Kegemukan Dan Cara Mengatasinya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 24, 2018
 Kegemukan atau nama lainnya obesitas banyak dialami oleh orang orang yang acuan hidupnya kurang teratur. Kegemukan (obesitas) merupakan suatu kondisi dimana lemak dalam tubuh kita melebihi standar pada umumnya yang terakumulasi dengan berbagai rupa dan berdampak kurang baik bagi kesehatan bahkan mampu menyebabkan hal yang sangat patal. Cara mengatasi kegemukan antara lain berolahraga, tidur teratur, atur teladan makan, hindari minuman bersoda, jangan makan tengah malam, perbanyak minum air putih, hindari makan gorengan.

Kegemukan (Obesitas)

 Berapakah berat tubuh anda?. Jika berat tubuh anda melebihi rata rata berat pada umumnya maka anda akan tergolong kedalam orang gemuk atau mengalami kegemukan (obesitas). Jika hal itu terjadi pada kita banyak hal yang bisa dialami bahkan mungkin kita akan merasa minder atau kurang percaya diri. Segala cara akan dilakukan untuk menurunkan berat tubuh yang berlebihan mulai dari mengurangi makan bahkan sampai operasi sedot lemak. Namun sebelum menginjak hal lebih jauh wacana cara mengatasi kegemukan, aku akan menjelaskan dahulu tentang kegemukan itu sendiri. Mari kita simak bersama sama.
 Kegemukan atau nama lainnya obesitas banyak dialami oleh orang orang yang teladan hidupnya kurang teratur. Kegemukan (obesitas) merupakan suatu kondisi dimana lemak dalam tubuh kita melebihi standar pada umumnya yang terakumulasi dengan banyak sekali rupa dan berdampak kurang baik bagi kesehatan bahkan mampu menimbulkan hal yang sangat patal. Banyak faktor yang mampu menimbulkan kegemukan mulai dari kurang berolahraga hingga dari asupan kuliner yang banyak mengandung lemak tinggi. Kegemukan itu sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak perkara yang ditakuti, selain berefek tidak baik bagi kesehatan juga membuat kita kurang percaya diri.

 Faktor Faktor Penyebab Terjadinya Kegemukan

1. Ngemil
 Jika kita sering ngemil atau makan kuliner yang ringan, kita bisa mengalami kegemukan karena kebanyakan dari camilan mengandung lemak.

2. Stres
 Ketika kita mengalami stres yang diakibatkan banyak fikiran, hormon kortisol akan dikeluarkan dari tubuh dan itu memicu nafsu makan bertambah.

3. Obat
 Jika kita mengonsumsi obat obatan medis terlalu sering, bukan tidak mungkin kita akan mengalami kegemukan. Karena, ada beberapa obat yang kita tidak sadari berefek samping pada penggemukan tubuh. Beberapa obat yang mampu memicu kegemukan antara lain obat diabetes, penghilang depresi, obat darah tinggi, obat migrant.

4. Kurang Olahraga
 Kurang berolahraga juga salah satu penyebab salah seorang terkena kasus kegemukan. Hal itu disebabkan karena tubuh kita tidak mengalami gerakan dan lemak yang ada dalam tubuh kita tidak terbakar dan keluar bersama keringat sehingga mengendap.

5. Faktor Keturunan
 Gen sangat berpengaruh dalam kasus kegemukan alasannya adalah, berdasarkan para ahli 18 genetik gres yang mampu menimbulkan kegemukan.

6. Polusi
 Kenapa polusi juga penyebab terjadinya kegemukan?. Jawabannya adalah zat zat kimia yang dihasilkan dari radikal bebas maupaun polusi mampu menghambat proses metabolisme tubuh yang berakibat organ dalam tubuh kurang menerima asupan nutrisi yang cukup.

7. Makanan Atau Minuman
 Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari mampu menimbulkan kegemukan. Hal itu dikarenakan kalau kita mengonsumsi yang berlemak tinggi bukan tidak mungkin perkara kegemukan akan menyerang kita.

  Menurut penelitian sejumlah andal, kegemukan mampu berefek terhadap tubuh. Kegemukan mampu memicu aneka macam penyakit bahkan bisa menimbulkan akhir hidup. Jadi efek yang ditimbulkan dari kegemukan sangat banyak dan berbahya. Di bawah ini saya akan menjabarkan dampak dari kegemukan.

