Manfaat Daun Gendi Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 11, 2018
 Di tempat saya tepatnya di Jawa Barat daun gendi ini tidak popular dan jarang sekali ditemukan bahkan banyak yang tidak tahu apa sih daun gendi tersebut. Namun hal itu berbanding terbalik jikalau kita menanyakan daun gendi pada orang Sulawesi Utara. Di Sulawesi Utara daun gendi ini banyak sekali tumbuh serta dimanfaatkan sebagai sayuran. Sayur daun gendi ini memiliki gambaran rasa yang khas dan sangat yummy. Cara pengolahannya pun banyak variasi sesuai selera.

Manfaat Daun Gendi Bagi Kesehatan

 Daun gendi ialah tumbuhan yang masih keluaraga suku kapas-kapasan (kacang bindi, kapas hantu). Daun gendi ini berjulukan ilmiah abelmoschus manihot L dan ordonya adalah malvales. Daun gendi ini banyak dibudidayaka di daerah Sulawesi selatan sebagai kuliner yaitu dibuat sayur atau lalapan. Selain itu, daun gendi juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan aneka macam kasus yang menganggu kesehatan bisa diatasi menggunakan ramuan dari daun gendi. Hal itu tidak terlepas dari kandungan daun gendi tersebut. Daun gendi mengandung banyak sekali zat serta nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Kandungan daun gendi tersebut antara lain fenol, flavonoid, tannin, zat besi, kalsium, kalium, seng, vitamin A, vitamin C, serat, antioksidan. Daun gendi ini mampu mengatasi penyakit jantung, baik untuk ibu hamil, mengatasi pengeroposan tulang dan masih banyak lagi manfaat dari daun gendi tersebut

  Inilah Manfaat Luar Biasa Daun Gendi Bagi Kesehatan Tubuh

Baik Mencegah Penyakit Jantung

 Para jago kesehatan menyebutkan bahwa sesudah dilakukan penelitian ternyata daun gendi memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Zat flavonoid ini adalah salah satu zat yang akan menurunkan kadar kolesterol jahat serta hipertensi. Kedua masalah tersebut yaitu faktor utama yang menimbulkan terjadinya penyakit jantung. Dengan mengonsumsi daun gendi secara rutin dapat mencegah terkena penyakit jantung. Bisa juga dengan minum air rebusan daun gendi.

Menjadikan Tulang Sehat

 Seseorang yang rutin mengonsumsi daaun gendi lebih kecil resiko terkena osteoporosisi (tulang keropos) dibandingkan dengan yang kurang mengonsumsi daun gendi atau kurang asupan zat besi, kalium. Daun gendi ini mempunyai zat besi yang akan menjaga tulang dengan baik sehingga terhindar dari masalah pengeroposan tulang. Zat besi adalah asupan penting untuk tulang.

Mempercepat Penyembuhan Luka

 Getah pada batang daun gendi juga sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Jika mengalami luka balasan terkena pisau, terjatuh atau lainnya gunakan getah batang daun gendi. Getah dalam batang daun gendi ini mengandung methanol serta petroleum eter yang akan mempercepat penyembuhan luka. Cukup dengan mengoleskan getah batang daun gendi tersebut pada bagian luka secara merata.

Obat Hipertensi

 Daun gendi merupakan salah satu tanaman obat yang sangat baik untuk mengatasi penyakit hipertensi atau darah tinggi. Flavonoid yang terkandung dalam daun gendi akan menurunkan kadar darah yang tinggi secara signifikan. Jadi jika mengalami masalah hipertensi atasilah menggunakan tanaman obat daun gendi. Caranya: Rebuslah daun gendi secukupnya hingga mendidih. Setelah itu saring dan bila sudah masbodoh air rebusan daun gendi tersebut diminum secara rutin dan teratur.

Sumber Protein

 Daun gendi mengandung protein yang tinggi sehingga mampu menjadi salah satu tanaman obat sebagai sumber protein. Kandungan protein dalam daun gendi ini lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam daun bayam. Jadi jika ingin asupan protein yang baik, konsumsilah daun gendi secara rutin.

Kaya Vitamin A Dan Vitamin C

 Selain mampu menjadi sumber protein, daun gendi juga kaya akan vitamin. Berbagai vitamin ada dalam daun gendi. Diantara vitamin-vitamin yang terkandung dalam daun gendi, vitamin A serta vitamin C memiliki jumlah kandungan tinggi. Vitamin A kandungannya 2 kali lipat lebih banyak sedangkan vitamin C kandungannya sama seakan-akan yang terkandung dalam buah pisang.

Baik Untuk Ibu Hamil

 Daun gendi memiliki aneka macam kandungan zat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh badan. Salah satu manfaat yang sangat menonjol dari daun gendi yaitu baik untuk ibu hamil. Jika sedang hamil perbanyaklah mengonsumsi daun gending karena sanggup menjaga proses kehamilan. Berbagai kasus yang mengganggu masalah kehamilan bisa diatasi dengan tanaman obat daun gendi. Cara pemanfaatannya praktis saja cukup minum air rebusan daun gendi tersebut secara rutin.

 Daun gendi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun gendi bagi kesehatan tubuh caranya cukup mudah. Cukup dengan meminum air rebusan daun gendi secara rutin dan teratur akan menerima manfaat daun gendi bagi kesehatan.

 Itulah artikel kali ini mengenai manfaat daun gendi bagi kesehatan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamt mencoba. Taka da salahnya bila mengunjungi artikel kami yang lain menarik yaitu mengenai Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar