Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 13, 2018
 Salah satu tanaman yang dibudidayakan di Negara kita lantaran mempunyai nilai jual yang cukup tinggi adalah tumbuhan coklat. Tanaman coklat ini banyak sekali dibudidayakan dengan lahan yang luas seperti halnya perkebunan the atau karet. Tanaman coklat ini merupakan tumbuhan asal amerika selatan. Namun karena perkembangan zaman serta mempunyai nilai jual yang cukup tinggi maka menyebar hingga ke Negara kita. Yang dimanfaatkan dari tanaman coklat ini adalah belahan biji buahnya. Biji buah coklat tersebut yang sering dimakan dengan rasa nikmat yang dinamakan dengan coklat.


 Tanaman coklat mempunyai batang yang tingginya antara 2-7 meter tergantung umur dan kondisinya daerah tumbuhnya tumbuhan coklat tersebut. Tanaman coklat ini juga mempunyai cabang banyak dengan warna kulitnya agk coklat dan garang sama seakan-akan warna batangnya. Daun coklat mempunyai bentuk lingkaran memanjang dengan uung runcing serta pangkal daunnya agak lonjong. Warna daun tersebut yaitu hijau. Buah coklat memiliki warna hijau dikala muda dan kuning dikala sudah matang. Bentuk buah coklat ialah lonjong memanjang dengan ujung runcing serta kulit buah tersebut memiliki alur dangkal berselang seling. Dalam buah tersebut terdapat biji yang diselimuti oleh daging yang lunak serta cantik dan warnanya putih. Nah bagian bijinya tersebut warnanya ungu.

Berikut pembagian terstruktur mengenai tumbuhan coklat

Divisi : spermatophyte
Subdivisi : angiospermae
Ordo : malvales
Keluarga : sterculiaceae
Spesies : theobroma cacao L.

 Coklat selain sebagai makanan yang nikmat ternyata coklat juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Coklat ini memiliki senyawa-senyawa yang diperlukan tubuh demi terjaganya kesehatan. Senyawa tersebut ialah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin D, vitamin E, magnesium, tembaga, zat besi, zing, lemak, methyl-xanthine, kafein, phenylethylalanine, theobromine, Antioksidan. Coklat ini mempunyai manfaat bagi kesehatan yaitu mampu mengatasi beberapa perkara yang bersahabat kaitannya dengan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh

1. Mengurangi Penyakit Batuk

 Mengonsumsi coklat dikala mengalami batuk ternyata mampu membantu mengurangi penyakit batuk tersebut. Coklat mempunyai senyawa yang dinamakan theoromine yaitu suatu senyawa yang mempunyai fungsi untuk menghipnotis saraf vagus serta ujung saraf sensorik sehingga sanggup menurunkan penyakit batuk.

2. Mencegah diabetes

 Mengonsumsi coklat ternyata bisa mencegah seseorang terkena diabetes. Kenapa mampu coklat kan mempunyai rasa manis yang kuat?. Jawabanya ialah coklat mampu membantu meningkatkan pengolahan gula darah dalam konsumsi sedang dan juga coklat tersebut yaitu coklat hitam.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

 Gemar mengonsumsi coklat juga bagi bagi kesehatan badan yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat kalau mempunyai kadar yang tinggi sangatlah beresiko karena kolesterol yaitu faktor timbulnya serangan jantung. Senyawa flavonoid dalam coklat kadarnya cukup tinggi sehingga senyawa tersebut mampu menjadi antioksidan yang akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

 Coklat juga kalau dikonsumsi secara baik bisa menjadi salah satu asupan yang baik dalam mencegah penyakit kanker. Senyawa dalam coklat akan membantu melindungi tubuh dari serangan kanker juga membantu mengurangi sel yang rusak. Meskipun coklat mampu membantu untuk mencegah penyakit kanker namun coklat tidak mampu dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit kanker.

