Manfaat Khasiat Teratai Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 14, 2018
 Tanaman teratai merupakan tanaman yang tumbuh di air tepatnya di permukaan air yang hening. Tanaman ini tumbuh mengapung diatas permukaan air dengan subur serta akan terlihat indah jika sudah berbunga. Teratai merupakan tumbuhan dari family nymphaeaceae dan bergenus nelumbo. Nama ilmiah dari tumbuhan teratai ini ialah nymphaea dan tumbuh subur di daerah tropis. Tanaman teratai yang tumbuh subur di daerah tropis yaitu tanaman teratai yang berasal dari mesir.

Manfaat Khasiat Teratai Bagi Kesehatan

 Teratai ialah tumbuhan yang daun serta bunganya berada dipermukaan air . Daun tumbuhan teratai mempunyai bentuk oval agak lebar dan terdapat jari-jari menuju ke tangkai. Daun tersebut keluar dari tangkai tumbuhan teratai yang tertutup lumpur. Bunga teratai mempunyai warna putih atau kuning dan berkelopak. Tiap pinggir kelopak bunga teratai berwarna merah. Bunga teratai merupakan bunga yang keluar dari tangkai yaitu perpanjangan dari rimpang. Akar tumbuhan teratai ini ialah akar serabut.

 Tanaman teratai banyak dibudidayakan selain untuk hiasan di kolam juga mempunyai manfaat untuk sumber kuliner ikan, pembersih air kolam. Tanaman teratai ini mempunyai manfaat lain bagi kesehatan. Di balik indahnya bunga teratai tersebut terkandung aneka macam senyawa yang mampu mengatasi berbagai penyakit yang berafiliasi dengan kesehatan.

Inilah manfaat tersembunyi tanaman teratai bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

1. Obat darah tinggi

  Darah tinggi yang bisa menimbulkan penyakit stroke mampu diatasi menggunakan obat tradisional tumbuhan teratai. Caranya : Siapkan tunas teratai 15 gram serta biji teratai sebanyak 10 gram. Kedua bahan tersebut selanjutnya direbus dengan air higienis sebanyak 350 cc. Jika air rebusannya tinggal 200 cc lalu angkat dan saring. Minumlah air ramuan teratai tersebut setiap hari secara rutin. Dengan memakai ramuan dari tanaman teratai secara teratur maka darah tinggi bisa diatasi secara maksimal.

2. Obat panas dalam

 Jika mengalami panas dalam cobalah atasi menggunakan ramuan dari tumbuhan teratai. Tanaman teratai ini akan menurunkan panas dalam serta menjaga badan supaya terhindar dari panas dalam. Caranya : Cuci bersih 100 gram tanaman teratai serta akar alang-alang sebanyak 50 gram. Kedua tumbuhan tersebut kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 500 cc. Setelah air rebusan tersebut tinggal separuhnya kemudian angkat saring serta biarkan acuh taacuh. Minumlah air rebusan tersebut hingga habis serta lakukan secara teratur hingga panas dalamnya sembuh.

3. Obat disentri

 Disentri adalah penyakit yang banyak mengeluarkan cairan dari badan. Orang yang mengalami penyakit disentri pada umumnya akan mengalami lemas, lesu, lelah akibat kurang cairan. Untuk menghentikan penyakit disentri serta mengembalikan cairan tubuh yang hilang cobalah ramuan obat tradisional tanaman teratai. Teratai ini akan mengatasi penyakit disentri karena mempunyai senyawa yang mampu menghentikan penyakit disentri tersebut. Caranya : Cuci bersih 1 rimpang tanaman teratai dan air perasan 10 gram jahe. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan air higienis 100 cc hingga mendidih. Saring dan tambahkan madu 1 sendok makan. Minum ramuan tersebut secara teratur hingga kasus disentrinya mampu teratasi.

4. Mengatasi stres

 Stres merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Stress ini biasanya diakibatkan oleh fikiran yang terlalu berat sehingga menimbulkan beban difikiran dan timbulah stres. Untuk mengatasi masalah stress ini solusinya yaitu dengan menimbulkan fikiran damai. Untuk itu cobalah atasi memakai ramuan bunga teratai. Bunga teratai ini diyakini mampu mengurangi stress karena aromanya. Caranya : Siapakan bji bunga teratai 20 butuir, buah angcao 10 gram, biji kelengkeng 15 gram serta kim cim sebanyak 10 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 700 cc air bersih. Setelah air rebusannya tersisa 300 cc angkat, saring dan cuekkan. Minumlah air ramuan tersebut beberapa kali.

5. Obat batuk berdarah

 Penyakit batuk penyebab utamanya adalah lantaran basil atau virus yang ikut bersama makanan atau udara. Batuk juga terbagai menjadi beberapa jenis dan salah satunya ialah watu berdarah. Batuk berdarah ini haruslah secepat mungkin diatasi. Tanaman teratai bisa menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi kerikilk berdarah tersebut. Karena tumbuhan teratai ini mempunyai asam nikotinat yang akan menghentikan batuk berdarah tersebut. Caranya : Pertama-tama siapkan 1 rimpang tanaman teratai dan basuh higienis. Rimpang teratai tersebut kemudian dijus dan tambahkan air sebanyak 200 cc. Minumlah jus teratai tersebut selama maksimal 5 hari dengan aturan minum sehari 3 kali minum secara teratur.

6. Mengatasi mimisan

 Mimisan atau hidung mengeluarkan darah mampu diatasi menggunakan ramuan tradisional dari tumbuhan teratai. Teratai ini memiliki zat besi yang cukup tinggi yang akan mengatasi kasus mimisan tersebut. Selain itu zat besi dalam teratai ini akan membentuk sel darah merah yang baru. Caranya : Buatlah jus dari akar teratai. Jus akar teratai tersebut kemudian disaring. Gunakan air jus teratai untuk diteteskan pada hidung sedikit-sedikit. Lakukan beberapa kali secara rutin hingga perkara mimisannya sembuh.

 Tanaman teratai selain mempunyai bentuk dan bunga yang indah ternyata mempunyai manfaat lain bagi kesehatan. Berbagai penyakit ternyata bisa diatasi menggunakan ramuan dari tumbuhan teratai tersebut. Kaprikornus jikalau mengalami kasus kesehatan seolah-olah diatas, cobalah atasi memakai obat tradisional tumbuhan teratai.

 Demikian artikel yang mampu disampaikan mengenai manfaat teratai bagi kesehatan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba. Kunjungi juga artikel ihwal Manfaat Daun Pepaya bagi kesehatan dan Manfaat Buah Pepaya bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar