Manfaat Daun Sambung Nyawa

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 19, 2018
 Daun sambung nyawa memang sudah bukan rahasia umum lagi akan manfaatnya bagi kesehatan. Pemanfaatan daun sambung nyawa bagi kesehatan sudah dilakukan sejak dahulu. Berbagai penyakit bisa diatasi memakai daun sambung nyawa mulai dari penyakit diabetes, radang tenggorokan, hipertensi, kolesterol, ambeien, tetanus, maag, digigit serangga dan berbagai penyakit lainnya.





 Tanaman sambung nyawa merupakan tumbuhan yang asal mulanya dari Afrika. Tanaman ini sangat cocok bila tumbuh di kawasan tropis pada ketinggian 500 meter diatas permukaan maritim sehingga sambung nyawa ini tumbuh subur di Negara kita yang beriklim tropis. Penyebaran sambung nyawa sendiri adalah ke Sri Lanka dan Indonesia khususnya kawasan Jawa dan Sumatra. Tanaman sambung nyawa merupakan tumbuhan liar dan semak. Namun tanaman ini banyak ditanam dipekarangan rumah dengan alasan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.


 Tanaman sambung nyawa merupakan tanaman dari suku asteraceae dan marga gynura. Nama ilmiah dari sambung nyawa yaitu gynura procumbens. Sambung nyawa ialah tanaman perdu dengan tumbuh tegak saat masih muda dan akan merambat saat sudah renta. Batang sambung nyawa beruas-ruas dengan bentuk segi empat dengan warna hijau ditambah bercak ungu. Bentuk daun sambung nyawa yaitu elips atau lingkaran telur terbalik dengan tepi daun berambut halus dan bertoreh. Warna daun sambung nyawa sendiri ialah hijau renta belahan atasnya dan hijau muda dibagian bawahnya.

 Tanaman sambung nyawa dimanfaatkan untuk kesehatan lantaran memiliki banyak sekali senyawa yang baik untuk kesehatan. Zat dalam sambung nyawa tersebut mempunyai kadar cukup tinggi pada setiap zatnya. Zat-zat tersebut antara lain steroid, flavon, triterpenoid, saponi dan minyak atsiri, flavonoid, asam fenoliat dan glokosida. Yang dimanfaatkan dari tumbuhan sambung nyawa bagi kesehatan yaitu belahan daunnya. Bagian daun sambung nyawa ini banyak sekali yang mengonsumsinya sebagai lalapan.

 Berikut manfaat daun sambung nyawa beserta cara penggunaannya bagi kesehatan tubuh

Obat hipertensi

 Sambung nyawa memang sudah terkenal semenjak dahulu sebagai obat tradisional penyakit hipertensi. Hipertensi merupakan suatu penyakit yang memicu penyakit stroke sehingga harus segera diatasi. Daun sambung nyawa mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang akan mengatasi hipertensi tersebut. Caranya : Ambilah daun sambung nyawa yang sudah dicuci higienis sebanyak 7 lembar. Makanlah daun sambung nyawa tersebut setiap hari secara teratur. Jika ingin variasi lain, daun sambung nyawa tersebut juga bisa dibuat jus. Pemanfaatan secara rutin dan teratur akan menurunkan darah tinggi secara maksimal.

Obat kolesterol

 Selain obat untuk hipertensi, mengonsumsi daun sambung nyawa sebagai lalapan juga mampu menjadi obat tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam badan bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Untuk itu konsumsilah daun sambung nyawa tersebut secara teratur seperti penggunaan untuk obat tradisional penyakit hipertensi.

Obat penyakit maag

 Penyakit maag adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena adanya peradangan pada lambung, asam lambung naik. Secara umum penyakit ini diakibatkan lantaran kurang menjaga contoh makan. Jika sudah tahap kronis, penyakit maag ini berbahaya bagi tubuh. Untuk itu kalau mengalami penyakit maag segera atasi dengan obat tradisional daun sambung nyawa. Siapkan daun sambung nyawa yang sudah dicuci bersih sebanyak 4 lembar. Makanlah daun sambung nyawa tersebut sebagai lalapan ketika makan. Namun jangan dipadukan makan daun sambung nyawa tersebut dengan sambal atau makanan yang asam.

Obat tetanus

 Tetanus terjadi akhir luka yang terkena basil atau virus. Bakteri tersebut akan menggerogoti luka tersebut terus menerus. Penyakit tetanus ini tergolong penyakit berbahaya dan ditakuti. Jika mengalami penyakit tetanus coba atasi memakai ramuan tradisional daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa akan membantu menyembuhkan luka akhir tetanus dengan cara membunuh bakterinya. Caranya : Pertama-tama siapkan daun sambung nyawa 5 lembar, kencur 2 jari, 10 lembar daun sembung, 3 jari asam tengguli, ½ jari rimpang bangle, 3 jari gula enau. Rebuslah semua bahan tersebut yang sebelumnya sudah dipotong-potong dengan 4 gelas air. Jika air rebusan ramuan tersebut tersisa setengahnya lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari dengan aturan minum 1 gelas tiap kali minum. Lakukan secara rutin dan teratur biar mendapatkan hasil yang maksimal.

Obat digigit serangga

 Jika mengalami gigitan serangga seakan-akan digigit semut, nyamuk atau serangga lainnya atasilah memakai ramuan daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa ini akan menyembuhkan gigitan serangga. Caranya : Ambilah beberapa lembar daun sambung nyawa kemudian basuh higienis. Daun nyawa tersebut selanjutnya dilumatkan sampai halus dengan cara ditumbuk. Oleskan pada pecahan tubuh yang digigit serangga secara merata. Penggunaan daun sambung nyawa ini diyakini efektif.

Obat diabetes

 Penyakit diabetes sangat beresiko tinggi sehingga perlu diwaspadai. Pola makan untuk penderita diabetes harus ada hukumnya terutama asupan kadar gula. Karena penyakit diabetes merupakan penyakit kadar gula darah tinggi. Penyakit diabetes termasuk kedalam salah satu penyakit yang sulit dalam proses penyembuhannya. Namun meskipun demikian banyak sekali obat tradisional untuk mengatasi diabetes tersebut dan salah satunya yaitu daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa ini akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya : Cuci higienis daun sambung nyawa yang masih segar sebanyak 8 lembar. Setelah dicuci bersih daun sambung nyawa tersebut kemudian dibilas dengan air matang agar terbebas dari basil. Konsumsilah daun sambung nyawa tersebut sebagai lalapan dikala makan. Lakukan secara teratur sehari 2 kali.

Obat radang pita tenggorokan

 Tenggorokan sering mengalami namanya peradangan. Hal itu dikarenakan tenggorokan yaitu susukan pernafasan serta pencernaan. Makara tenggorokan mudah sekali bila terkena radang akibat bakteri dan virus yang terbawa oleh kuliner atau udara. Untuk mengatasi radang pita tenggorokan tersebut jangan pusing untuk mencari obatnya. Gunakan obat tradisional dari daun sambung nyawa untuk mengobati radang pita tenggorokan tersebut. Caranya : Buatlah jus daun sambung nyawa lalu saring. Minum seharai sekali secara rutin. Untuk pengobatan bawah umur daun sambung nyawa yang dijus cukup 4 lembar saja dan bila untuk orang dewasa, daun sambung nyawa yang dijus sebanyak 7 lembar.

 Meskipun mempunyai nama yang abnormal, tanaman sambung nyawa ini menyimpan sejuta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berbagai perkara yang berkaitan dengan perkara kesehatan ternyata bisa diatasi memakai obat tradisional sambung nyawa.

 Demikianlah artikel yang bisa disampaikan mengenai manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan tubuh. Mohon maaf sebelumnya kalau dalam artikel kali ini ada kekurangan serta ada yang belum dituliskan. Silahkan memberi komentar pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah. Semoga bermanfaat artikel kali ini dan jangan lupa kunjungi juga artikel lainnya mengenai Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan dan kecantikan.

Tampilkan Komentar