Sakit Gigi Dan Cara Mengatasinya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 02, 2018
 Sakit gigi ialah terjadinya rasa sakit maupun nyeri disekitar gigi maupun dalam gigi dengan timbulnya bengkak, iritasi hingga gusi memerah dan bisa timbul bisul. Sakit gigi terjadi lantaran beberapa alasannya yaitu, namun yang paling utama penyebab sakit gigi yaitu pola hidup kita yang kurang memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi. Faktor penyebab sakit gigi antara lain gigi berlubang, kurang merawat gigi, gigi retak, gusi bengkak, menyikat gigi yang salah. Cara alami mengobati sakit gigi mampu memakai bawang putih, daun inggu, minyak cengkeh, garam.

Sakit Gigi

 Apakah anda pernah mengalami sakit gigi? bagaimana rasanya?. Benar sekali kalau mengalami sakit gigi maka rasanya sakit atau ngilu pada gigi dan makanpun rasanya tidak yummy. Saya juga pernah mengalami yang namanya sakit gigi dan rasanya sangat mengganggu serta tidak mengenakan. Untuk lebih jelasnya aku akan menjelaskan tentang apa itu sakit gigi. Banyak orang yang mengartikan tentang sakit gigi dengan arti yang berbeda beda. Namun semua itu sama arahnya yaitu mengacu pada gigi. Secara umum sakit gigi yaitu terjadinya rasa sakit maupun nyeri disekitar gigi maupun dalam gigi dengan timbulnya benjol, iritasi sampai gusi memerah dan mampu timbul bisul. Sakit gigi terjadi lantaran beberapa karena, namun yang paling utama penyebab sakit gigi ialah pola hidup kita yang kurang memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi.

 Berikut faktor faktor yang menyebabkan sakit gigi

- Gigi Berlubang
Gigi berlubang merupakan faktor yang sering mengakibatkan sakit gigi. Jika kita makan kemungkinan besar gigi yang berlubang akan kemasukan sisa makanan yang kita makan sehingga sisa kuliner tersebut akan membusuk dan menimbulkan basil dan berkembang maka timbulah sakit gigi

- Gusi Mengalami Bengkak Atau Berdarah
Jika gusi kita bengkak atau berdarah maka akan besar lengan berkuasa pada gigi yang ada disekitar gusi tersebut. Karena gusi yang benjol akan menggangu terhadap gigi.

- Menyikat Gigi Yang Salah
Waktu kita menyikat gigi haruslah sesuai petunjuk yaitu dari atas ke bawah atau sebaliknya. Karena sela sela antara gigi yang satu dengan yang lainnya akan terjangkau. Beda lagi kalau kita asal sikat gigi, sela sela pada gigi tidak akan terjangkau sehingga jikalau ada makanan sisa tidak akan tersikat.

- Faktor Dari Penyakit Selain Gigi

- Kurang menjaga kesehatan gigi
Ini yaitu faktor yang paling berperan dalam sakit gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi kita selalu menggosok gigi 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

- Penggunaan behel pada gigi
Penggunaan behel pada gigi juga merupakan faktor penyebab sakit gigi. Jika kita memakai behel pada gigi haruslah rajin merawat dan membersihkannya lantaran bila kita kurang rajin bukan mustahil sisa makanan akan menemple pada behel yang kita pakai pada gigi.

- Gigi gingsul

- Gigi longgar

- Infeksi susukan akar gigi

- Gusi mengalami abrasi

- Karies gigi

- Penyakit pada rahang

- Gigi mengalami retak

 Jika kita mengalami sakit gigi selain makan tidak enak dan rasa sakit pada gigi, sakit gigi juga mampu menimbulkan pusing kepala dan tidur menjadi susah. Menurut para ahli sakit gigi juga mampu menjadi salah satu faktor terjadinya stroke bahkan penyakit jantung (angina). Sakit gigi ini terjadi secara tiba tiba tanpa ada gejala yang ditimbulkan sebelum sakit gigi terjadi. Maka dari itu sakit gigi bisa terjadi kapan saja.
 Sakit gigi bisa diobati secara medis maupun secara tradisional. Dalam artikel ini saya akan menjabarkan cara mengobati sakit gigi secara tradisional. Banyak tumbuhan yang ada disekitar kita mampu dijadikan sebagai obat sakit gigi. Tergantung kita tahu mana tanaman yang mampu dijadikan obat sakit gigi beserta cara pengolahannya. Maka dari itu saya akan menjelaskan tumbuhan beserta cara pengolahan tumbuhan tersebut untuk dijadikan obat sakit gigi.

 Berikut Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional

1. Daun Inggu
 Siapkan daun inggu kering sebanyak 5gram dan cuci higienis. Rebuslah daun inggu tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian angkat dan saring. Gunakan air ramuan tersebut untuk dijadikan obat kumur setelah dingin. Lakukan beberapa kali.

2. Bawang Putih
 Ambil 1 siung bawang putih dan bersihkan dari kulitnya. Tumbuklah bawang putih tersebut sampai benar benar halus. Tempelkan bawang putih tersebut tepat pada penggalan gigi yang terasa sakit biarkan beberapa menit. Cara lainnya yaitu dengan cara mengunyah pribadi bawang putih tersebut. Ulangi cara tersebut beberapa kali.

3. Minyak Cengkeh
 Teteskan minyak cengkeh pada cuilan gigi yang mengalami sakit dengan menggunakan kapas. Biarkan selama setengah jam. Setelah itu berkumurlah memakai air hangat.

4. Garam
 Masukan garam kedalam 1 gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan air garam tersebut untuk dijadikan obat kumur. Lakukan langkah tersebut beberapa kali.

5. Bunga Matahari
 Cuci bersih 50gram bunga matahari dan jahe sebanyak setengah ruas jari. Rebuslah ke-2 bahan tersebut dengan 500cc air dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur dikala air ramuan tersebut masih hangat. Ulangi cara tersebut beberapa kali secara teratur.

6. Minyak Tempururng Kelapa
 Bakar tempurung kelapa sampai keluar minyaknya. Kemudian ambil minyak tempurung kelapa tersebut menggunakan kapas biar lebih simpel. Tempelkan kapas tersebut tepat pada bagian gigi yang sakit.

 Jika dilihat dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa sakit gigi merupakan suatu penyakit yang berefek sangat mengganggu, lantaran gigi berada dalam lisan yang berpungsi untuk mengunyah kuliner. Jika kita sakit gigi maka proses mengunyah makanan akan terganggu. Maka dari itu jagalah gigi kita sehingga terhindar dari sakit gigi. Selain itu sakit gigi juga mampu diobati memakai materi alami asal kita tahu dan mampu mengolahnya. Mungkin itulah yang mampu saya hinggakan perihal Sakit Gigi Dan Cara Mengatasinya. Semoga apa yang aku sampaikan dalam artikel kali ini bermanfaat.

Tampilkan Komentar