Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 20, 2018
 Daun tuhan merupakan famili dari tumbuhan Asteraceae atau Compositae. Daun tuhan mempunyai nama ilmiah Gynura segetum dan mempunyai nama lain ialah samsit. Tanaman ini berasal dari Negara Myanmar dan Cina. Ciri dari tanaman ini mempunyai tinggi 35-45 cm, batang bundar dan berbulu halus, daunya berujung lancip dan berwarna hijau serta berbunga majemuk. Dalan daun yang kuasa terkandung minyak atsiri, tanin, polifenol, sterol, asam kalfeat, saponin, flavonoid, asam vanilat dan asam klorogenat. Manfaat daun ilahi bagi kesehatan mengobati sakit jantung, mengobati kanker, mengobati darah tinggi, mengobati rematik, obat stroke, obat luka bakar, menghilangkan flek hitam pada wajah.

Daun Dewa

 Pada artikel kali ini saya akan membahas perihal manfaat daun tuhan bagi kesehatan. Namun sebelum membahas ihwal manfaat daun tuhan saya akan menjabarkan terlebih dahulu wacana daun tuhan itu sendiri. Karena mungkin sebagian dari kita belum begitu mengenal bahkan tidak mengenal wacana daun yang kuasa.
 Daun yang kuasa merupakan famili dari tumbuhan Asteraceae atau Compositae. Daun ilahi mempunyai nama ilmiah Gynura segetum dan mempunyai nama lain ialah samsit. Tanaman ini berasal dari Negara Myanmar dan Cina.Sejak dahulu oleh sebagian orang memang sudah dimanfaatkan untuk pengobatan secara tradisional. Di Negara asalnya daun dewa sudah dioleh menjadi banyak sekali macam obat. Ciri dari tumbuhan ini memiliki tinggi 35-45 cm, batang lingkaran dan berbulu halus, daunya berujung lancip dan berwarna hijau serta berbunga beragam. Dalan daun dewa terkandung minyak atsiri, tanin, polifenol, sterol, asam kalfeat, saponin, flavonoid, asam vanilat dan asam klorogenat.

 Berikut Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

1. Mengobati Sakit Jantung
 Cuci higienis 15 gram daun yang kuasa yang masih segar. Haluskan daun dewa tersebut serta tambahkan air matang 250 cc. Saring dan minum ramuan tersebut 1 kali sehari pada sore hari secara teratur.

2. Mengobati Demam Berdarah
 Rebuslah 35 gram daun tuhan menggunakan 500 cc air dan biarkan sampai air rebusannya tinggal separuhnya. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari sewaktu masih hangat. Lakukan secara teratur.

3. Mengobati Kanker
 Bahan : Daun ilahi 35 gram
            Jombang 35 gram
            Temu putih 25 gram
 Caranya : Rebuslah semua materi tersebut memakai 500 cc air serta biarkan hingga air 
                 rebusan tersebut tinggal separuhnya. Angkat saring dan biarkan hambar. Minumlah 
                 ramuan tersebut serta lakukan secara teratur.

4. Mengobati Darah Tinggi
 Rebus 7 lembar daun tuhan dengan 4 gelas air. Biarkan hingga air rebusannya tinggal 3/4nya. Minumlah 2 kali sehari sehabis makan. Bisa juga dengan mengonsumsi daun tuhan sebagai lalapan.

5. Mengobati Rematik
 Cuci higienis 35 gram daun dewa kemudian direbus hingga airnya benar benar mendidih. Angkat dan haluskan daun yang kuasa yang sudah direbus tersebut serta peras untuk di ambil airnya. Minumlah air perasan daun ilahi tersebut setiap hari secara teratur.

6. Mengobati Stroke
 Rebuslah 65 gram daun yang kuasa dengan 450 cc air. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari secara teratur selagi masih hangat. "Catatan : Setelah 10-12 hari pengobatan hentikan dahulu kurang lebih selama 3 hari dan setelah itu pengobatan bisa dilakukan kembali seperti semula".

7. Mengobati Kencing Manis
 Siapkan 7 lembar daun ilahi yang masih segar serta basuh bersih. Kemudian seduhlah memakai 100 cc air panas. Setelah hangat minumlah ramuan tersebut dan lakukan secara teratur.

8. Mengobati Flek Hitam Pada Wajah
 Ambilah daun tuhan dari batanngnya kemudian oleskan getah dari daun dewa tersebut secara merata pada pecahan wajah yang ada flek hitamnya

9. Mengobati Jantung Koroner
 Siapkan 35 gram daun dewa yang sudah dicuci higienis. Kemudian daun dewa tersebut direbus dengan 450 cc air serta biarkan hingga air rebusannya tinggal separuhnya. Minumlah 2 kali sehari sewaktu masih hangat. Lakukan secara teratur.

10. Mengobati Luka Bakar
 Haluskan ubi daun dewa sampai halus dan tambahkan gula merah. Oleskan pada belahan badan yang terkena luka bakar kemudian dibalut supaya meresap.

 Banyak sekali Manfaat Daun Dewa bagi kesehatan kita. Jadi tidak ada salahnya jikalau kita menanam daun ilahi tersebut di pekarangan rumah kita. Selain sebagai tanaman hias daun tuhan juga mampu dimanfaatkan bagi kesehatan. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lain perihal Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan.

Tampilkan Komentar