Manfaat Akar Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 21, 2018
 Pada artikel sebelumnya telah dibahas wacana manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat akar pepaya. Ternyata selain buah, akar dan biji pepaya, akar pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya perihal manfaat akar pepaya bagi kesehatan marilah kita simak bersama sama.

Manfaat akar pepaya
Gambar Akar Pepaya (Sumber : google.com)

 Tanaman pepaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mulai dari daun sampai akarnya. Pepaya sendiri di negara kita sudah menjadi sebuah peluang perjuangan yang menjanjikan salah satu yang sedang ramai ialah pepaya jenis calipornia. Pepaya sendiri memiliki nama yang berbeda beda disetiap tempat. Di Jawa (kates), Sunda (gedang), Sulawesi (kaplay, kaliki, unti jawa), Sumatera (peute,betik, ralempaya, punti kayu), Nusa Tenggara ( kalu jawa, padu). Pepaya, daun pepaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, bahkan akar pepaya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehtan tubuh.
Menurut para andal dalam akar pepaya terkandung zat-zat yang mampu dimanfaatkan bagi kesehatan. Zat yang ada dalam akar pepaya yaitu asam malat, kalsium maleat, glikosida sianogenetik, karpain, papain, kimopapain, fitokinase. Pada umumnya akar pepaya banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional penyakit ginjal. Namun ternyata, akar pepaya bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk obat penyakit ginjal saja akan tetapi mampu mengobati penyakit yang lainnya.

 Berikut Manfaat Akar Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Sakit Kandung Kemih
 Sakit kandung kemih mampu diobati memakai obat tradisional akar pepaya. Caranya akar pepaya yang sudah kering dipotong potong sebanyak 10 gram. Rebuslah akar pepaya tersebut dengan 100 ml air selama 20 menit dan masukan bawang putih yang sudah dipotong potong. Angkat, saring dan biarkan dingin. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

2. Obat Reumatik
 Bahan : Akar pepaya 30 gram
            Daun sambiloto 20 gram
            Daun sirih 30 gram
            Jeruk nipis 20 gram
           Daun ketepang cina 15 gram
           Cabe rawit 6 buah
 Caranya : Haluskan akar pepaya dan potong potong materi lainnya. Kemudian semua bahan tersebut direndam dengan alkohol 75% selama 1 minggu. Setelah direndam 1 ahad peras dan saring. Gunakan air perasannya sebagai obat urut pada kepingan yang sakit. Lakukan sehari 3 kali secara teratur.

3. Obat Penyakit Ginjal
 Penyakit ginjal yang termasuk kedalam penyakit seurius bisa diobati dengan obat tradisioanl alami akar pepaya. Sebab dalam akar pepaya terkandung zat yang bisa dimanfaatkan untuk penyakit ginjal. Caranya cukup simpel ambil akar pepaya kering secukupnya lalu higieniskan serta potong potong menjadi beberapa potong. Setelah dipotong potong akar pepaya tersebut direbus dengan 1 liter air hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Saring dan masbodohkan serta tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut secara teratur.

4. Mencegah Terkena Resiko Radang Ginjal

 Cegahlah sejak dini semoga terhindar dari radang ginjal menggunakan obat tradisional akar pepaya. Menurut para jago, akar pepaya sanggup mencegah radang ginjal. Siapkan akar pepaya sebanyak 20 gram, kumis kucing 10 gram, 20 gram akar alang-alang dan basuh bersih. Rebuslah semua materi tersebut kedalam 700 ml air hingga air rebusannya tinggal setengahnya. Saring hambarkan serta tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

5. Mengobati Cacingan
 Bahan : Akar pepaya 15 gram
              Bawang putih ½ gram
 Caranya : Cuci bersih semua materi dan potong menjadi beberapa belahan. Rebuslah semua materi tersebut selama 15 menit dengan 100 cc air. Setelah disaring dan acuh taacuh minumlah ramuan tersebut sampai habis.

6. Minuman Penyegar
 Akar pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman penyegar badan. Jika kita habis beraktivitas atau melakukan sesuatu yang menguras tenaga tentunya tubuh akan mengalami kecapean atau lelah. Cobalah ramuan dari akar pepaya sebagai obat untuk menyegarkan kembali badan kita menjadi fit. Caranya higieniskan 2 potong akar pepaya dan 1 lembar daun pepaya lalu dihaluskan. Setelah benar-benar halus, kedua materi tersebut direbus dengan 1 liter air hingga benar benar mendidih. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Jangan lupa supaya lebih segar bisa dicampurkan madu atau jahe.

 Semoga apa yang telah kami sampaikan wacana Manfaat Akar Pepaya bagi Kesehatan bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan ingat “Kesehatan sangat mahal jadi ingat sehat sebelum sakit”.

Tampilkan Komentar