Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 08, 2018
 Daun katuk merupakan tumbuhan yang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran. Namun, daun katuk tersebut bisa dimanfaatkan bagi kesehatan. Daun katuk mampu digunakan untuk memperlancar ASI, mengobati bisul, Menyembuhkan demam dan lain lain.

Daun Katuk

 Daun katuk atau Sauropus androgynus banyak dimanfaatkan oleh kita sebagai sayuran. Tanaman ini tumbuh subur di Indonesia di ketinggian 0-2100 m di atas permukaan maritim. Pemamnfaatan daun katuk oleh sebagian orang hanya untuk memperbanyak ASI pada saat menyusui. Namun, dalam daun katuk terkandung banyak zat yang bermanfaat bukan hanya sebagai memperlancar ASI saja. Banyak sekali zat yang terkandung dalam daun katuk antara lain :

Protein
Lemak
Kalsium
Fosfor
Besi
Vitamin A
Vitamin B
Vitamin C
Energi

 Khasiat daun katuk antara lain :

1. Pelancar ASI
2. Mengobati infeksi
3. Menurunkan demam
4. Obat darah kotor

 Mengobati nanah atau borok

Ambilah segenggam daun katuk lalu basuh bersih dan tumbuk halus. Tempelkan ramuan tadi pada potongan bengkak sampai rata.

 Perhatian: Jangan terlalu banayak mengonsumsi daun katuk secara berlebihan dan usahakan dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Efek samping dari mengonsumsi daun katuk yaitu terjadinya konstriksi bronkiolitis yang permanen. Lebih baik konsultasi dahulu sebelum memanfaatkan daun katuk ke hebat kesehatan.

 Demikian Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan. Jika kita tahu cara dan manfaat dari tumbuhan maka kita tidak perlu repot repot ke dokter atau mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Semoga apa yang aku tulis bermanfaat dan ada karenanya. Baca juga artikel ihwal 1001 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan dan Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar