Manfaat Dan Khasiat Kunyit Putih

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 04, 2018
 Tanaman kunyit yang ada di Negara kita ternyata bukan hanya 1 jenis saja, akan tetapi ada juga jenis kunyit lain yang dikenal dengan nama kunyit putih atau kunir putih. Kunyit putih ini termasuk rempah-rempah yang banyak tumbuh khususnya di Asia Tenggara Afrika dan Australia. Kunyit putih sudah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dalam mengatasi banyak sekali penyakit serta menjadi salah satu tanaman obat orisinil dari Asia Tenggara. Pemanfaatan kunyit putih bagi kesehatan sudah terbukti ampuh untuk mengatasi aneka macam penyakit. 

https://hidup-sehat.serhamo.net/search?q=manfaat-dan-khasiat-kunyit-putih

Deskripsi kunyit putih

 Kunyit putih berbatang semu tumbuh tegak serta berbentuk bulat yang tersusun dari pelepah-pelepah dengan warna hijau agak kekuning-kuningan. Daun kunyit berwarna hijau agak kuning sama seolah-olah batangnya dengan bentuk bundar telur dan ujungnya lancip. Daun kunyit termasuk daun tunggal memanjang. Untuk bunganya sendiri kunyit putih mempunyai daun majemuk berwarna putih agak kuning serta berambut dan bersisik. Rimpang kunyit putih ini memiliki warna putih agak kuning serta berkulit kecoklatan dan tipis. Tanaman kunyit mampu tumbuh antara 50-90 cm. Kunyit putih ialah tanaman dari keluarga zingiberaceae serta bernama ilmiah curcuma manga.

Kandungan kunyit putih

 Kunyit putih adalah rempah yang mempunyai aneka macam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan kunyit putih tersebut sanggup mengatasi banyak sekali masalah kesehatan sehingga kunyit putih ini dijadikan sebagai materi obat berbagai penyakit. Kandungan dalam kunyit putih antara lain flavonoid, saponin, amilum, damar, tanin, polifenol, minyak atsiri, gula. Bagian yang dimanfaatkan dari tumbuhan kunyit putih bagi kesehatan yaitu belahan rimpangnya.

 Manfaat kunyit putih beserta cara penggunaannya sebagai obat tradisional

1. Mengobati sakit gigi

 Sakit gigi saring kali menciptakan penderitanya merasa terganggu sekali. Sakit gigi membuat makan tidak lezat bahkan kali sedang meradang bisa membuat mengeluarkan air mata. Untuk itu cobalah atasi sakit gigi ini memakai ramuan tradisional kunyit putih. Senyawa dalam kunyit putih akan mengehntikan penyakit sakit gigi secara dampaktif.

 Bahan : 10 gram kunyit putih yang telah dikupas
               ½ bji buah pinang
              Garam dapur secukupnya
              50 gram daun menira

 Cara : Pertama-tama basuh bersih semua materi hingga bersih kecuali garamnya. Setelah itu semua bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk. Jika sudah halus kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Saring dan setelah airnya hangat gunakan sebagai obat kumur dengan hukum 3 kali sehari.

2. Mengobati diabetes

 Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya serta sangat sulit untuk sembuh. Akan tetapi penyakit diabetes ini mampu diobati sedikit-sedikit meski dalam waktu lama. Salah satu caranya ialah dengan ramuan dari kunyit putih selain contoh hidup sehat.

 Caranya : Kupas kunyit putih sebanyak 3 rimpang dan potong-potong. Rebuslah kunyit putih tersebut dengan 1 liter air serta tambahkan garam sebanyak ½ sendok makan. Jika sudah mendidih, angkat lalu saring. Minumlah ramuan kunyit putih tersebut ½ gelas tiap minum seminggu 2 kali. Lakukan secara rutin dan teratur agar balasannya maksimal.

