9 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 31, 2018
 Banyak orang yang segan bahkan tidak sama sekali memakan kacang merah. Hal itu bukan tidak beralasan, mereka melakukan hal tersebut sebab takut dari efek yang ditimbulkan akibat mengonsumsi kacang merah ialah ketakukan terjadinya kegemukan serta kacang merah mengandung banyak gas. Namun hal itu bisa terjadi apabila memakan kacang merah dengan jumlah banyak dan tidak teratur. Padahal kacang merah mempunyai segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

9 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan
Gambar Kacang Merah ( Sumber : Google.com )

 Kacang merah merupakan salah satu jenis dari kacang polong dan merupakan famili dari kacang hijau, kacang tolo, kacang kedelai dan kacang uci. Disebut kacang merah sebab warnanya berwarna merah dan merupakan makanan nabati. Kacang merah sendiri sering dimanfaatkan untuk dibuat es kacang merah, dibikin kolak bahkan ada yang dibikin materi tahu. Di negara kita kacang merah banyak ditanam sebab daerahnya sangat cocok untuk ditanamai kacang merah. Selain dimanfaatkan sebagai kuliner, kacang merah sendiri bisa dimanfaatkan untuk kesehatan lantaran mengandung aneka macam zat yang baik bagi kesehatan. Kandungan zat dalam kacang merah ialah vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, magnesium, kalsium, karbohidrat, protein, asam lemak omega3, serat, vitamin E, mangan, besi, thiamin, asam amino.

 Manfaat kacang merah bagi kesehatan sangat banyak mulai dari mampu mengurangi penyakit diabetes sampai menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh lantaran itu kacang merah sudah mulai dimanfaatkan oleh para andal dalam bidang kesehatan. Nah, kita juga bisa memanfaatkan kacang merah dengan cara tradisional.

 Berikut Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol
 Kolesterol yang tinggi ternyata mampudiobati memakai kacang merah. Kandungan karbohidratdan serat yang tinggi dalam kacang merah merupakan zat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kaprikornus jika kita mengonsumsi kacang merah secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara baik.

2. Sumber Energi
 Zat besi merupakan sumber zat utama dalam peningkatan metabolisme serta energi dalam tubuh. Oleh alasannya adalah itu kacang merah mampu menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Kandungan zat besi dalam kacang merah sangat tinggi sehinggga sanggup dijadikan sebagai sumber energi.

3. Sumber Vitamin
 Vitamin B dalam kacang merah sangatlah tinggi sehingga kacang merah sanggup menjadi sumber vitamin B. Vitamin B tersebut diperlukan oleh tubuh yaitu untuk memelihara sel sel otak dan juga menjaga biar tidak terkena penyakit seolah-olah Alzheimer pada masa renta.

4. Mengontrol Berat Badan Tubuh
 Jika kita mengonsumsi kacang merah akhirnya akan terasa cepat kenyang. Hal itu disebabkan kacang merah mengandung kalori yang rendah. Sehingga dengan mengonsumsi kacangmerah dapat mengontrol berat tubuh tubuh.

5. Baik Bagi Otak
 Vitamin K sangat baik bagi otak serta sistem saraf kita. Vitamin K tersebut banyak diproduksi oleh kacang merah sehingga kalau kita mengonsumsi kacang merah dengan teratur akan bermanfaat terhadap otak serta sistem saraf.

6. Melancarkan Buang Air besar
 Kacang merah juga mampu melancarkan buang air besar. Hal itu dikarenakan dalam kacang merah terdapat kandungan serat yang tinggi. Maka kalau kita mengonsumsi kacang merah dengan takaran yang tidak berlebihan akan membantu dalam melancarkan buang air besar. Serat sendiri merupakan suatu zat yang dapat membantu dalam proses pencucian kanal pencernaan.

7. Baik Bagi Jantung
 Kacang merah diyakini juga mampu menyehatkan jantung. Hal itu dikarenakan dalam kacang merah terdapat kandungan zat yang dapat menyehatkan jantung. Konsumsilah kacang merah tersebut dengan tidak berlebihan alasannya kalau berlebihan memungkinkan berdampak sebaliknya.

8. Menjaga Kadar Gula Darah
 Serat dalam kacang merah juga dapat membantu dalam meyetabilkan kadar gula dalam darah. Serat kacang merah menurunkan metabolisme kandungan karbohidrat.

9. Sebagai Kardiovaskular
 Serat dan magnesium dalam kacang merah sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terkena penyakit darah tinggi, stroke, serangan jantung. Dengan mengonsumsi kacang merah akan sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi dengan teratur dan juga dalam dosis yang masuk akal.

 Jika kita mengonsumsi kacang merah dengan tidak berlebihan akan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Namun sebaliknya kalau kita mengonsumsi kacang merahtersebut dengan berlebihan bukan mustahil akan mengakibatkan aneka macam penyakit. Bukan hanya kacang merah saja, segalasesuatu jikalau berlebihan bukan manfaat yangdidapat namun malah sebaliknya. Semoga artikel ihwal Manfaat Kacang Merah bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar