Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 08, 2018
 Siapa yang tahan ditengah hari yang panas disediakan es cincau. Pasti semua tidak akan menolaknya karena selain yummy juga menyegarkan. Es cincau ini banyak sekali ditemukan baik itu di tempat-tempat tertentu maupun dijalan. Hal itu bisa diartikan bahwa es cincau banyak sekali penggemarnya. Mengonsumsi cincau selain menyegarkan ternyata menyampaikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Ingin tahu lebih jauh perihal manfaat apa saja dari daun cincau bagi kesehatan?. Simaklah artikel di bawah ini.


Deskripsi tanaman cincau

 Tanaman cincau merupakan tanaman orisinil dari asia tenggara termasuk Indonesia. Tanaman cincau ini ialah keluarga dari manispermaceae serta bernama ilmiah cylea barbata. Tanaman cincau ialah tanaman merambat yang batangnya berbentuk bulat kecil serta berwarna hijau. Untuk daunnya sendiri berbentuk seakan-akan perisai dengan permukaan daun berbulu putih. Tumbuhan cincau cocok tumbuh di kawasan yang mempunyai ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut. Tanaman cincau ini sering disebut trewulu tarawulu atau camcuah jikalau di Sunda atau di Jawa. Selain tumbuh di tempat liar, tanaman cincau juga banyak ditanam di pagar rumah. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman cincau adalah belahan daunnya.

Kandungan dalam daun cincau

 Daun cincau mempunyai berbagai kandungan mineral, vitamin serta berbagai senyawa lainnya sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan tersebut antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, fosfor, karbohidrat, lemak, energy, protein, air, flavonoid, alkaloid, polifenol. Kandungan tersebut yang sanggup menjadi obat berbagai penyakit yang berkaitan dengan kesehatan.

Manfaat daun cincau bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

Obat radang lambung

 Lambung adalah salah satu organ badan yang memproduksi asam lambung. Asam lambung yang diproduksi dalam lambung haruslah seimbang lantaran kalau terjadi kelaianan mampu menyebabkan peradangan pada lambung. Peradangan pada lambung mengakibatkan dampak perih serta sakit. Untuk mengatasi perkara peradangan pada lambung tersebut, daun cincau bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan dalam daun cincau akan membunuh kuman penyebab radang lambung dengan cara menguatkan otot lambung. Kandungan yang sanggup mengatasi radang lambung dalam daun cincau adalah antioksidan serta vitamin C. Kedua senyawa tersebut terkandung dalam cincau dengan kadar cukup tinggi.

 Bahan : Daun cincau secukupnya

 Caranya : Cuci bersih daun cicau tersebut hingga benar-benar bersih supaya terbebas dari bakteri. Rebuslah daun cincau tersebut dengan air secukupnya sampai mendidih. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah air rebusan daun cincau tersebut secara teratur sehari 2 kali.

Menurunkan demam

 Antioksidan dalam daun cincau juga menjadi senyawa yang akan menurunkan demam. Antioksidan ini akan membunuh virus atau kuman penyebab demam serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain antioksidan tersebut, senyawa saponin dalam daun cincau juga membantu menurunkan penyakit demam.

 Caranya : Ambilah daun cincau secukupnya dan basuh bersih. Setelah itu, daun cincaun tersebut direbus sampai mendidih lalu angkat dan saring. Jika sudah hambar diminum sehari 2 kali secara rutin dan teratur hingga penyakit demamnya sembuh.

Obat diare

 Diare adalah penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan yang diakibatkan oleh kuman yang terbawa kuliner. Kuman-kuman tersebut menyerang sistem pencernaan sehingga mengakibatkan penyakit diare. Penyakit diare ini menyebabkan lemas lantaran kekurangan cairan. Untuk itu cobalah atasi dengan ramuan daun cincau. Daun cincau ini mengandung alkaloid yang didalamnya terdapat vitamin B serta vitamin C yang akan membantu penyerapan sari makanan serta membunuh kuman penyebab penyakit diare.

 Caranya : Rebuslah daun cincau secukupnya sampai benar-benar mendidih. Kemudian angkat, saring serta biarkan masbodoh. Minumlah air rebusan daun cincau tersebut secara teratur sehari 3 kali yaitu pada pagi, siang dan sore hari hingga penyakit diarenya sembuh.

Mengobati sakit tipes

 Manfaat lain dari daun cincau adalah sebagai obat tradisional mujarab penyakit tipes. Daun cincau mempunyai kandungan fosfor, senyawa tokoferol serta antioksidan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh makan bakteri atau kuman penyebab tipes akan musnah.

 Caranya : Rebuslah daun cincau hingga mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Jika sudah masbodoh air rebusan daun cincau tersebut diminum 3 kali sehari secara rutin sampai penyakit tipesnya sembuh.

Mencegah penyakit osteoporosis

 Manfaat lain dari daun cincau yaitu mencegah dari penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis biasanya terjadi pada dikala menginjak usia bau tanah. Penyakit ini membuat tulang tidak lagi sekuat biasanya lantaran terjadi pengeroposan tulang. Agar tulang tetap sehat dan terhindar dari penyakit osteoporosis haruslah mencukupi asupan mineral yang cuckup seperti kalsium, zat besi, fosfor. Daun cincau memiliki semua mineral tersebut dengan kadar yang cukup tinggi sehingga mengonsumsi ramuan dari daun cincau mampu mencegah penyakit osteoporosis.

 Caranya : Ambilah daun cincau secukupnya kemudian dicuci higienis. Setelah itu daun cincau tersebut direbus sampai mendidih. Angkat, saring dan minum secara rutin dan teratur.

Obat hipertensi

 Manfaat selanjutnya dari daun cincau ialah sebagai obat tradisional penyakit hipertensi atau darah tinggi. Kandungan klorofil serta senyawa bisbenzilsokuinolin dalam daun cincau mampu menstabilkan kadar gula darah.

 Caranya : Minumlah air rebusan daun cincau 2 kali sehari sebanyak 200 ml tiap kali minum.

 Daun cincau selain bisa dibentuk agar-agar atau dibentuk es cincau maupun es campur juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun cincau ini jikalau dimanfaatkan sebagai obat tradisional tidak mempunyai pengaruh samping sehingga kondusif.

 Itulah artikel tentang Manfaat Daun Cincau bagi kesehatan. Baca juga artikel lainnya perihal Manfaat Daun Seledri bagi kesehatan yang tidak kalah bermanfaat.

Tampilkan Komentar