Segudang Manfaat Daun Mangkokan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 10, 2018
 Mangkokan (daun mangkokan) memiliki nama ilmiah Polyscias scutellaria. Tanaman ini banyak dijumpai dipekarangan rumah atau disemak semak. Mangkokan tumbuh subur di tempat tropis dan berasal dari Pasifik bagian barat daya. Karena daunnya yang berbentuk seakan-akan mangkok maka tumbuhan ini dinamakan tumbuhan mangkokan. Di berbagai tempat tumbuhan ini mempunyai nama yang berbeda beda antara lain Sunda (mamanukan),Jawa (godong mangkokan), Sumatera (memangkokan, pohon mangkok), Ambon (daun papeda, daun koin), Makasar (mangko-mangko). Manfaat daun mangkokan bagi kesehatan mengobati radang payudara, melancarkan buang air kecil, mencegah kerontokan rambut, mengobati luka.


 Waktu saya kecil aku sering bermain dipekarangan dengan sahabat teman. Kami sering bermain masak kuliner dan tempat yang sering kami gunakan untuk bermain masak makanan yaitu daun mangkokan. Mungkin anda juga tahu dan mungkin menimbulkan sebagai pagar atau tanaman hias dipekarangan rumah. Pada artikel kali ini aku akan membahas tentang manfaat daun mangkokan bagi kesehatan. Namun sebelum itu saya akan menjabarkan wacana tanaman mangkokan.

 Mangkokan (daun mangkokan) mempunyai nama ilmiah Polyscias scutellaria. Tanaman ini banyak dijumpai dipekarangan rumah atau disemak semak. Mangkokan tumbuh subur di kawasan tropis dan berasal dari Pasifik penggalan barat daya. Karena daunnya yang berbentuk seakan-akan mangkok maka tumbuhan ini dinamakan tanaman mangkokan. Di banyak sekali kawasan tanaman ini memiliki nama yang berbeda beda antara lain :
Sunda (mamanukan)
Jawa (godong mangkokan)
Sumatera (memangkokan, pohon mangkok)
Ambon (daun papeda, daun koin)
Makasar (mangko-mangko)

 Tanaman mangkokan sering manfaatkan bagi kesehatan. Yang dimanfaatkan dari tumbuhan ini adalah akar dan daunnya. Dalam daun mangkokan terkandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, alkaloida, protein, kalsium, zat besi, fosfor, lemak, flavonoida, saponin dan polifenol.

 Manfaat Daun Mangkokan

1. Melancarkan Buang Air Kecil
 Siapkan beberapa lembar daun mangkokan yang masih segar dan cuci bersih. Kemudian rendamlah daun mangkokan tersebut dengan air panas secukupnya dan biarkan beberapa menit. Pakailah air tersebut untuk air kompresan pada perut cuilan bawah setelah airnya hangat.

2. Mencegah Rambut Rontok
 Cuci bersih beberapa lembar daun mangkokan yang sudah agak bau tanah dan segar. Lumatkan daun mangkokan tersebut dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Peras dan ambil air perasaan tersebut. Oleskan air perasan tersebut ke kulit kepala sambil dipijat. Biarkan beberapa menit kemudian bilas dengan air. Lakukan cara tersebut secara rutin.

3. Obat Luka
 Lumatkan beberapa lembar daun mangkokan sampai halus. Gunakan ramuan tersebut untuk menjadi obat oles pada bagian luka. Setelah dioleskan balutlah agar meresap. Lakukan secara teratur hingga sembuh.

4. Mengobati Radang Payudara
 Siapkan daun mangkokan yang agak bau tanah dan cuci bersih. Lalu lumatkan hingga halus serta tambahkan minyak kelapa dan parutan kunyit. Setelah itu, ramuan tersebut dipanaskan di atas api sebentar saja. Oleskan ramuan tersebut pada bagian payudara yang membengkak secara merata. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

 Manfaatkanlah secara baik tumbuhan yang ada di sekitar kita. Itulah artikel tentang Manfaat Daun Mangkokan bagi kesehatan. Jangan lupa mampir ke artikel lainnya Obat Darah Tinggi Alami dan Cara Mengobati Keputihan Secara Alami.

Tampilkan Komentar