tumbuhan Anthurium yang ada, hanya 7 spesies saja yang dikenal serta banyak ditanam serta dibudidayakan. Ke 7 spesies tersebut yaitu :
  1. Anthurium Hibridum
  2. Antrhurium Scherzerianum
  3. Anthurium makrolobum
  4. Anthurium Pedatoradiatum (wali songo)
  5. Anthurium Rafidooa
  6. Anthurium Crystalinum (kuping gajah)
  7. Anthurium Andreanum

 Berikut manfaat tanaman Anthurium bagi kesehatan tubuh

1. Sebagai obat bengkak pada tenggorokan
 Bengkak pada tenggorokan merupakan suatu keadaan dimana tenggorokan mengalami peradangan yang biasanya diakibatkan oleh kuman atau bakteri. Bengkak pada tenggorokan ini sangat mengganggu sekali apalagi dikala menelan. Bengkak pada tenggorokan juga mampu menimbulkan badan mengalami meriang. Bengkak pada tenggorokan ternyata mampu diobatai memakai ramuan dari tanaman Anthurium jenis Andreanum. Anthurium jenis ini memiliki kandungan yang akan mengatasi kuman atau basil penyebab benjol pada tenggorokan. Cukup dengan merebus daun Anthurium Andreanum hingga benar benar mendidih lalu air rebusan tersebut diminum. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

2. Mengobati benjol pada ekspresi
 Selain untuk mengatasi bengkak pada tenggorokan, tumbuhan Anthurium jenis andreanum ini juga mampu menjadi obat untuk mengatasi pembengkakan pada lisan. Ramuan ini akan mengatasi pembengkakan yang terjadi secara maksimal. Ambilah daun Athurium andreanum secukupnya kemudian rebus dengan air sampai benar-benar mendidih. Angkat saring dan biarkan cuek. Berkumurlah dengan air tersebut kemudian diminum. Lakukan secara rutin dan teratur.

3. Obat diabetes
 Selain bagian daunnya, serpihan akar dari tanaman Anthurium juga memiliki manfaat yang baik dalam kesehatan salah satunya yaitu sebagai obat diabetes atau penurun kadar gula dalam darah. Akar Anturium ini mempunyai senyawa yang akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga sangat baik untuk penderita penyakit diabetes. Penyakit diabetes terjadi lantaran tinnginya kadar gula dalam darah. Cara pemanfaatanya cukup dengan minum air rebusan akar Anthurium secara rutin dan teratur. Dengan minum air rebusan akar Anthurium secara teratur maka akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Mengobati gangguan ginjal
 Tanaman Anthurium memang sangat mahal harganya namun mempunyai manfaat yang baik juga bagi kesehatan. Jika mengalami gangguan pada ginjal cobalah obati dengan ramuan dari akar tanaman Anthurium. Akar Anthurium ini selain membantu menurunkan kadar gula dalam darah, juga bisa menjadi obat gangguan ginjal. Cara penggunaannya sama seakan-akan cara mengobati penyakit diabetes. Gangguan ginjal haruslah segera diobati karena kalau dibiarkan bisa berakibat jelek bagi kesehatan. Ginjal merupakan organ penting dalam sistem pencernaan sehingga harus tetap terjaga kesehatannya.

5. Penghilang stres
 Anthurium yaitu salah satu tanaman hias yang banyak digemari meskipun harganya mahal. Bentuk serta warnanya memberikan kepuasan tersendiri serta membuat damai dan relaks. Untuk itu tumbuhan Anthurium ini mampu menjadi penghilang stres serta membuat hening.

 Nah itulah artikel mengenai Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan. Jika anda yaitu penggemar tanaman tersebut selain dijadikan sebagai tanaman hias juga mampu dijadikan sebagai tumbuhan obat alami bagi kesehatan.

 Semoga artikel yang disampaikan memberikan manfaat dan tidak ada salahnya kalau mencoba salah satu cara diatas untuk mengatsi kasus kesehatan. Kunjungi juga artikel mengenai Cara Jitu Mengatasi Bau Kaki.

Tampilkan Komentar