Manfaat Daun Angsana Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 27, 2018
 Tumbuhan angsana merupakan tanaman yang akan kita bahas dalam artikelkali ini. Daun angsana dipilih lantaran mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan badan. Alasan lainnya yaitu daun angsana banyakdicari dalam obat tradisional alami. Ingin lebih jelas perihal manfaat daun angsana bagi kesehatan?. Mari kita simak artikel di bawah ini.

Manfaat Daun Angsana Bagi Kesehatan
Gambar daun angsana (sumber : google.com)

 Angsana merupakan salah satu tanaman yang berpohon dengan kualitas baik dan banyak dimanfaatkan untuk keperluan kerajinan kayu atau materi bangunan dengan kualitas tinggi. Pada artikel kali ini yang akan dibahas yaitu manfaat daun angsana bagi kesehatan. Angsana atau nama ilmiahnya Pterocarpus indicus atau disebut pula dengan nama Sonokembang memiliki kandungan zat kimia yang berguna bagi pengobatan badan. Kandungan yangada dalam angsana yaitu jlavonida, polivenol, minyak atsiri serta saponin. Dari kandungan tersebut angsana mampu dijadikan obat tradisional alami yang ampuh. Di negara kita tanaman ini tersebar di setiap kawasan dengan subur. Namun bila kita pergi ke tempat yang berbeda mungkin tidak akan mengetahui nama angsana alasannya yaitu disetiap daerah mempunyai nama tersendiri. Misalnya di Aceh (Asam, Athan), Sulawesi Utara (Aha, Naga, Aga, Naakir), Madura (Sana kembang), Bugis (Candana), Gorontalo (Tonala), Buru (Lana). Angsana sendiri bersifat diuretik dan adstringen. Daun angsana sudah sejak lama dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh. Orang-orang sebelum kita sudah memanfaatkan daung angsana tersebut untuk obat tradisional namun tidak sama caranya dengan zaman sekarang. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat daun angsana bagi kesehatan badan, simaklah manfaat tanaman tersebut di bawah ini.

 Manfaat Daun Angsana Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Sariawan Mulut
 Siapkan kulit kayu angsana sebanyak 5 gram, daun sirih 5 helai dan 5 gram daun saga kemudian basuh bersih. Seduhlah semua materi tersebut dengan air panas sebanyak 120 ml lalu saring. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur setiap 3 jam sekali.

2. Obat Bisul
 Jika anda terkena penyakit infeksi, coba obati menggunakan obat tradisional daun ngsana. Ambil beberapa helai daun angsana lalu dilumatkan. Tempelkan daun angsana yang sudah dilumatkan tersebut pada belahan badan yang terdapat abses hingga merata. Sebelum diolesi daun angsana tersebut basuh terlebih dahulu nanah memakai alkohol.

3. Mengobati Batu Ginjal
 Batu ginjal merupakan salah satu penyakit seurius. Jika tidaksegera diobati, maka mampu berakibat fatal. Cobalah untuk mengobati penyakit batu ginjal tersebut menggunakan angsana. Caranya ambilah kulit angsana, daun kumis kucing dan daun keji kaca. Seduhlah semua materi tersebut dengan air panas secukupnya kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut sehari satu kali. Lakukan pengobatan tersebut hingga watu ginjalnya keluar. Jika sudah keluar kerikil ginjalnya pengobatan dilakukan dengan meminum teh dari daun kumis kucing.

 Selain Manfaat Daun Angsana di atas, daun angsana juga bermanfaat untuk mengobati :

Wasir
Penyakit lambung
ObatParu Paru
Baik Bagi Ibu Hamil
Menjaga Kesehatan Anak

 Jika kita tahu cara dan keuntungannya, maka daun angsana tersebut sangat baik bagi kesehatan. Pengobatan secara tradisional merupakan salah satu cara pengobatan yang terhindar dari materi bahan kimia yang berbahaya bagi badan. Sebab cara pemanfaatan dan pengolahannya pun tanpa menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan. Demikian artikel ihwal Manfaat Daun Angsana Bagi Kesehatan Tubuh. Selamat mencoba dan kalau ingin melaksanakan pengobatan menggunakan daun angsana alangkah baiknya jika di bawah pengawasan mahir atau proposal dokter.

Tampilkan Komentar