Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 02, 2018
 Biji mahoni merupakan tanaman obat yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. Biji mahoni mampu dijadikan obat untuk penyakit malaria, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa sakit, mencegah penyakit sampar, dan sebagainya.

Biji Mahoni

 Biji Mahoni (Swietenia Mahagoni Jacg) sering digunakan oleh sebagian orang sebagai obat tradisional. Pemanfaatanya sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Ciri khas dari biji mahoni sendiri adalah rasanya yang sangat pahit dan berwarna kecoklatan serta isinya berwarna putih. Kandungan zat yang ada dalam biji mahoni yang terbanyak yaitu flavonoid dan saponin

 Manfaat biji mahoni bagi kesehatan antara lain:

1. Melancarkan peredaran darah,
2. Membantu menurunkan kolesterol,
3. Mengurangi rasa sakit,
4. Antioksidan
5. Mencegah penyakit sampar,
6. Meningkatkan sistem kekebalan,
7. Mencegah pembekuan darah,
8. Menguatkan fungsi hati
9. Memperlambat proses pembekuan darah.
10. Menurunkan gula darah atau kencing elok.
11. Obat penyakit malaria.
12. Mengobati tekanan darah tinggi (Hipertensi)
13. Mengobati diabetes mellitus
14. Obat napsu makan
15. Mengobati rematik
16. Menurunkan demam
17. Obat masuk angin


Mengobati diabetes

 Ambilah beberapa biji mahoni dan kupas dari kulitnya. Tumbuk halus sampai mendapat 1/2 sendok teh. Lalu seduhlah dengan memakai air panas 1/3 saja. Minumlah 2 atau 3 kali sehari selagi masih hangat 30 menit sebelum makan.

 Catatan: Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi biji mahoni lantaran mampu menyebabkan penyakit batu empedu dan kelenturan pembuluh darah.

 Itulah beberapa Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan. Pemanfaatan biji mahoni mampu dimakan eksklusif, dibikin serbuk, atau dibuat kapsul. Semoga apa yang aku hinggakan bermanfaat.

Tampilkan Komentar