Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 23, 2018
 Anda niscaya tahu yang namanya serai bukan?. Ya benar sekali, serai sering digunakan dalam bumbu kuliner atau sebagai pewangi aroma makanan. Jikaanda membuat bubur, sayur ayam, atau kuliner lainnya tentunya menggunakan serai sebagai aksesori kuliner tersebut. Namun pada artikel kali ini tidak akan membahas ihwal serai untuk bumbu masakan melainkan manfaat serai bagi kesehatan. Penasaran? Mari kita simak bersama sama artikel di bawah ini.

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan
gambar serai (sumber : google.com)

 Serai (Cymbopogon citratus) mempunyai nama yang berbeda disetiap tempat. Di Jawa (sereh, sere), Sunda (sereh), Sumatera (sarai, sorai, sange-sange), Kalimantan (belangkak, senggalau, salai), Maluku (hisa, isa), Sulawesi (tonti, sare), Nusa Tenggara (see, nau sina, bu muke). Serai sendiri merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga Poaceae serta berasal dari India Selatan dan Sri Lanka. Di beberapa negara serai sudah menjadi salah satu tumbuhan yang dibentuk makanan obat yang banyak disukai. Dalam serai terkandung zat anti kuman dan anti mikroba yang baik untuk akses kantung kemih, ginjal. Serai mempunyai sifat diuretik yang baik bagi kesehatan. Kandungan zat yang ada dalam daun serai minyak atsiri, vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, magnesium , tembaga, potasium , besi, kalsium, , fosfor, seng dan mangan. Zat yang terdapat dalam serai tersebut mampu dijadikan obat tradisional alami yang mujarab bagi kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan dari serai yaitu daunnya.

 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

1. Mengobati Jerawat
 Serai mampu dijadikan obat tradisional mengobati perkara jerawat. Siapkan beberapa daun serai segar kemudian cuci higienis. Rebus daun serai tersebut hingga mendidih kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat dan ulangi beberapa kali.

2. Mengatasi Reumatik
 Siapkan beberapa daun serai kemudian tumbuk halus. Kemudian tempelkan serai yang sudah dihaluskan tersebur pada belahan yang terasa sakit. Ramuan tersebut akan mengurangi rasa nyeri balasan reumatik.

3. Menurunkan Demam
 Serai mempunyai imbas anti piretik yaitu dampak untuk mengeluarkan keringat. Jadi kalau kita demam serai sanggup merangsang keluar keringat.

4. Mengatasi Masalah Bau Badan
 Daun serai sanggup menghilangkan bau badan tubuh. Hal itu dikarenakan daun serai mempunyai sifat anti kuman yang tinggi. Sehingga daun serai mampu mengatasi masalah basi badan.

5. Mengatasi Gangguan Pernafasan
 Serai juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu mengatasi perkara gangguan pernafasan. Karena vitamin C dipercaya mampu mengobati perkara pernafasan seakan-akan batuk, flu atau asma.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh
 Kekebalan tubuh bisa menurun kapan saja dan penurunan tersebut bisa berakibat tubuh menjadi kurang fit dan kurang stamina. Serai mampu memperkuat mekanisme sistem kekebalan tubuh sehingga kondisi tubuh tidak akan mengalami penurunan yang drastis.

7. Baik Untuk Menurunkan Berat Badan
 Citral yang terkandung dalam serai diyakini mampu menurunkan perkara berat tubuh. Selain itu serai sanggup meningkatkan oksidasi lemak dan membantu metabolisme tubuh sehingga mampu mengatasi masalah berat badan.

8. Mengobati Infeksi
 Serai mempunyai fungsi sebagai antiseptik dan juga sebagai antimikroba. Dengan fungsi tersebut maka jerawat yang menyerang tubuh kita bisa diobati mengunakan serai.

 Perlu diketahui serai juga mempunyai dampak samping yang harus diperhatikan

- Penggunaan herbal dari daun serai mampu mengakibatkan alergi pada kulit tertentu
- Minyak serai jangan langsung dipakai pada tubuh karena berbahaya
- Harus dibawah pengawasan mahir jika pemakaian pada ibu hamil, menyusui dan dalam  
 pengobatan  lantaran  berbahaya.

 Serai yang kita ketahui hanya sebagai bumbu masakan ternyata mempunyai manfaat yang melimpah bagi kesehatan. Namun demikian serai juga mempunyai imbas samping yang berbahaya, sehingga kalau mau melaksanakan pengobatan memakai serai harus di bawah pengawasan mahir atau dokter. Semoga artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Serai Bagi Kesehatan bermanfaat serta menambah ilmu kita wacana obat tradisional alami.

Tampilkan Komentar