Manfaat Sambiloto Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 26, 2018
 Sambiloto merupakan tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tropika termasuk Indonesia. Sambiloto bermanfaat untuk mengobati flu, demam, kencing bagus, sakit perut, sakit kepala, menurunkan hipertensi, dan lain lain.

Sambiloto

 Sambiloto atau nama latinnya Andragraphis paniculata merupakan tanaman yang memiliki ciri berdaun tunggal berukuran kecil, berbunga berbibir tabung berwarna putih, serta buahnya seperti kapsul. Ciri lainnya memiliki rasa pahit dan hambar. Sambiloto banyak tumbuh di kawasan Asia Tropik termasuk Indonesia.
 Dalam Sambiloto terkandung banyak sekali zat yang sangat baik bagi kesehatan. Zat tersebut antara lain lactone(zat pahit), neoandrografoloid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, kalium, kalsium, natrium, asam kersik dan damar. Karena terkandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, banyak dari kita yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional. Sambiloto bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional banyak sekali penyakit.

 Manfaat Sambiloto bagi kesehatan adalah :

1. Mengobati flu
2. Obat sakit kepala
3. Mengobati TBc paru paru
4. Mengobati keracunan
5. Mengobati sakit perut
6. Memperlancar air seni
7. Menurunkan panas badan
8. Mengobati kencing anggun
9. Menurunkan hipertensi
10. Menurunkan kadar gula darah
11. Mengobati tifustifus
12. Menyembuhkan radang tenggorokan

 Obat kencing elok

 Caranya: Siapkan segenggam daun sambiloto dan cuci higienis. Rebuslah daun sambiloto tersebut dengan 4 gelas air dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Saring ramuan tersebut dan minumlah 3 kali sehari dengan dosis tiap minum 3/4 gelas.

 Mengobati darah tinggi

 Caranya : Ambil beberapa lembar daun sambiloto yang masih segar dan basuh bersih. Potong kecil kecil daun sambiloto tersebut. Seduhlah dengan air panas yang masih mendidih dan biarkan beberapa menit. tambahkan 1 sendok madu. Minumlah 3 kali sehari secara teratur.

 Perhatian : Ibu hamil atau lagi menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi ramuan daun sambiloto.

 Demikian Manfaat Sambiloto Bagi Kesehatan. Baca juga artikel tentang Khasiat Buah Nangka Bagi Kesehatan dan 1001 Khasiat Melinjo Bagi Kesehatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar