Apa Manfaat Daun Dadap Bagi Kesehatan?

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 28, 2018
 Pada demam isu kemarau daun dadap suka berguguran yang bertujuan untuk bertahan hidup pada demam isu kemarau. Pohonya berduri tempel serta tajam dengan bentuk daun ibarat belah ketupat. Tinggi pohon daun dadap mampu mencapai 25 meter bangkit tegak serta beranting memanjang dan ujungnya tumpul. Bunganya terletak pada ujung ranting atau pada daun muda berwarna merah.

Daun Dadap
Gambar daun dadap (sumber : google.com)

 Dadap merupakan keluarga Papillionaceae (Leguminosae) dan mempunyai nama ilmiah Erythirna variegata L. Var..Orientalis(L.) Merr. Dadap sendiri merupakan tumbuhan orisinil Afrika, Asia dan Australia yang tumbuh subur di hutan atau di pinggir sungai serta daerah yang lembab dan setengah kering. Sifat dari tanaman ini sendiri yaitu bersifat pahit, mendinginkan serta membersihkan darah. Tumbuhan ini juga memiliki manfaat yaitu sebagai antipiretik, antelmintik, insektisida serta ekspektoran.

 Di Negara kita dadap mempunyai nama yang berbeda sesuai daerah masing masing seolah-olah :
Sunda (Dadap blendung)
Jawa (Dadap ayam, Dadap laut)
Ternate (Galala kokotu)
Madura (Theutheuk)
Tidore (Lola kohori)

 Sejak zaman dahulu tanaman ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kesehatan. Pemanfaatan yang sering dilakukan yaitu sebagai obat tradisional penurun panas badan yang caranya dengan mengompreskan daun dadap. Namun selain sebagai obat penurun panas, daun dadap juga sanggup dijadikan obat tradisional alami berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan dalam daun dadap terkandung aneka macam zat yang berguna bagi pengobatan. Menurut penelitian dalam daun dadap terkandung zat yang terdiri dari alkaloid, eritramina, hipaforina, eritrina, erisovina, eritradina, resin serta minyak lemak. Pada umumnya pecahan yang digunakan untuk pengobatan ialah daun, biji, akar, kulitnya.
Daun (demam, batuk, disentri, susah tidur, melancarkan ASI, obat kulit, obat haid, radang)
Kulit Kayu (demam, asma, patah tulang dan sakit pada hati)


 Berikut Manfaat Daun Dadap Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Demam
 Siapkan daun dadap secukuonya kemudian dipipiskan sampai halus. Setelah benar benarhalus gunakan daun dadap tersebut dengan cara mengkompreskan pada kening atau dibalurkan ke seluruh badan. Selain cara tersebut mengobati demam mampu juga diobati memakai kulit dari pohon dadap sendiri. Siapkan kulit dadap lalu diremas remas. Setelah itu campurkan pulosari serta adas secukupnya lalu diseduh menggunakan air panas. Saring serta minumlah ramuan tersebut selagi hangat sehari 2 kali.

2. Melancarkan ASI
 Ambil beberapa helai daun dadap muda kemudian basuh higienis. Kemudian daun dadap tersebut diremas remas hingga halus dan diseduh menggunakan air panas. Saring dan biarkan hangat. Minumlah ramuan tersebut dengan aturan minum sehari 1 kali. Cara lainnya yaitu gunakan daun dadap yangmasih muda sebagai sayuran dan makan secara teratur.

3. Menyembuhkan Bengkak
 Daun dadap juga mampu dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati bengkak. Caranya lumayan gampang yaitu tumbuk halus beberapa helai daun dadap. Setelah itu tempelkan daun dadap yang sudah dihaluskan tersebut pada kepingan tubuhyangbengkak kemudian dibalut. Lakukan cara tersebut secara teratur hingga benjolnya sembuh.

4. Obat Reumatik
 Reumatik memang suatu penyakit yang sangat menggangu. Jika kita terjangkit kasus reumatik aktifitaspun akan terganggu. Cobalah obati memakai daun dadap karena daun dadap diyakini sanggup meringankan masalah reumatik. Caranya ambil daun dadap lalu panaskan diatas api sampai layu. Setelah itu tempelkan daun dadap tersebur tepat pada serpihan yang terasa sakit. Pengobatan ini mampu meringankan reumatik.

5. Obat Sakit Kepala
 Remaslah daun daadap sampai halus. Lalu tempelkan pada dahi. Lakukan cara tersebut beberapa kali.

6. Mencegah Keguguran
 Jika anda mempunyai isrtri sering mengalami keguguran cobalah ramuan dari daun dadap. Ramuan ini diyakini sanggup mencegah terjadinya keguguran. Daun dadap yang telah ditumbuk halus ditempelkan pada cuilan perut. Lakukan pengobatan tersebut sehari 3 kali secara teratur.

7. Mengobati Insomnia
 Daun dadap juga mampu dimanfaatkan untuk mengobati kasus insomnia. Caranya yaitu daun dadap tersebut dibuat sebagai sayur.

8. Melancarkan Haid
 Caranya sama dengan no. 8 yaitu dibuat sebagai sayuran.

9. Obat Nifas
 Ibu yang melahirkan rentan terhadap nifas. Untuk mencegahnya obati memakai daun dadap. Caranya remas remas daun dadap sampai halus. Kemudian ditempelkan pada penggalan perut dan balut dengan memakai gurita.

10. Obat Sakit Perut
 Siapkan daun dadap dan daun sosor bebek secukuonya kemudian tumbuk hingga halus. Setelah benar benar halus tambahkan air secukupnya. Balurkan ramuan tersebut pada serpihan perut dan sehabis 3 jam ganti yang baru.

11. Obat Disentri atau Cacingan
 Campurkan sari daun dadap dengan madu. Minumlah secara teratur. Sedangkan untuk mengobati disentri sari daun dadap dicampur dengan minyak jarak.

 Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka berdampak pula pada banyak sekali harga termasuk harga obat. Jadi untuk mengatasi hal tersebut cobalah beralih menggunakan obat tradisional alami. Selain nilai ekonomi murah juga dampak yang ditimbulkan hampir tidak ada. Kesehatan mahal harganya. Jagalah kesehatan kita sedini mungkin. Semoga artikel yang dimuat kali ini semakin memantapkan kita tentang obat tradisional alami. Artikel lain yang menarik salah satunya adalah tentang Manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan badan.

Tampilkan Komentar