Manfaat Dan Khasiat Buah Lontar

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 17, 2018
Manfaat Dan Khasiat Buah Lontar Bagi Kesehatan, Sebagai Obat Liver, Obat Sakit Gigi, Menjaga Kesehatan Ginjal.

 
Anda mungkin sering menemukan penjual legen dari buah lontar. Legen buah lontar ini memang banyak sekali dijual dipinggir jalan dan banyak sekali penggemarnya. Rasanya yang khas serta menyegarkan yang menciptakan legen buah lontar banyak digemari apalagi kalau diminum cuek saat siang hari.

Buah lontar mempunyai bentuk bundar serta berukuran sebesar 2kepalan tangan atau sama seperti ukuran buah labu. Warna buah lontar kalau sudah bau tanah adalah agak kehitam hitaman. Buah lontar ini mempunyai daging berwarna putih seolah-olah daging buah kelapa namun lebih tebal. Tempurung buah lontar juga keras sama seperti tempurung buah kelapa. Pohon buah lontar bisa mencapai 30 meter dengan daun besar yang terkumpul pada ujung tajuk. Buah lontar ini banyak tumbuh di Asia Tengara serta Asia Selatan. Buah lontar ini sering juga disebut dengan buah siwalan.

Selain dibuat sebagai minuman segar, buah lontar juga banyak dimanfaatkan sebagai materi untuk membuat kue atau camilan lainnya. Banyak sekali yang menciptakan kreasai makanan dari buah lontar serta memiliki cita rasa yang khas.

Pada buah lontar terdapat aneka macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan badan. Sehingga buah lontar mampu menjadi obat aneka macam kasus kesehatan. Kandungan nutrisi dalam buah lontar ialah protein, gula, mineral, fosfor, besi, vitamin c, vitamin B1, kalsium, karbohidrat.

Berikut manfaat buah lontar bagi kesehatan badan : 

1. Obat kulit
 Buah lontar ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk mengobati perkara pada kulit. Buah lontar yang mampu menjadi obat kulit yaitu serpihan dari buah lontar yang sudah renta. Bagian lontar yang sudah tua mempunyai kandungan yang akan mengobati penyakit kulit dengan baik.

2. Obat liver
 Buah lontar juga bisa menjadi salah satu obat yang baik dalam mengatasi penyakit liver. Penyakit liver harus segera diobati karena jika dibiarkan mampu mengakibatkan imbas yang sangat buruk. Untuk itu cobalah atasi menggunakan ramuan dari buah lontar karena buah lontar mempunyai senyawa yang akan membantu menyembuhkan penyakit liver.

3. Sumber karbohidrat yang baik
 Karbohidrat sangat diperlukan oleh badan supaya stamina badan tetap terjaga dengan baik. Akan tetapi karbohidrat dalam badan mampu berkurang karena aktivitas yang berlebih. Selain itu kebanyakan dari kita saat beraktivitas kurang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat karena kegiatan yang sangat padat. Untuk itu cobalah minum air buah lontar. Air buah lontar ini memiliki zat berupa glukosa, air serta sukrosa yang bisa menjadi sumber karbohidrat yang cukup.

4. Baik untuk fungsi ginjal
 Untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, cukup dengan mengonsumsi legen dari buah lontar secara teratur. Legen dari buah lontar ini diyakini mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal dengan baik. Cara mendapatkan legen buah lontar cukup gampang karena banyak sekali penjual legen buah lontar di pinggir jalan.

5. Obat sakit gigi
 Manfaat lain dari buah lontar yaitu sebagai obat sakit gigi. Jika mengalami sakit gigi cobalah atasi dengan ramuan dari buah lontar. Ramuan dari buah lontar mampu mengatasi kasus sakit gigi secara dampaktif. Ramuan tersebut yaitu arang dari buah lontar.

6. Membersihkan lisan
 Mulut adalah salah satu bagian dari badan yang berpotensi banyak terdapat kuman dan kuman. Hal itu dikarenakan verbal merupakan alat untuk melumatkan kuliner. Makanan yang dikunyah dalam verbal tidak semuanya tertelan melainkan ada yang tersisa. Sisa sisa makanan tersebut bila tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Untuk itu bersihkan lisan secara teratur dengan cara menggosok gigi. Selain itu rebusan kulit batang buah lontar ditambah garam mampu menjadi alternatif untuk membersihkan verbal dari kuman.

Buah lontar selain menyegarkan bagi tubuh, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kaprikornus bila mengonsumsi buah lontar baik dagingnya maupun air buah lontar sangat baik untuk kesehatan badan. 

Itulah artikel yang mampu disampaikan mengenai Manfaat Buah Lontar bagi kesehatan tubuh. Baca juga artikel lainnya di blog manfaatdaunku.blogspot.com. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar