Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 12, 2018
 Selain bawang, ada juga tumbuhan yang sama bawang namun yang dimanfaatkan adalah bagian daunnya yaitu daun bawang. Daun bawang ini merupakan keluarga dari alliaceae dan termasuk kedalam ordo asparagales. Nama ilmiah dari daun bawang sendiri yaitu allium fistulosum.

 Pada umumnya daun bawang sering dimanfaatkan sebagai bumbu kuliner atau pelengkap kuliner. Berbagai masakan akan kurang yummy atau kurang lengkap bila tidak terdapat daun bawang. Masakan yang identik dengan daun bawang salah satunya ialah sop. Sop ini tidak terasa lengkap jika tidak terdapat daun bawang.

https://hidup-sehat.serhamo.net/search?q=manfaat-daun-bawang-bagi-kesehatan

  Selain bermanfaat sebagai bumbu kuliner, daun bawang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun bawang bagi kesehatan tidak terlepas dari adanya banyak sekali kandungan mineral, vitamin serta banyak sekali senyawa lainnya. Manfaat daun bawang bagi kesehatan antara lain menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata, baik untuk kulit, baik untuk ibu hamil, menyehatkan tulang, mengatasi cacingan.

Baik bagi kesehatan jantug

 Mungkin sebagain dari kita tidak akan percaya akan manfaat daun bawang bagi kesehatan jantung. Ahli kesehatan menyebutkan bahwa bila mengonsumsi daun baik secara rutin sanggup menjaga serta menyehatkan jantung. Kenapa mampu?. Mungkin itu yang ada difikiran kita. Daun bawang bisa menyehatkan jantung dikarenakan daun bawang mengandung senyawa yang berjulukan cycloallin. Senyawa ini akan mencegah penggumpalan darah yang mampu menciptakan timbulnya penyakit jantung. Dengan adanya senyawa cycloallin maka darah akan tetap encer dan bisa mengalir secara normal. Selain itu juga senyawa tersebut membantu mencegah terkena resiko penyakit aterosklerosis.

Meningkatkan sistem kekebalan badan

 Antioksidan yang terkandung dalam daun bawang yang terdiri dari senyawa kemferfol serta quercetin sangat tinggi. Zat antioksidan tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan badan. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka tubuh mempunyai pertahanan yang baik untuk menangkal serangan bakteri dan virus yang mengganggu kesehatan. Antioksidan tersebut mampu mencegah penyakit demam, filek, flu. Konsumsilah daun bawang secara rutin baik itu dijadikan sebagai bahan untuk sop atau yang lainnya. Dan sistem kekebalan badan pun akan meningkat.

Obat cacingan

 Daun bawang juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit cacingan. Penyakit cacingan pada umumnya terjadi pada bawah umur lantaran bawah umur sitem kekebalan badannya masih belum stabil. Cara pemanfaatannya yaitu cukup dengan mengonsumsi daun bawang secara teratur. Daun bawang tersebut baiknya dibikin sop alasannya ialah kandungan dalam daun bawang masih utuh tidak hancur.

Mencegah penyakit diabetes

 Terjadinya dehidrasi insulin merupakan salah satu balasan seseorang terkena penyakit diabetes. Hormon insulin ini mempunyai peran penting dalam mencegah timbulnya penyakit diabetes. Agar hormone insulin tidak mengalami kehilangan cairan tubuh konsumsilah daun bawang secara rutin. Daun bawang ini memiliki allium dan alil disulfide (phyto kimia) yang mampu mencegah terjadinya dehidrasi hormone insulin. Selain itu phyto kimia juga akan membantu peningkatan metabolism glukosa dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga dengan baik.

Baik untuk kesehatan mata

 Agar mata tetap terjaga kesehatannya perlu asupan pro vitamin A yang cukup. Asupan vitamin A yang cukup tersebut memelihara mata serta menjaga kesehatan mata dari berbagai perkara. Daun bawang mampu memenuhi asupan bawang tersebut alasannya vitamin A yang terkandung dalam daun bawang cukup tinggi sebanding dengan kandungan dalam buah tomat, wortel maupun apel. Kaprikornus konsumsilah daun bawang secara rutin biar mata tetap terjaga kesehatannya.

Baik bagi wanita hamil

 Wanita hamil perlu banyak sekali asupan nutrisi serta mineral demi perkembangan janin. Salah satu zat yang diharapkan oleh wanita hamil ialah asam folat. Asam folat ini merupakan suatu senyawa yang berfungsi untuk mencerdaskan otak si janin serta mengoptimalkan perkembangan janin tersebut. Daun bawang mengandung asam folat yang cukup tinggi. Oleh lantaran itu perempuan hamil perlu mengonsumsi daun bawang secara rutin agar asupan asam folat dapat tercukupi dengan baik yang bisa mengoptimalkan perkembangan janin yang dikandungnya.

Baik untuk kesehatan kulit

 Manfaat lain dari daun bawang bagi kesehatan yaitu menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan idaman setiap orang baik itu perempuan atau laki-laki. Karena kulit mempunyai fungsi sebagai indera peraba dan sangat menghipnotis penampilan seseorang. Jika seseorang mempunyai kulit yang sehat maka orang tersebut banyak disukai. Untuk menjaga kesehatan kulit tidak perlu repot-repot pergi ke salon atau pergi ke dokter. Cukup dengan mengonsumsi daun bawang secara rutin maka kesehatan kulit mampu terjaga dengan baik. Manfaat daun bawang bagi kesehatan kulit antara lain menciptakan kulit menjadi cerah, mengatasi nanah, mencegah penuaan dini, meremajakan kulit. Daun bawang bisa menjaga kesehatan kulit karena daun bawang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat allicin yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Menyehatkan tulang

 Untuk menerima tulang yang sehat ternyata mampu dengan mengonsumsi daun bawang secara rutin. Daun bawang memiliki kandungan kalsium, vitamin C, vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tulang. Tulang sehat merupakan suatu keharusan lantaran tulang merupakan penompang utama badan. Jika tulang tidak dijaga kesehatannya, bukan mustahil tubuh akan mengalami berbagai perkara.


 Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari daun bawang, cara pemanfaatannya cukup dibikin sop. Daun bawang yang dibikin sop ini memiliki kandungan yang masih utuh dibanding dengan pengolahan lainnya. Kaprikornus untuk menerima manfaat daun bawang bagi kesehatan seolah-olah yang dijelaskan diatas perbanyaklah makan sayur sop yang tentunya ada daun bawangnya.

 Itulah artikel yang mampu disampaikan mengenai manfaat daun bawang bagi kesehatan. Mohon maaf jikalau dalam penulisannya ada yang salah atau masih ada yang belum dituliskan tentang manfaat dari daun bawang tersebut. Dipersilahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang telah tersedia. Kunjungi juga artikel wacana Manfaat Daun Sirih bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar