Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 09, 2018
 Tumbuhan yang ada di kawasan kita sangat beragam dan tumbuh subur lantaran daerah kita termasuk kedalam kawasan yang mempunyai iklim serta kondisi alam yang baik. Tanaman tanaman tersebut mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Tergantung kita tahu cara serta manfaat dari tanaman tersebut. Seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu ihwal manfaat daun saga bagi kesehatan. Marilah kita bahas bersama sama wacana manfaat daun saga bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan Tubuh
Gambar Daun Saga ( Sumber : Google.com )

 Saga memiliki nama ilmiah Abrus Precatoris ialah tanaman yang awal mulanya berasal dari Asia Tenggara. Namun seiring perkembangan zaman tanaman ini kini telah tersebar ke negara lain termasuk negara Indonesia. Saga sendiri merupakan suku Leguminosae serta mempunyai ciri berbiji kecil dengan warna merah, berbatang pohon kecil dan merupakan tumbuhan perdu air. Kemudian ciri berikutnya yaitu buahnya yang hampir ibarat dengan petai tipe polong. Di Indonesia tanaman ini telah tersebar hampir disetiap daerah. Namun nama tanaman saga disetiap tempat mempunyai nama yang berbeda beda seprti : Jawa (saga telik / anggun), Sunda (saga areuy, saga leutik, saga rambat), Bali (piling piling), Aceh (thaga), Gayo (seugeu), Gorontalo (walipopo), Ambon (ailalu pacar), Minang (kabau saga ketek). Perbedaan nama disetiap daerah dikarenakan negara kita merupakan negara kepulauan dengan bahasa yang beragam.
 Tanaman ini bisa dijadikan obat tradisional banyak sekali penyakit. Pemanfaatan daun saga sudah dilakukan semenjak dahulu era oleh nenek moyang kita. Cara pemanfaatannya pun cukup gampang dan tentunya tidak memerlukan biaya yang mahal. Biasanya yang dimanfaatkan dari tanaman ini yaitu akar dan daun.

 Berikut Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan

1. Mengobati Amandel
 Amandel adalah penyakit yang biasanya terjadi pada tenggorokan. Efek yang ditimbulkan adalah rasa nyeri dikala menelan kuliner dan sering terjadi demam. Amandel bisa diobati memakai Daun saga. Caranya : Cuci higienis akar daun saga secukupnya, gula watu dan kayu elok. Rebuslah semuan materi tersebut menggunakan 6 gelas air serta biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Angkat, saring dan biarkan cuek. Minumlah ramuan tersebut dengan takaran ½ gelas sekali minum pagi dan sore hari.

2. Mengobati Sariawan
 Daun saga juga mampu dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Caranya cukup mudah yaitu ambil beberapa lembar daun saga kemudian dijemur sampai layu. Kunyahlah daun saga tersebut dan gunakan untuk berkumur.

3. Meredakan Panas Dalam
 Siapkan segenggam daun aku yang sudah dicuci higienis. Rebus daun saga tersebut dengan 4 gelas air dan biarkan sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Saring dan minum setelah dingin. Lakukan beberapa kali dengan hukum sehari sekali.

4. Mengobati Radang Mata
 Jika mata anda mengalami peradangan coba obati memakai daun saga. Daun saga sanggup mengobati peradangan mata, caranya siapkan segenggam daun saga lalu dilumatkan hingga halus. Jika daun saga tersebut sudah halus direbus dengan 3 gelas air. Pada dikala mendidih uap panas diambil. Gunakan uap tersebut sebagai obat tetes mata.

5. Mengobati Batuk Kering
 Siapkan daun saga, daun asam, kayu manis dan basuh sampai bersih. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tinggal ¾ gelas. Angkat, saring dan biarkan hingga acuh taacuh. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan hukum tiap minum ¾ gelas.

6. Meredakan Batuk dan Membuat Tidur Nyenyak Pada bayi
 Daun saga ternyata selain sanggup meredakan watuk, juga bisa membuat bayi tertidur nyenyak.

7. Obat Bronkitis
 Siapkan 20 lembar daun saga lalu basuh bersih. Setelah itu daun saga tersebut direbus memakai 3 gelas air. Biarkan air rebusannya hingga tinggal 1 gelas lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali secara teratur.

 Jika kita melihat dari Manfaat Daun Saga diatas, ternyata daun saga bermanfaat bagi kesehatan. Pengobatan secara alami tidak kalah bagusnya dengan pengobatan ke dokter. Bahkan jikalau pengobatan secara alami resiko dampak samping sangat sedikit bahkan tidak ada. Manfaatkanlah materi alami yang ada disekitar kita sebagai alternatif pengobatan. Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan menambah wawasan kita bahwa tanaman yang ada disekitar kita bermanfaat sebagai obat tradisional asal kita tahu manfaat dan cara penggunaannya.

Tampilkan Komentar