Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 25, 2018
 Alang-alang atau nama ilmiahnya Imperata cylindrica merupakan tumbuhan semak belukar yang tumbuh subuh di kawasan kita. Alang-alang ini sering dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai tanaman yang tidak bermanfaat dan hanya sekedar penggangu tanaman lainnya. Pandangan seolah-olah itu sangat lah bertolak belakang jika kita tahu bahwa dalam tanaman tersebut ada bagian tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah yang sering dimanfaatkan dari alang-alang?. Marilah kita simak bersama wacana manfaat akar alang-alang bagi kesehatan berikut ini.

Akar Alang-alang
Gambar akar alang-alang (Sumber : google.com)

 Akar alang-alang diyakini mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal ini sudah dibuktikan semenjak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Pemanfaatan akar alang-alang tersebut merupakan alternatif sebagai obat tradisional alami. Akar alang-alang ini mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan badan alasannya dalam akar alang alang terkandung zat kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat-zat kimia yang terkandung dalam akar alang-alang adalah alkali, saponin, coixol, campesterol, arundoin, stigmasterol, arboronol, esin, sacarosa, imperanene, gione B, anemonin, tanindan, cylindol A, glucosa, malic acid, beta-sitosterol, polifenol, citrik acid, cylindrene, simiarenol, isoarborino, manitol, arborinone, fernenol. Jika kita menyimak kandungan yang terdapat dalam akar alang-alang tersebut sepintas lalu bisa dipastiakan bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat akar alang-alang tersebut bisa dihasilkan baik secara eksklusif atau melalui cara cara tersendiri. Di bawah ini kami akan memaparkan wacana manfaat akar alang-alang bagi kesehatan simak yah!

 Manfaat Dan Khasiat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan

1. Mengobati Asma

 Jika kita mengalami diare dan sudah melakukan pengobatan tetapi tidak kunjung sembuh coba lakukan pengobatan secara tradisional dengan memakai akar alang-alang. Caranya adalah 100 gram akar alang-alang, 20 gram daun sirih, 20 gram kencur dicuci higienis. Setelah itu rebuslah semua materi tadi memakai air sebanyak 1.5 liter. Biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. La;lu angkat saring serta tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok air jeruk nipis aduk hingga rata. Minumlah ramuan tersebut pada ketika mau tidur sampai habis. Lakukan secara teratur.

2. Obat Prostat

 Akar alang-alang juga mampu dimanfaatkan untuk mengobati prostat. Siapkan 600gram akar alang-alang yang sudah dicuci higienis. Kemudian akr alang-alang tersebut direbus memakai 5 gelas air dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Saring, cuekkan kemudian diminum sehari 3 kali secara teratur.

3. Melancarkan Air Seni

 Jika anda mempunyai masalah dengan air seni yang tidak lancar cobalah diobati menggunakan akar alang-alang. Caranya cukup mudah adalah 200 gram akar alang-alang dicuci bersih lalu direbus selama 10 menit memakai 4 gelas air. Tambahkan gula watu secukupnya lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut dengan hukum minum 3 kali sehari 1 gelas tiap kali minum.

4. Mengobati Kencing Batu

Bahan : Akar alang-alang 100 gram
            Daun kumis kucing segenggam
            Daun meniran segenggam
            Tangkue secukupnya
Caranya : Rebuslah semua materi tersebut dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersebut tersisa separuhnya. Setelah itu angkat, saring dan biarkan sampai masbodoh. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dan lakukan secara teratur.

5. Mengobati Masalah Keputihan

 Ambil 400 gram akar alang-alang, 5 gram pulasari, 1.5 tangkai daun pepaya dan basuh bersih. Rebuslah semua materi tersebut menggunakan 3 gelas air hingga tinggal separuhnya. Setelah disaring biarkan acuh taacuh. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali dan lakukan secara teratur.

6. Obat darah Tinggi Akibat Sakit Ginjal

 Rebuslah 250 gram akar alang-alang, tangkue secukupnya denga 3 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut hingga tinggal separuhnya. Lalu angkat, saring dan dinginkan. Setelah masbodoh minumlah ramuan tersebut secara teratur sehari 2 kali.

7. Obat Hepatitis

 Pengobatan untuk hepatitis menggunakan akar alang-alang yaitu dengan cara merebus 150 gram akar alang-alang dengan 5 gelas air. Setelah air rebusan tersebut tinggal separuhnya angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut setelah cuek dengan hukum minum sehari 3 kali. Lakukan pengobatan tersebut secara teratur.

8. Mengobati Diare

 Hentikan diare dengan memanfatkan akar alang-alang. Caranya basuh higienis 150 gram akar alang-alang menggunakan 2.5 gelas air selama 115 menit saja. Setelah itu angkat dan saring. Minum ramuan tersebut hingga habis setelah hambar dan lakukan beberapa kali.

9. Obat Radang Paru Paru

Bahan : Akar alang-alang 450 gram
            Kuntum bunga melati 10 buah
            Daun sembung 4 lembar
Caranya : Semua materi direbus dengan 4 gelas air hingga air rebusannya tinggal separuhnya. Setelah disaring dan hambar ramuan tersebut diminum dengan hukum minum sehari 2 kali.

 Selain Itu Akar Alang-Alang Juga Dapat Mengobati

1. Obat abses ginjal
2. Obat penyakit batu empedu
3. Meneymbuhkan air kencing berdarah
4. Obat mimisan
5. Mengobati perkara kencing secara terus menerus
6. Obat campak
7. Mengobati pendarahan pada perempuan
8. Obat demam
9. Mengobati radang hati
10. Menyembuhkan urat saraf lemah
11. Mengatasi masalh pencernaan
12. Obat jantung koroner
13. Obat muntah darah
14. Obat kerikilk berdarah

 Akar alang-alang yang sebagian orang menganggap tidak ada keuntungannya ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Setelah anda membaca artikel yang kami tulis agar lebih memahami akan besarnya Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami hinggakan bermanfaat dan selamat mencoba obat tradisional alami.

Tampilkan Komentar