Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 27, 2018
 Tubuh yang sehat merupakan suatu keadaan yang diharapkan semua orang karena tidak ada satu pun yang mau sakit. Tubuh yang sehat tidak terlepas dari terjaganya daya tahan badan karena sistem daya tahan tubuh merupakan suatu pertahanan tubuh dalam menangkal aneka macam serangan terhadap badan oleh virus maupun kuman. Daya tahan tubuh menjadi pertahanan yang paling utama untuk menjaga tubuh sehingga perlu tetap dijaga.

tips menjaga daya tahan tubuh

 Dalam kenyataannya sistem daya tahan tubuh tidak selamanya terjaga dengan baik. Ada kalanya sistem daya tahan badan tidak sanggup untuk menjadi pertahanan tubuh terhadap serangan virus dan basil sehingga kuman dan virus akan masuk kedalam badan dan menimbulkan berbagai penyakit. Untuk menjaga biar sistem daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan berbagai tips sehingga sistem daya tahan tubuh tidak mengalami penurunan yang akan merugikan kesehatan badan.

 Untuk menjaga daya tahan badan banyak sekali tips-tips yang mampu dilakukan. Tips-tips tersebut secara umum berkaitan erat dengan kebiasaan sehari-hari mulai darai kuliner, istirahat, olahraga, asupan nutrisi dan lainnya. Berikut beberapa tips ampuh untuk menjaga daya tahan badan :

1. Olahraga

 Tips yang pertama untuk menjaga biar tubuh tetap sehat adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Olahraga ini sangat baik sekali menjaga daya tahan tubuh karena dengan berolahraga maka badan menjadi sehat dan aneka macam penyakit bisa terhindar. Diusahakan berolahraga secara teratur minimal 30 menit.

2. Mengontrol Pola Makan Serta Makanannya

 Asupan makanan serta pola makan juga menghipnotis terhadap daya tahan badan. Makanan yang kita makan setiap harinya harus sanggup untuk memenuhi kebutuhan badan baik itu nutrisi, mineral dan zat-zat lainnya yang diperlukan oleh badan. Selain itu pola makan juga haruslah teratur karena jika acuan makan tidak teratur bukannya badan menjadi sehat malah akan sebaliknya. Pola makan yang sehat adalah sehari 3 kali yaitu sarapan pagi, makan siang serta makan malam. Untuk makan malam jangan makan paada tengah malam atau akan tidur.

3. Istirahat Yang Cukup

 Tips lainnya dalam menjaga kesehatan badan ialah dengan cukup istirahat. Istirahat sangat penting dalam menjaga kesehatan badan karena dalam sehari semalam tubuh perlu istirahat. Istirahat yang sehat yaitu 8 jam sehari. Dengan istirahat yang cukup maka badan akan tetap fit serta terhindar dari aneka macam penyakit.

4. Hindari Minuman Beralkohol Serta Merokok

 Bukan diam-diam lagi kalau alkohol serta rokok merupakan sesuatu yang membuat tubuh menjadi tidak sehat. Jika sering minum minuman beralkohol serta merokok banyak sekali penyakit mampu muncul. Bahkan dalam bungkus rokok sudah terperinci akan ancaman yang diakibatkan oleh rokok tersebut. Makara, agar tubuh tetap sehat hindarilah minum minuman beralkohol serta merokok.

5. Hindari Stres

 Selalu berfikir kasatmata atau menghindari stress juga bisa menjadi tips baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena tak merupakan syaraf yang vital dalam badan sehingga bila mengalami stress atau berfikir negative mampu mempengaruhi terhadap otak. Jika otak sudah mengalami gangguan bukan mustahil akan muncul aneka macam penyakit yang membahayakan badan seakan-akan, hipertensi, jantung atau stroke. Untuk itu usahakan selalu berfikir faktual sehingga terhindar dari stress.

6. Cukup Asupan Serat dan Vitamin D

 Kedua zat ini merupakan asupan yang baik dalam menjaga daya tahan badan. Serat merupakan salah satu zat yang akan menjadi benteng dalam menangkal serangan baakteri dalam tubuh. Sementara vitamin D memiliki kiprah penting dalam menstimulus sel daya tahan tubuh untuk menangkal basil dan virus yang akan menyerang badan. Maka dari itu untuk menjaga daya tahan tubuh cukupilah asupan serat dan vitamin D setiap harinya.

 Tips-tips diatas ialah sebagaian tips yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Dengan terjaganya daya tahan badan, maka tubuh mampu terhindar dari berbagai serangan virus dan bakteri yang bisa membuat badan mengalami berbagai kasus. Selain tips diatas teraturlah berkonsultasi ke dokter sehingga tubuh mampu terkontrol dengan baik.

 Jika ada kekurangan dalam penjelasan mohon dimaafkan dan bila ingin menambahkan tips lainnya atau memberi kmentar wacana artikel ini silahkan pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba tips diatas.

Tampilkan Komentar