Manfaat Daun Cantigi Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 13, 2018
 Bagi anda yang suka mendaki gunung tentunya sudah pernah mendengar atau melihat secara langsung tumbuhan cantigi. Tumbuhan cantigi ini memang banyak tumbuh di pegunungan sehingga bagi sebagian orang terdengar asing. Tumbuhan cantigi ini tumbuh di pegunungan yang terdapat semak-semak karena cantigi ini menyukai daerah yang tidak mengecewakan lembab.


 Tumbuhan cantigi kini sudah banyak dibudidayakan menjadi tanaman hias lantaran mempunyai bentuk serta warna yang menarik. Tumbuhan cantigi bisa tumbuh sekitar 2,5 meter serta bercabang banyak. Daun cantigi yang masih muda berwarna ungu kemerahan sedangkan daun renta berwarna hijau. Warna bunga cantigi sendiri ialah ungu gelap ukurannya kecil serta bentuk bunga cantigi sendiri seperti lonceng. Wangi bunga daun cantigi sangat harum yaitu berbau almond. Tumbuhan cantigi juga mempunyai buah dengan bentuk lingkaran serta mampu dimakan.

 Cantigi ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat tradisional yang baik bagi kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian daun serta buah. Berbagai masalah kesehatan mampu diobati menggunakan ramuan dari tumbuhan cantigi. Tumbuhan cantigi ini dipercaya oleh sebagian orang sebagai tumbuhan yang bisa membuat awet muda sehingga bagi para pendaki yang menemukan tanaman cantigi sering makan buah maupun daun mudanya.

 Nama lain cantigi

Sunda : cantigi, suwagi
Jawa : brenganyi, manis rejo
Sumatra : kalimuntang
Kalimantan : delima montak

 Klasifikasi tanaman cantigi

Kingdom : plantae
Subkingdom : tracheobionta
Divisi : magnoliphyta
Kelas : magnoliopsida
Ordo : ericales
Famili : ericaceae
Spesies : vacinium varingiaefolium

Manfaat tanaman cantigi bagi kesehatan dan kecantikan

1. Mengatasi keriput halus

 Kulit merupakan serpihan terluar dari badan. Kulit juga merupakan salah satu penunjang seseorang terlihat anggun atau ganteng. Namun kulit tidak selamnya tetap terlihat manis, akan ada faktor yang menyerang kulit salah satunya yaitu keriput. Keriput pada kulit pada umumnya dipengaruhi oleh faktor usia. Keriput pada kulit ada beberapa jenis dan salah satunya yaitu keriput halus. Keriput halus ini menciptakan seseorang kelihatan bau tanah serta menciptakan kulit tidak lagi terlihat cantik. Untuk itu atasilah perkara keriput halus pada kulit menggunakan ramuan dari daun cantigi. Senyawa daun cantigi akan membuat keriput halus menjadi kencang kembali.

 Bahan : Daun cantigi secukupnya

 Caranya : Daun cantigi tersebut dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu daun cantigi tersebut direbus dengan air secukupnya hingga benar-benar mendidih. Angkat saring dan biarkan hingga hangat. Oleskan air rebusan daun cantigi tersebut pada belahan kulit yang mengalami keriput halus secara merata. Lakukan secara rutin dan teratur. Atau dengan meminum air rebusan daun cantigi tersebut secara rutin dan teratur.

2. Membuat baka muda

 Salah satu manfaat yang popular dari cantigi ialah membuat seseorang terlihat abadi muda. Hal ini sudah bukan belakang layar umum lagi. Dalam daun cantigi terkandung antioksidan serta antosianin yang akan mengeluarkan toksin serta racun dari dalam badan sehingga auranya akan terpancar. Semua tahu bahwa aura yang terpancar menciptakan seseorang terlihat tetap muda serta menciptakan kulit kencang. Selain terdapat pada daunnya, antosinin juga terdapat pada buahnya.

 Bahan : Daun cantigi

 Caranya : Cuci higienis daun cantigi secukupnya. Rebuslah daun cantigi tersebut dengan air secukupnya sampai mendidih. Setelah benar-benar mendidih kemudian angkat dan saring. Minumlah air rebusan daun cantigi tersebut secara rutin dan teratur biar menerima hasil yang diinginkan.

3. Anti radang

 Manfaat selanjutnya dari tanaman cantigi ialah sebagai antiradang. Senyawa dalam daun cantigi sanggup menjadi antiradang yang baik yang akan menjaga badan dari serangan virus penyebab radang. Radang yang sering umum terjadi antara lain radang tenggorokan. Jika mengalami radang cobalah ramuan dari daun cantigi.

 Caranya : Siapkan daun cantigi secukupnya kemudian cuci higienis. Rebuslah daun cantigi tersebut sampai mendidih serta berubah warna seakan-akan warna the. Saring dan minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur yaitu pada pagi dan malam menjelang tidur. Pada dikala minum air rebusan daun cantigi haruslah sehabis makan.

4. Mengobati luka

 Ramuan daun cantigi juga bisa dipakai sebagai obat luka luar. Daun cantigi ini akan mengeringkan luka serta membunuh bakteri yang melekat pada luka tersebut sehingga luka sembuh dan terbebas dari infeksi.

 Caranya : Ambilah beberapa lembar daun cantigi segar yang telah dicuci higienis kemudian jemur hingga kering. Haluskan daun cantigi tersebut hingga benar-benar halus dengan cara ditumbuk. Bubuhkan debu daun cantigi tersebut pada pecahan luka hingga merata. Lakukan penggunaan bubuk daun cantigi tersebut beberapa kali hingga lukanya benar-benar kering.

5. Obat luka bakar

 Jika mengalami luka bakar cobalah atasi dengan ramuan dari daun cantigi. Ramuan dari daun cantigi ini sanggup menyembuhkan luka bakar secara cepat.

 Caranya : Keringkan daun cantigi beberapa lembar. Selanjutnya ditumbuk halus. Taburkan debu daun cantigi tersebut pada potongan badan yang mengalami luka bakar secara merata. Lakukan beberapa kali sampai luka bakarnya sembuh total.

Manfaat lain dari daun cantigi

Obat spasmolitik
Obat analgesic
Mengobati benjol
Antivirus
Obat gangguan lambung
Mengatasi bengkak
Agen hipotensif
Mengatasi nyeri
Penurun demam

 Tumbuhan cantigi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Untuk itu cobalah memakainya bila mengalami salah satu penyakit yang disebutkan diatas. Makara bila menemukan tumbuhan cantigi tidak ada salahnya diambil untuk ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias serta untuk obat tradisional. Kunjungi juga artikel lainnya tentang Manfaat Buah Naga bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar