Manfaat Kulit Pisang Bagi Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 26, 2018
 Anda mungkin salah satu penggemar buah pisang. Memang buah pisang banyak digemari karena rasanya yang yummy dan manis. Ada banyak jenis pisang diantaranya pisang raja, pisang ambon, pisang kepok dan masih banyak lagi bahkan saya pun kurang hapal semua perihal nama nama buah pisang. Namun yang ingin aku tanyakan bukan perihal itu melainkan tentang kulit buah pisang. Tahukah anda bahwa kulit pisang memiliki manfaat bagi kita?. Kenapa aku bertanya seakan-akan itu?. Karena berdasarkan pengalaman saya pribadi bahwa kalo makan pisang otomatis kulitnya dibuang lantaran anggapan aku bahwa kulit pisang tidak ada keuntungannya. Jika anda sependapat dengan aku maka pendapat anda salah lantaran kulit pisang yang sering kita buang mempunyai manfaat bagi badan. Ingin tahu apa saja manfaat dari kulit buah pisang?. Mari kita simak bersama perihal klarifikasi manfaat kulit buah pisang berikut ini.

Kulit Pisang
Gambar kulit pisang (Sumber : google.com)

 Buah pisang merupakan salah satu buah primadona yang dikonsumsi oleh kita dan termasuk kedalam suku musaceae. Buah pisang yang sering dimanfaatkan hanya serpihan dagingnya saja sementara kulitnya dibuang begitu saja atau dipakai untuk pakan ternak atau ikan. Namun sehabis para ilmuan meneliti kulit pisang, ternyata kulit pisang bermanfaat bagi badan kita terutama perkara yang berkaitan dengan kulit. Dalam kulit buah pisang terkandung materi materi yang bermanfaat yaitu mineral, vitamin, serat, lemak, protein dan karbohidrat.Maka dari itu mampu disimpulkan bahwa kulit buah pisang mampu dimanfaatkan untuk kesehatan.

 Berikut Manfaat Kulit Buah Pisang bagi Kecantikan Dan Kesehatan

1. Mengangkat Sel Kulit Mati
 Sel sel kulit yang sudah mati akan berdampak pada kulit terlihat kotor dan berminyak. Jika dibiarkan begitu saja maka semakin usang sel kulit yang mati akan menumpuk. Untuk mengatasi hal tersebut coba dengan kulit buah pisang. Haluskan buah pisang beserta kulitnya sampai benar benar halus. Setelah halus ibarat jel oleskan secara merata pada permukaan kulit wajah. Biarkan hingga mengering. Setelah mengering bersihkan dengan air hingga benar benar bersih. Lakukan cara tersebut berulang ulang hingga sel kulit mati terangkat dari kulit wajah.

2. Mengahluskan Kulit wajah
 Haluskan buah pisang beserta kulitnya sampai halus kemudian tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan dan aduk hingga rata. Gunakanlah sebagai masker wajah.

3. Memperlambat Proses Keriput kulit
 Dalam kulit buah pisang terkandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk mengencegah proses keriput wajah semenjak dini. Ambil beberapa kulit buah pisang kemudian ambil penggalan putihnya saja dan tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan. Aduk kedua materi tersebut secara merata hingga tercampur. Setelah itu usapkan pada wajah secara merata sambil dipijat ringan. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan memakai handuk yang sudah dibasahi air hangat hingga bersih. Lakukan cara tersebut seminggu 3 kali secara teratur.

4. Mengencangkan Kulit
 Vitamin E yang ada dalam kulit buah pisang sangat tinggi dan vitamin E tersebut baik bagi kulit. Maka dari itu kulit buah pisang mampu dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit wajah. Siapkan Kulit buah pisang secukupnya dan ambil potongan putih dalamnya kemudian tambahkan madu secukupnya dan aduk rata. Gunakan materi tersebut sebagai masker wajah seperti kita menggunakan masker pada biasanya. Lakukan langkah tersebut seminggu 2 kali biar menerima manfaat yang kita inginkan.

5. Menghilangkan Kutil
 Kutil memang sangat menggangu walaupaun tidak berbahaya. Namun dengan keberadaanya maka kita jadi kurang percaya diri serta merasa terganggu. Cobalah obati menggunkan kulit buah pisang. Caranya cukup praktis hanya dengan menempelkan kulit buah pisang pada kutil selama 15 menit. Lakukan cara tersebut selama 1 ahad secara teratur.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

7. Menghilangkan Jerawat
 Ambil serpihan putih kulit buah pisang secukupnya. Kemudian oleskan pada belahan wajah yang berjerawat secara merata. Cara tersebut dilakukan dikala kita mau tidur dan biarkan sampai kita berdiri esok hari. Setelah itu bersihkan dengan air sampai bersih hangat atau memakai handuk.

8. Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk
 Jika nyamuk menggit akan ada bekasnya berupa titik berwarna merah pada kulit. Hilangkan bekas gigitan nyamuk tersebut menggunakan kulit buah pisang. Caranya Ambilah kulit buah pisang lalu potong kecil kecil. Tempelkan potongan kulit buah pisang tersebut pada kulit yang digigit nyamuk selama 20 menit.

9. Mencerahkan Kulit
 Nutrisi dalam kulit buah pisang juga mampu dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Karena dalam kulit buah pisang terkandung nutrisi yang mampu mencerahkan kulit.

10. Mengobati memar atau bengkak
 Siapkan kulit buah pisang dan tempelkan pada bagian badan yang memar atau benjol. Diamkan selama 20 menit kemudian angkat dan bersihkan kulit dengan air. Lakukan cara tersebut beberapa kali secara teratur.

11. Memutihkan Gigi
 Kulit buah pisang juga mampu dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup sederhana adalah tempelkan kulit buah pisang cuilan putihnya pada gigi. Biarkan beberapa menit. Langkah tersebut bila dilakukan secara teratur bisa membantu memutihkan gigi.

12. Mengobati sakit Kepala
 Tumbuk halus kulit buah pisang secukupnya. Setelah itu tempelkan pada dahi selama beberapa menit. Cara tersebut sanggup mengurangi sakit kepala.

 Setelah kita simak ihwal manfaat kulit buah pisang, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkannya. Selain ekonomis memanfaatkan kulit buah pisang juga sangat simpel. Demikian Manfaat Kulit Pisang Bagi Kecantikan Dan Kesehatan. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Selamat mencoba.

Tampilkan Komentar