Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 16, 2018
 Daun sukun (Artocarpus altilis) merupakan bahan alami yang disediakan alam yang mampu dijadikan obat aneka macam penyakit. Banyak sekali kandungan zat yang terdapat dalam daun sukun. Daun sukun bisa dijadikan obat untuk menyehatkan ginjal, mengobati jantung, liver, menurunkan kolesterol.


 Sukun (Artocarpus altilis) merupakan tanaman yang buahnya menyerupai seperti buah melon. Sukun asal mulanya berasal dari daratan pasifik yang dengan seiringnya kemajuan jaman menyebar di seluruh dunia hingga di Indonesia. Nah, kali ini yang aku akan membahas wacana manfaat daun sukun.
 Ternyata, berdasarkan para andal daun sukun banyak mengandung zat yang mampu dimanfaatkan untuk kesehatan dan mengobati banyak sekali penyakit. Kandungan zat tersebut antara lain :
zat asam hidrosianat              asetilcolin
tanin                                       riboflavin
karbohidrat                             vitamin B1
protein                                    lemak
vitamin B2                              vitamin C
kalsium                                  fosfor
zat besi                                  histidine
isoleusin                                lysine
methionin                              tryptophan
hidrosianat                            asetilcolin
tannin                                    riboflavin
valin

 Manfaat daun sukun yaitu :

1. Menyehatkan ginjal

 Ambilah beberapa daun sukun, cuci bersih. Rebuslah daun sukun tersebut dengan air secukupnya dan biarkan masbodoh. Minumlah secara teratur air rebusan daun sukun tersebut.

2. Menurunkan kadar kolesterol

 Rebuslah daun sukun dan minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali.

3. Mengobati penyakit jantung

 Ambilah daun sukun bau tanah yang masih melekat di pohon sukun lalu dijemur sampai benar benar kering. Rebuslah dengan 6 gelas air biarkan hingga tinggal separuhnya. Setelah hambar minumlah secara teratur.

4. Mengobati penyakit liver

 Rebuslah daun sukun yang sudah tua hingga mendidih dan air rebusannya berubah warna. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Perlu diperhatikan selama minum ramuan dari daun sukun hindari makan makanan yang bisa membuat kram otot, daun kangkung, daun bayam, jeroan, dan daun singkong.

 Demikian artikel ihwal Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan. Baca juga artikel ihwal Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan dan Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan. Banyak cara untuk mengobati banyak sekali penyakit dan alam telah menyediaknnya. Selamat mencoba supaya bermanfaat.

Tampilkan Komentar