3. Obat amandel

  Penyakit amandel merupakan penyakit yang terjadi diarea tenggorokan. Amandel adalah suatu radang yaitu benjolan yang menciptakan sakit saat menelan serta sering menimbulkan demam. Jika amandel ini dibiarkan bukan tidak mungkin akan menghambat perkara pernafasan atau pencernaan. Cobalah atasi penyakit amandel menggunakan ramuan dari kunyit putih.

 Bahan : Kunyit putih 1 rimpang
               Madu murni 2 sendok makan
               Perasaan air jeruk nipis

 Cara : parutlah kunyit putih kemudian campurkan madu serta air perasaan jeruk jipis. Aduk-aduk kemudian tambahkan air hangat sebanyak ½ gelas. Saring kemudian minum 2 hari sekali secara rutin. Penggunaan secara teratur akan menghentikan penyakit amandel tersebut.

4. Obat tipus

 Jika mengalami penyakit tipus banyak yang memakai obat tradisional dari cacing tanah. Cacing tanah dipakai sebagai obat tradisional penyakit tifus sudah terbukti baik. Namun permasalahannya yaitu banyak sekali yang tidak menyukai pengobatan tersebut dan sering dimuntahkan kembali. Salah satu alternatif lainnya ialah menggunakan ramuan dari kunyit putih. Ramuan ini juga diyakini mujarab mengatasi penyakit tipus.

 Bahan : Kunyit putih 2 rimpang
               Bonggol sere 1 buah
               Daun sambiloto 1 lembar

 Cara : Cuci bersih semua bahan tersebut laluk ditumbuk sampai halus dan dipipis. Seduh dengan air hangat 1 gelas kemudian diaduk-aduk dan disaring. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur selama 1 ahad.

5. Obat disentri

 Penyakit disentri ialah penyakit yang menggangu sistem pencernaan. Penyakit disentri ini diakibatkan oleh serangan bakteri pada sistem pencernaan. Kunyit putih sanggup mengatasi penyakit disentri secara maksimal karena mempunyai kandungan yang sanggup membunuh bakteri penyebab disentri tersebut.

 Bahan : Kunyit putih 1 rimpang
               Gambir secukupnya
               Kapur sirih secukupnya

 Cara : Pertama-tama basuh terlebih dahulu rimpang kunyit putih dan buang kulitnya. Rebuslah kunyit beserta materi lainnya memakai 2 gelas air. Jika air rebusannya tersisa 1 gelas kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur hingga penyakit disentrinya sembuh.

 Manfaat lain dari kunyit putih bagi kesehatan

Obat maag
Mencegah kanker
Obat usus buntu
Mengatasi keputihan
Melancarkan tiba bulan
Obat mulas saat tiba bulan
Melancarkan ASI
Melancarkan buang air besar
Mengatasi gatal-gatal
Obat luka
Menyehatkan jantung
Menyehatkan hati
Obat kedaluwarsa mulut
Obat penyakit kista
Baik untuk kecantikan

Efek samping

-Pengobatan terus menerus mampu menimbulkan penyakit anemia
-Pengobatan terus menerus juga mampu menimbulkan penyakit hypoglycemia yaitu penyakit kekurangan gula darah
-Penggunaan bagi kulit bisa menimbulkan iritasi terhadap kulit sensitif
-Ibu hamil dihentikan menggunakan ramuan kunyit putih lantaran mampu menimbulkan keguguran

 Kunyit putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun selain itu juga penggunaan kunyit putih bagi kesehatan terdapat imbas samping. Oleh karena itu jikalau ingin menggunakan ramuan dari kunyit putih alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya tidak beresiko.

 Itulah artikel yang bisa disampaikan tentang manfaat kunyit putih bagi kesehatan badan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba salah satu ramuan dari kunyit putih tersebut. Kunjungi juga artikel lainnya yaitu ihwal manfaat buah jeruk bagi kesehatan badan.

Tampilkan Komentar