Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 06, 2018
 Buah Pinang Bermanfaat Bagi Kesehatan Sebagai Obat Cacing, Mengobati Telinga Bernanah.



 Pada momen momen tertentu atau hari kebesaran sering diselenggarakan berbagai hiburan salah satunya panjat pinang. Panjat pinang ini sering diadakan lantaran keseruan dan keunikannya. Tentu yang namanya panjat pinang bahan yang digunakan yaitu pohon pinang. Pertanyaan saya kemanakan buah pinangnya?. Mungkin sebagian orang menganggap buah pinang tidak bermanfaat terutama bagi kesehatan. Padahal buah pinang ini mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan lantaran unsur unsur yang terkandung didalamnya.

 Buah pinang ( betel palm) merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Afrika, Asia, Pasifik. Pohonnya menjulang tinggi dan daunnya hampir ibarat dengan daun palem. Di Indonesia sendiri sejak zaman dahulu, buah pinang sering dijadikan sebagai suplemen dalam suatu  upacara etika.

 Di balik itu semua, buah pinang ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Banyak sekali kandungan zat yang terdapat dalam buah pinang antara lain :
1. Arecaidine
2. Zat warna phlobapheen
3. Guracine
4. Guvacoline
5. Senyawa alkaloid
6. Senyawa Choline
7. Tannin,
8. Arecoline

 Berikut manfaat buah pinang bagi kesehatan :

1. Mengobati pendengaran bernanah
2. Menghilangkan kudis
3. Obat cacing
4. Penguat gusi
5. Menghentikan mimisan
6. Mengobati sariawan
7. Obat disentri
8. Mengobati batu ginjal
9. Menyembuhkan nanah
10. Mencegah rabun mata

 Demikianlah artikel ihwal Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan. Baca juga artikel wacana Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan. Pengobatan tradisional sangat simpel dan khasiatnyapun tidak kalah dengan pengobatan modern. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan berguna. Selamat mencoba.

Tampilkan Komentar