Akibat Yang Ditimbulkan Dari Kegemukan

1. Beresiko Terkena Serangan Jantung
 Kegemukan merupakan tumpukan lemak yang berada dalam tubuh. Hal itu berakibat pada jantung yang terganggu karena sulit dalam proses pemompaan. Dan risikonya muncul serangan jantung.

2. Gangguan Pernafasan
 Lemak yang tertimbun disekitar dada maupun leher pada orang yang mengalami kegemukan menimbulkan sulitnya melakukan proses pernafasan karena akses pernafasan menjadi sempit.

3. Gangguan Pada Kulit
 Kegemukan mampu mengakibatkan terjadinya perubahan hormon serta kelebihan lemak mampu mengakibatkan kulit mengalami pelebaran sehingga timbul garis garis halus pada kulit. Selain itu jamur akan tumbur subur pada kulit.

4. Asam Lambung Meningkat
 Asam lambung akan naik jika kita mengalami kegemukan lantaran lemak yang berada disekitar tempat lambung menekan lambung. Efek yang dirasakan yaitu terasa terbakar serta terasa sakit dan tekanan disekitar dada dan leher.

5. Nyeri Sendi
 Kegemukan berarti berat tubuh bertambah. Hal itu menyebabkan sendi sendi terutama bagian lutut akan terasa nyeri lantaran beban yang terlalu berat dari tubuh kita.

6. Mendengkur saat tidur
 Hal itu terjadi lantaran jaringan lemak pada tubuh mengalami donasi.

7. Depresi
 Jika mengalami kegemukan maka rasa aib dan kurang percaya diri akan timbul. Jika itu sudah terjadi bukan mustahil si penderita kegemukan akan mengalami depresi.

8. Darah Tinggi
 Penelitain menyebutkan bahwa dari sekian banyak penderita obesitas mengalami darah tinggi.

9. Terjadinya Varises
 Jika mengalami kegemukan berat badan naik dan bukan mustahil dinding pembuluh darah kita melebar sehingga timbul varises.

10. Penyakit Gula
 Menurut penelitian para ahli kebanyakan penderita diabetes adalah orang yang mengalami kegemukan.

 Ternyata masalah kegemukan bukan perkara kecil jika dilihat dari akhir yang ditimbulkan. Nah pertanyaannya bagai mana cara mengatasi perkara kegemukan tersebut?. Mari kita kupas bersama sama cara mengatasi kasus kegemukan (obesitas) yang mampu kita lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

 Berikut Cara Menurunkan Berat Badan (Obesitas)

1. Tidur teratur
 Usahakan tidur yang cuckup dan teratur. Itu bisa mengatasi perkara kegemukan. Tidur yang baik dalam sehari ialah 8 jam.

2. Olahraga
 Berolahraga dengan teratur bisa menurunkan berat badan. Dengan berolahraga lemak yang menumpuk dalam tubuh akan terbakar dan keluar bersama keringat.

3. Hindari Stres
 Usahakan fikiran selalu sehat dan tenang supaya tidak terkena stres. Karena jikalau stres maka nafsu makan akan bertambah.

4. Jangan Makan Pada Malam Hari
 Jika kita terbangun tengah malam niscaya akan terasa lapar. Usahakan makan buah atau minum air putih saja.

5. Atur Pola Makan
 Aturlah pola makan kita dan usahakan memakan yang rendah lemak serta perbanyak makan buah buahan.

6. Lakukan Pemijatan
 Pemijatan akan menurunkan lemak yang menumpuk serta sanggup membakarnya.

7. Mengonsumsi Rempah Rempah
 Konsumsilah rempah rempah karena sanggup meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu menurunkan berat badan.

8. Kurangi Minuman Yang Bersoda
 Hindari minuman bersoda sanggup menurunkan berat tubuh. Sebab menurut penelitian dalam soda mengandung banyak gula.

9. Perbanyak Minum Air Putih
 Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari. Karena Jika kita mengalami dehidrasi metabolisme dalam tubuh terganggu dan lemak akan menumpuk.

 Kegemukan atau obesitas mempunyai pengaruh samping yang berbahaya. Maka dari itu cegah sedini mungkin biar terhindar dari kasus kegemukan. Jika kita ialah salah satu yang bermasalah dengan kegemukan segeralah atasi supaya kita terhindar dari efek kegemukan tersebut. Itulah artikel ihwal Kegemukan Dan Cara Mengatasinya. Mampir juga ke artikel wacana Cara Mengobati Penyakit Kulit dan Cara Mengobati Penyakit TBC.

Tampilkan Komentar