5. Mengobati hipertensi (darah tinggi)

 Antioksidan dalam coklat yaitu berupa senyawa flavonoid juga mampu mengobati penyakit hipertensi. Senyawa flavonoid ini akan menyeimbangkan hormone badan serta memiliki sifat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk anda yang mempunyai kasus hipertensi konsumsilah coklat secara teratur dengan kadar yang baik.

6. Mencegah penyakit stroke

 Mengonsumsi coklat secara teratur juga memiliki manfaat untuk mencegah terkena penyakit stroke. Senyawa epicatecin dalam coklat akan menjaga kesehatan akhir kerusakan penyakit stroke.

7. Mengembalikan stamina

 Jika mengalami kekelahan sesudah seharian bekerja atau setelah berolahraga cobalah mengonsumsi coklat. Asupan coklat akan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Penelitian menyampaikan asupan coklat lebih baik untuk mengembalikan stamina tubuh kalau dibandingkan dengan minum air soda atau kopi.

8. Mencegah penyakit hati

 Antioksidan dalam coklat juga mampu menjadi benteng yang baik untuk menjaga kesehatan hati. Antioksidan dalam coklat ini akan menangkal serangan terhadap hati. Selain itu antioksidan dalam coklat juga akan mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh hati serta mengurangi tenganan darah dalam hati.

9. Mengatasi stres

 Mengonsumsi coklat saat sedang stress merupakan hal yang baik. Sebab coklat ini membantu untuk mengurangi stress yang terjadi. Coklat bisa mengatasi masalah stress dikarenakan dalam coklat terkandung senyawa serotonin yang mempunyai fungsi sebagai anti defresi alami.

10. Mencegah penuaan dini

 Coklat juga bisa membantu menghambat terjadinya penuaan dini. Coklat memang mempunyai antioksidan yang cukup tinggi dan antioksidan tersebut yang sanggup menjadi benteng dalam mencegah proses penuaan dini. Jadi bila ingin tetap abadi muda tidak ada salahnya mengonsumsi coklat. Namun perlu diketahui dalam mengonsumsinya harus seimbang jangan berlebihan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan badan, coklat juga mempunyai manfaat yang tidak kalah baiknya untuk kecantikan. Berikut manfaat coklat bagi kecantikan beserta cara penggunaannya

1. Mencerahkan kulit

 Manfaat yang pertama darai coklat untuk kecantikan yaitu mencerahkan kulit. Senyawa dalam coklat akan membantu menjadikan kulit cerah serta mencegah kulit menjadi kusam. Caranya : Siapkan coklat yang sudah dilumerkan secukupnya kemudian campurkan madu, susu serta oatmeal secukupnya sambil diaduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada potongan wajah serta leher secara merata. Setelah 20 menit cuci bersih dengan air cuek. Lakukan secara teratur agar menerima hasil yang maksimal.

2. Sebagai anti aging

 Coklat juga mempunyai manfaat bagi kecantikan yaitu sebagai anti aging. Senyawa flavonoid dalam coklat akan mengencangkan kulit dan membuat kulit lebih segar. Coklat yang sudah dilelehkan dicampur dengan susu cair secukupnya lalu diaduk hingga keduanya tercampur. Oleskan ramuan tersebut pada kulit secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 30 menit dan kemudian dicuci higienis. Untuk menerima hasil yang maksimal lakukan cara tersebut seminggu 2 sampai 3 kali.

 Ternyata coklat yang sering dijadikan sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah lainnya yang umumnya diberikan kepada pasangan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan mampu diatasi dengan coklat. Untuk kasus kesehatan cara pemanfaatnnya sangat praktis yaitu cukup dengan mengonsumsi coklat tersebut. Sedangkan untuk kecantikan dibentuk terlebih dahulu ramuan sebelum menggunakannya.

 Semoga artikel manfaat coklat ini menyampaikan isu yang bermanfaat serta memberikan sesuatu yang gres. Tidak ada salahnya jika mengunjungi artikel tentang manfaat daun bayam bagi kesehatan yang sama bermanfaat.

Tampilkan Komentar