Segudang Manfaat Khasiat Pule Pandak

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 24, 2018
 Tanaman pule pandak memang merupakan salah satu tumbuhan obat yang sudah dimanfaatkan sebagai materi obat yang dibuat industri. Pule pandak ini sudah terbukti akan manfaatnya bagi kesehatan sehingga sudah banyak digunakan oleh industri. Selain digunakan sebagai materi obat oleh industri, pule pendak bisa juga dijadikan obat yang pemanfaatannya dilakukan secara tradisional atau dengan kata lain sebagai obat tradisional. Pule pandak ini banyak tersebar di Indonesia, Myanmar, India, Thailand.

Segudang Manfaat Khasiat Pule Pandak

 Pemanfaatan pule pandak secara tradisional juga sangat baik bagi kesehatan. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan obat tradisional pule pandak. Hal itu tidak terlepas dari kandungan dalam tumbuhan pule pandak. Banyak sekali kandungan dalam pule pandak antara lain reserpine, raunesine, ajmalicine, sarpagine, tetraphylline, deserpidine, serpentinine, ajmaline, rescinnamine, yohimbine, canescine, samatine, serpentine, tetraphyllicine. Sifat kimiawi dari tumbuhan pule pandak adalah batang serta daun bersifat manis, pahit dan menyejukan sementara akar bersifat hambar, pahit serta sedikit beracun.

 Tanaman pule pandak merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di semak-semak atau ladang. Akan tetapi pule pandak juga ada yang ditanam dipekarangan rumah sebagai tumbuhan hias. Pule pandak cocok tumbuh pada ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Pule pandak memiliki daun bentuk seakan-akan telur tapi memanjang dengan pangkal sempit dan potongan ujungnya runcing. Daun pule pandak ini berhadapan serta termasuk kedalam daun tunggal. Pule pandak tumbuh tegak batang bentuk silindris berwarna coklat agak debu-abu dan berbetah. Akar pule pandak besar dan panjang.


1. Obat sakit pinggang

 Pule pandak kaya akan aneka macam kandungan yang baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat pule pandak yaitu sebagai obat sakit pinggang. Sakit pinggang yang akan menganggu kegiatan bisa diatasi dengan obat tradisional pule pandak. Cuci higienis akar pule pandak sebanyak 50 gram. Akar pule pandak tersebut kemudian direndam dengan 1 gelas arak pada malam hari. Pada pagi harinya sehabis makan minumlah ramuan tersebut. Lakukan secara rutin dan teratur.

2. Obat diare

 Jika mengalami perkara diare cobalah atasi memakai ramuan dari pule pandak. Pule pandak ini akan bekerja cepat mengatasi kasus diare dengan membunuh kuman penyebab diare tersebut. Caranya : Akar pule pandak segar basuh higienis sebanyak 2 gram. Setelah itu akar pule pandak tersebut dipotong tipis dan tambahkan garam secukupnya. Kunyahlah akar pule pandak tersebut dan minum air dari akar tersebut serta buang ampasnya.

3. Obat luka berdarah

 Luka berdarah biasanya diakibatkan oleh banyak faktor entah itu tersayat pisau, jatuh dari motor dan masih banyak lagi. Luka berdarah ini kalau dibiarkan bisa terinfeksi oleh basil atau virus. Untuk itu segeralah atasi luka berdarah tersebut. Salah satu obat untuk luka berdarah yaitu memakai obat tradisional pule pandak. Caranya : Petiklah beberapa lembar daun pule pandak yang masih segar lalu cuci higienis. Lumatkan daun pule pandak tersebut hingga halus. Balurkan pada penggalan badan yang terdapat luka berdarah secara merata dan dibalut supaya ramuan pule pandak tersebut dapat melekat.

4. Obat darah tinggi

 Darah tinggi juga mampu diatasi dengan obat tradisional pule pandak. Ramuan dari pule pandak ini diyakini mujarab untuk menurunkan darah tinggi. Untuk itu kalau mengalami darah tinggi cobalah atasi dengan ramuan pule pandak. Caranya : Akar pule pandak yang sudah dicuci higienis sebanyak 50 gram kemudian direbus dengan air sebanyak 4 gelas. Jika air rebusan akar pule pandak tersebut tersisa 1 gelas angkat dan saring. Minumlah air rebusan akar pule pandak tersebut secara rutin dan teratur yaitu setiap pagi dan sore hari dengan hukum minum ½ gelas tiap minum.

5. Obat influenza

 Influenza atau yang sering dikenal dengan flu terjadi karena serangan basil atau virus yang terbawa oleh udara. Influenza memang bukan suatu penyakit yang berbahaya, akan tetapi tetap saja mengganggu kesehatan. Cobalah atasi influenza tersebut menggunakan ramuan dari tumbuhan pule pandak. Caranya : Rebuslah daun pule pandak yang sudah dicuci bersih sebanyak 25 gram. Biarkan air rebusan daun pule pandak tersebut hingga tersisa 1 gelas. Angkat, saring dan biarkan masbodoh. Minumlah ramuan pule pandak tersebut hingga habis dan lakukan beberapa kali.

6. Obat sakit perut

 Selain untuk obat diare, pule pandak juga mampu menjadi obat tradisional obat sakit perut. Cara penggunaannya sama seakan-akan untuk mengatasi diare.

7. Mengatasi sakit tenggorokan

 Sakit tenggorokan akan mengganggu dikala kita menelam makanan, minuman. Efek dari sakit tenggorokan ini selain menyebabkan rasa sakit dikala menelan juga bisa mengakibatkan demam. Pule pandak bisa menjadi salah satu solusi sebagai obat tradisional sakit radang tenggorokan tersebut. Caranya : Ambilah akar pule pandak secukupnya lalu cuci bersih. Potong tipis-tipis kemudian hisaplah aroma yang keluar dari akar pule pandak tersebut. Aroma yang keluar dari akar pule pandak membantu mengatasi sakit tenggorokan secara sedikit demi sedikit.

8. Obat demam

 Manfaat selanjutnya dari pule pandak yaitu sebagai obat demam. Pule pandak ini mempunyai anti radang cukup tinggi sehingga sanggup mengatasi demam. Demam biasanya diakibatkan oleh adanya peradangan. Caranya : Carilah akar pule pandak yang sudah kering sebanyak 15 gram. Akar pule pandak tersebut dipotong kecil-kecil kemudian masukan kedalam 1 gelas air yang sudah matang. Remas-remas akar pule tersebut kemudian saring. Minumlah air ramuan tersebut sampai habis. Ulangi beberapa kali hingga demamnya sembuh.

9. Obat muntah-muntah

 Untuk mengobati muntah-muntah caranya sama seperti cara untuk mengobati demam. Muntah-muntah disebabkan basil dan virus. Agar muntah-muntahnya berhenti maka basil dan virusnya harus dibunuh. Pule pandak mempunyai senyawa yang mampu membunuh bakteri penyebab muntah-muntah tersebut.

Perhatian :
 Tanaman pule pandak ini jikalau digunakan secara terus-menerus mempunyai pengaruh samping namun efek samping yang ditimbulkan tidak tergolong berat. Efek samping yang ditimbulkan balasan pemakaian yang berkelanjutan antara lain hidung tersumbat, ekspresi kering, sering buang air besar, kontraksi lambung dan usus meningkat, mimpi jelek, tidur kurang nyaman, sakit kepala, timbul rasa lelah, tanda-tanda denyut jantung melambat.

 Kunjungi juga artikel tentang Manfaat Daun Sukun dan Manfaat Buah Kurma bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar