Penyakit Jantung Koroner

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 15, 2018
 Penyakit yang menyerang kita bermacam macam mulai dari yang ringan hingga yang berat bahkan bisa berakibat fatal. Penyakit tersebut biasanya ada penyebabnya baik dari pola hidup kita, lingkungan bahkan dari virus yang menular dari orang yang terkena penyakit. Semua penyakit biasanya mempunyai ciri ciri tersendiri, maka dari itu kita mampu mengidentifikasi penyakit tersebut dari ciri ciri yang di timbulkan. Pada artikel kali ini aku akan menjelaskan wacana salah satu penyakit yang dikategorikan berat yaitu penyakit jantung koroner. Mari kita simak bersama sama.

Jantung Koroner
Gambar Penyakit Jantung Koroner ( Sumber : Google.com )

 Jantung merupakan suatu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh. Jantung sendiri berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Di sekitar jantung terdapat arteri koroner. Arteri koroner berfungsi sebagai penyuplai makanan dari pembuluh darah yang berada di jantung ke sel-sel jantung. Pembuluh ini mempunyai peran yang sangat penting. Jika arteri koroner tersebut mengalami gangguan maka akan timbul yang namanya penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini akan menimbulkan serangan jantung kapan saja dan bisa berakibat fatal. Selain itu dada akan terasa nyeri saat kita beraktifitas lantaran kurangnya pasokan darah. Definisi tentang penyakit jantung koroner yaitu suatu keadaan dimana pembuluh arteri koroner mengalami penyumbatan atau penyempitan yang ditimbulkan lantaran adanya endapan lemak yang telah menumpuk di dinding-dinding arteri. Penyakit jantung koroner ini juga membuat daya pompa jantung lemah sehingga mengakibatkan darah tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh secara sempurna yang berakibat gagal gantung. Penyakit jantung koroner ini menyerang manusia berdasarkan usia, jenis kelamin, suku atau ras. Jika laki laki mengidap penyakit jantung koroner maka ciri yang ditimbulkan biasanya nyeri pada dada sedangkan pada perempuan akan menimbulkan cepat cape, lelah dan badan terasa lemah. Kemudian laki laki yang berusia diatas 40 tahun akan lebih gampang terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan wanita. Secara umum jikalau seseorang terkena penyakit jantung koroner bisa dilihat dari gejala tanda-tanda yang ditimbulkan. Namun ada juga kasus yang terjadi tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu.

 Gejala Penyakit Jantung Koroner

Mengalami sakit kepala berkepanjangan
Seluruh badan terasa terbakar
Bagian dada terasa ditekan dan sakit
Di sekitar leher dan tulang dada mengalami banyak sekali keluhan
Sulit bernafas
Cepat merasa lelah, cape dan letih
Merasa berat

 Penyakit jantung koroner ini merupakan salah satu yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung secara tiba datang. Penyakit jantung koroner ini terjadi lantaran beberapa faktor. Baik itu faktor dari acuan hidup kita atau pun dari penyakit lain.

 Menurut para ilmuan yang rentan beresiko terkena penyakit jantung koroner antara lain

Gen sebelumnya mempunyai riwayat penyakit jantung
Laki laki yang berusia 45 tahun ke atas
Wanita usia 55 tahun
Terkena penyakit diabetes
Orang orang yang merokok
Obesitas
Tekanan darah tinggi
Akibat stres
Pola hidup yang tidak teratur
Kurang berolahraga

 Beberapa cara mengobati jantung koroner

1. Melakukan Pembedahan Arteri Koroner
2. Obat obatan
3. Prosedur Kateter

 Karena penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, aku anjurkan sebelum terkena penyakit tersebut alangkah baiknya jikalau melaksanakan pencegahan semenjak dini. Karena pepatah mengatakan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

 Berikut beberapa pencegahan penyakit jantung koroner

Menurunkan berat badan
Olahraga teratur
Berhenti merokok
Mengurangi kuliner yang berlemak
Menurunkan tekanan darah
Menghindari stres
Melakukan teladan hidup sehat

 Itulah artikel yang mampu saya hinggakan tentang Jantung Koroner Dan Pencegahannya. Jagalah diri kita dari serangan jantung koroner, karena kalau sudah terkena penyakit jantung koroner kita sendiri yang akan merasakannya. Semoga apa yang aku sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Tampilkan Komentar