Tips Jitu Mengatasi Rambut Bercabang

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 28, 2018
 Pada dasarnya setiap orang mendambakan rambut yang sehat hitam berkilau. Hal tersebut dikarenakan rambut yaitu mahkota pada diri seseorang terutama wanita. Namun pada kenyataannya rambut yang dimiliki banyak sekali yang tidak sesuai dengan apa yang didambakan. Banyak sekali perkara yang membuat rambut tidak sehat salah satunya yaitu rambut bercabang.


 Rambut bercabang yaitu suatu kondisi dimana rambut membelah pada bagian ujungnya sehingga menciptakan rambut sulit untuk rapi serta menjadi lebih agresif. Rambut menjadi bercabang bukan terjadi begitu saja melainkan ada penyebabnya. Penyebab rambut bercabang tersebut banyak sekali antara lain kurangnya nutrisi, pewarnaan rambut, rebonding, pengeritingan rambut dan sebagainya. Semua hal tersebut akan menyebabkan rambut enjadi kering sehingga kelembaban rambut pun akan hilang dan timbulah cabang pada ujung rambut. Masalah rambut bercabang terjadi pada rambut yang panjang.

 Rambut bercabang membuat penderitanya menjadi sangat terganggu. Untuk itu mereka akan melaksanakan banyak sekali cara biar rambutnya kembali sehat. Cara yang dilakukan pun bermacam-macam mulai dari cara dengan biaya yang murah sampai dengan biaya yang mahal. Padahal cara mengatasi rambut bercabang dengan biaya yang mahal tidak bisa menjadi suatu kepastian akan akhirnya. Nah jika sudah melakukan berbagai cara dalam mengatasi rambut bercabang namun karenanya belum maksimal, cobalah cara mengatasi rambut bercabang yang akan dijelaskan pada artikel kali ini.

 Cara-cara mengatasi rambut bercabang :

1. Kurangi mencuci rambut memakai air hangat

 Mencuci rambut dengan air hangat ketika kepala pusing atau pagi hari dikala cuaca dingin memang sangat lezat rasanya. Namun bila hal itu sering dilakukan ternyata bisa membuat rambut menjadi bercabang. Penggunaan air hangat untuk mencuci rambut terlalu sering akan membuat hilangnya kelembaban rambut sehingga rambut menjadi kering dan bercabang. Untk itu jangan terlalu sering mencuci rambut dengan air hangat meskipun menciptakan kepala terasa enak.

2. Sesuaikan penggunaan sampoo

 Cara selanjutnya dalam mencegah atau mengatasi rambut bercabang yaitu dengan menyesuaikan penggunaan sampoo dengan jenis rambut dan kulit kepala. Jangan sembarangan memakai sampoo tanpa memperhatikan jenis kulit serta rambut. Karena penggunaan sampoo yang tidak sesuai mampu mengakibatkan rambut bercabang.

3. Perbanyak kuliner berprotein

 Mengonsumsi makanan berprotein juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi perkara rambut bercabang. Asupan protein yang cukup akan mengembalikan rambut bercabang menjadi sehat kembali. Hal itu dikarenakan protein yaitu salah satu nutrisi yang menjadi bahan dasar rambut yang dinamakan dengan keratin. Untuk itu cukupilah asupan protein supaya rambut bercabang bisa diatasi.

4. Perawatan teratur memakai conditioner

 Conditioner merupakan salah satu kepingan yang diperlukan dalam perwatan rambut alasannya yaitu dalam conditioner terkandung banyak sekali zat yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Penggunaan conditioner pada rambut yang bercabang mampu mengembalikan kelembaban rambut sehingga perkara rambut bercabang mampu teratasi. Untuk penggunaan conditioner pada rambut bercabang gunakanlah sehari 3 kali secara rutin sesudah memakai sampoo.

5. Penyisiran rambut yang baik

 Menyisir rambut ternyata besar lengan berkuasa juga terhadap kesehatan rambut. Jika menyisir rambut secara sembarangan mampu menciptakan rambut menjadi bercabang. Kenapa bisa? Menyisir rambut ternyata bukan hanya menciptakan rambut menjadi rapi saja, akan tetapi menyisir rambut juga membantu dalam penyebaran minyak alami dari rambut ke seluruh bagian rambut. Kaprikornus jikalau menyisir rambut sembarangan menciptakan penyebaran minyak rambut tidak merata dan akan berdampak kelembaban rambut akan berkurang pada ujung rambut. Untuk itu menyisir rambut harus baik jangan asal-asalan supaya kelembaban rambut mampu terjaga dengan baik.

6. Jauhi penggunaan pengering rambut (hairdryer)

 Hindari penggunaan hairdryer atau pemanas rambut lainnya karena akan membuat rambut menjadi kering hilang kelembabannya. Penggunaan hairdryer memang cukup membantu ketika terburu-buru ingin bepergian tapi rambut masih berair. Meskipun demikian penggunaan hairdryer memiliki dampak samping yang tidak baik. Biarkan rambut kering dengan sendirinya semoga kelembaban rambut tetap terjaga.

7. Potong rambut secara rutin

 Cara yang satu ini untuk sebagian orang kurang diminati apalagi yang ingin rambutnya panjang. Namun pemotongan rambut yang dilakukan secara rutin akan menyebabkan rambut terhindar dari masalah rambut bercabang. Pemotongan rambut secara rutin ini bertujuan untuk mencegah rambut bercabang yang memang terjadi pada ujung rambut. Dengan pemotongan secara rutin maka ujung rambut akan tetap sehat.

8. Hindari pewarnaan rambut

 Cara selanjutnya untuk mengatasi rambut bercabang adalah menghindari pewarnaan rambut. Pewarnaan pada rambut dilakukan untuk mempercantik penampilan. Pewarnaan rambut kadang dilakukan beberapa kali menyesuaikan trend. Padahal pewarnaan rambut tersebut tidak baik untuk kesehatan rambut salah satunya adalah rambut bercabang. Sehingga untuk mengatasi serta mencegah rambut bercabang usahakan tidak melakukan pewarnaan rambut.

 Hindarilah perkara rambut bercabang alasannya ialah mencerminkan rambut tidak sehat. Selain itu rambut bercabang juga menyampaikan kesan rambut menjadi kusam kering serta kuat terhadap penampilan. Untuk itu cobalah cara-cara diatas untuk perkara rambut bercabang.

 Demikian artikel yang bisa disampaikan wacana Cara Mengatasi Rambut Bercabang. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada kekurangan dalam artikel kali ini mohon dimaafkan serta mampu melengkapi pada kolom komentar yang telah disediakan.

Tampilkan Komentar