Manfaat Daun Pegagan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 11, 2018
 Daun Pegagan atau Centella asiatica (Linn) termasuk kedalam spesies dari Umbelliferae. Tanaman ini berasal dari Asia Tropik dan banyak tersebar di Negara Indonesia, Australia, Cina, Jepang dan India. Tanaman Pegagan banyak tumbuh di alam bebas dengan ciri daunnya seperti telapak kaki kuda, rasanya bagus serta bersifat acuh taacuh. Daun Pegagan mempunyai efek antibiotik, antidiuretik, keratolitik serta antiinflamasi.

Daun Pegagan

Kandungan senyawa kimia dalam Daun Pegagan

Brahmic acid
Carotenoids
Asiaticoside
Isothankuniside
Madasiatic acid
Madecassoside
Meso-inositol
Centellose
Brahminoside
Brahmoside
Thankuniside
Garam mineral

 Berikut manfaat Daun Pegagan antara lain :

1. Mengobati Demam
 Ambilah segenggam Daun Pegagan lalu basuh higienis. Haluskan Daun Pegagan tersebut serta tambahkan garam dan air secukupnya. Saring dan minumlah ramuan tersebut setiap pagi sebelum makan secara teratur.

2. Sebagai Obat Wasir
 Cuci higienis beberapa buah tumbuhan Pegagan beserta akar-akarnya. Rebuslah dengan 3 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Minumlah ramuan tersebut setiap hari secara teratur.

3. Obat Batuk Kering
 Lumatkan Daun Pegagan secukupnya. Peras dan ambil airnya. Tambahkan gula watu dan air. Minumlah hingga habis ramuan tersebut dan lakukan beberapa kali hingga batuk keringnya sembuh.

4. Penambah Nafsu Makan
 Rebuslah Daun Pegagan dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tinggal separuhnya. Minumlah 1 gelas setiap hari ramuan tersebut.

5. Obat Darah tinggi
 Rebus segenggan Daun Pegagan dengan 3 gelas air dan biarkan beberapa menit. Angkat dan acuh taacuhkan. Minumlah ramuan tersebut 1/2 gelas 3 kali sehari.

 Demikian Manfaat Daun Pegagan. Selamat mencoba serta lakukan pemanfaatnya secara teratur sehingga menerima hasil yang memuaskan. Baca juga artikel tentang Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan dan Manfaat Buah Pala Bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar