Apakah Sinusitis Itu?

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 05, 2018
 Sinusitis adalah terjadinya peradangan atau pembengkakan pada dinding yang melapisi sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang berada di belakang tulang dahi dan pipi yang berisi udara. Sinus memiliki fungsi sebagai pembuka lubang hidung serta mampu membantu mengendalikan kelembaban udara dan suhu yang akan masuk ke paru paru. Namun bila sinus tersumbat dan berisi cairan dan bakteri akan terjadi abses pada sinus sehingga timbulah penyakit sinusitis.

Penyakit Sinusitis

 Hati hati kalau kita mengalami pilek yang berkepanjangan. Sebab pilek yang berkepanjangan memungkinkan kita terkena penyakit sinusitis. Menurut para ahli ciri yang simpel dikenali jikalau seseorang terkena penyakit sinusitis yaitu mengalami pilek yang berlangsung usang. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan penyakit sinusitis?. Mungkin sebagian dari kita kurang paham dengan penyakit sinusitis. Penyakit ini memang tidak seolah-olah penyakit jantung, batuk atau yang lainnya yang semua orang sudah tahu. Sinusitis ialah terjadinya peradangan atau pembengkakan pada dinding yang melapisi sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang berada di belakang tulang dahi dan pipi yang berisi udara. Sinus memiliki fungsi sebagai pembuka lubang hidung serta dapat membantu mengendalikan kelembaban udara dan suhu yang akan masuk ke paru paru. Namun bila sinus tersumbat dan berisi cairan dan kuman akan terjadi nanah pada sinus sehingga timbulah penyakit sinusitis. Penyakit sinusitis ini menyerang insan dari semua umur yaitu mulai dari anak anak hingga orang bau tanah. Kebanyakan orang yang rentan terkena sinusistis antara lain perokok, perenang, penderita alergi, penderita pilek yang berkepanjangan serta yang tinggal di tempat udara yang kering. Sinus pada manusia ada 4 pasang yaitu di belakang dahi, di belakang mata, di belakang tulang pipi serta di kedua sisi batang hidung. Penyakit sinusitis ini terbagi menjadi 2 belahan yaitu berdasarkan penyebabnya dan berdasarkan klinis.

 1. Sinusitis berdasarkan penyebabnya

- Disebabkan oleh kelainan gigi (Dentogenik) menyebabkan terjadinya sinusitis nanah pada gigi
 geraham belahan atas.
- Kelainan pada hidung (Rhinogenik) yaitu yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan
 pada hidung yang mampu berakibat sinusitis. Kelainan pada hidung tersebut mampu berupa alergi  
 pada lapisan hidung, filek, flu, polip atau pergeseran di rongga hidung.

 2. Sinusitis berdasarkan klinis

- Sinus Kronis biasanya ditandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung sekitar 8
 minggu  bahkan lebih
- Sinus berulang yaitu suatu peradangan yang terjadi beberapa kali yang bisa berlangsung
 dalam jangka waktu setahun.
- Sinus akut merupakan suatu keadaan yang muncul secara datang tiba yang tidak sembuh selama
10 hari sampai 2 ahad. Misalnya gejala filek, hidung tersumbat, batuk, nyeri wajah, flu.
- Sinus subakut Peradangannya terjadi antara 4 sampai 8 minggu.

 Seseorang mampu dikatakan terkena penyakit sinusitis mampu kita lihat dari ciri cirinya. Ciri umum dari penyakit sinusitis adalah pilek yang berkepanjangan. Jika kita mengalami pilek yang tak kunjung sembuh segeralah periksa ke dokter karena kemungkinan besar kita bisa terkena penyakit sinusitis.

 Gejala yang ditimbulkan dari sinusitis

- Sakit kepala
- Hidung tersumbat
- Batuk yang memburuk pada malam hari
- Mengalami demam
- Bau nafas
- Indera penciuman menjadi berkurang
- Sakit atau adanya tekanan di sekitar hidung, pipi, dahi serta antara mata
- Hidung meler dengan warna hijau yang sangat pekat

 Penyebab sinusitis

- Terjadi radang pada rongga hidung
- Hidung tersumbat akibat jerawat virus ketika badan kurang sehat
- Alergi
- Terjadi peradangan di sekitar daerah sinus misalnya radang tenggorokan, radang gigi
 geraham serpihan atas, radang amandel
- Terserang bakteri Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae

 Penyakit sinusitis kalau dibiarkan dan tidak ditangani secara serius mampu berefek munculnya penyakit lain. Jika sudah terjadi komplikasi akut pada sinusitis ini mampu memicu kambuhnya penyakit asma, penglihatan menjadi berkurang, munculnya nanah indera pendengaran dan bila sudah menyebar ke dinding otak bisa mengakibatkan meningitis. Jika sudah demikian bisa dikategorikan sinusitis adalah suatu penyakit yang mampu berakibat sangat jelek. Lalu, adakah cara penanganan terhadap penyakit sinusitis ini?. Jika menyinggung penanganan sinusitis, di bawah ini aku akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan untuk menangani penyakit sinusitis.

 Beberapa penanganan terhadap penyakit sinusitis

- Berhenti merokok
- Pemberian antibiotik
- Kompres disekitar wajah yang nyeri menggunakan air hangat
- Perbanyak mengonsumsi vitamin C
- Tinggal di tempat yang udaranya higienis
- Mengonsumsi kuliner pedas
- Istirahat yang cukup
- Mandi dengan air hangat
- Hidung diusahakan selalu dalam kondisi lembab

 Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan tentang Penyakit Sinusitis. Kunjungi juga artikel yang tidak kalah menariknya yaitu wacana Pengertian : HIV AIDS dan Gagal Ginjal. Sehat itu mahal harganya, jadi jagalah badan kita supaya tetap sehat. Jika kita sehat segala sesuatu terasa indah. Semoga artikel yang saya sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan.

Tampilkan Komentar