Apa Saja Manfaat Rumput Teki?

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 29, 2018
 Waktu aku masih kecil suka sekali memelihara jangkrik. Jangkrik tersebut dibuatkan sangkar dari bamboo serta dikasih makan. Makanan yang dikasih yaitu rumput teki. Rumput teki ini disukai lantaran mempunyai rasa cantik. Berkaitan dengan kisah diatas, artikel kali ini juga akan membahas perihal manfaat rumput teki. Yang dibahas yaitu manfaat rumput teki bagi kesehatan. Biar lebih jelas simaklah penejalasan di bawah ini.

Rumput Teki

 Rumput teki banyak tumbuh di ladang, semak-semak atau tempat lainnya hingga di pekarangan rumah. Rumput teki ini identik dengan tumbuhan gulma yaitu tumbuhan yang tidak bermanfaat dan dianggap sebagai tumbuhan liar biasa. Padahal rumput teki bermanfaat bagi kesehatan untuk menjadi obat tradisional banyak sekali penyakit. Rumput teki mampu bermanfaat bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan dalam rumput teki. Kandungan dalam rumput teki yaitu siperon, alkaloid, siperol, sineol, rotunal, flanoid, pennon, siperenon.

 Rumput teki adalah tanaman dari famili cyperaceae dan ordo cyperales. Nama ilmiah dari rumput teki ini adalah cyperus rotundus. Rumput teki ialah tumbuhan liar yang hidup sepanjang tahun serta memiliki tinggi rata-rata 10 cm. Rumput teki banyak tumbuh subur didaerah dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Rumput teki mempunyai daun dengan ciri berwarna hijau mengkilat, berbentuk seperti pita memanjang serta ujung daun agak runcing. Daun rumput teki ini biasanya dalam satu tanaman terdapat hingga 10 helai daun yang berhadapan. Rumput teki juga memiliki buah dengan ciri mempunyai bentuk kerucut dengan ukuran panjang 1 ½ centimeter dengan diameter 10 milimeter. Buah rumput teki ini berwarna coklat. Bunga rumput teki berwarna hijau agak coklat dan berada di ujung tangkai tiga tunas. Rumpu teki ini mempunyai umbi tempat menyimpan cadangan kuliner dengan warna kecoklatan dan mempunyai rasa pahit.

 Inilah beberapa manfaat rumput teki bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

1. Obat gangguan susukan pencernaan

 Salah satu manfaat rumput teki yang popular yaitu sebagai obat tradisional mengatasi gangguan pada jalan masuk pencernaan. Salah satu yang bisa diobati dengan rumput teki adalah masalah sambelit. Rumput teki ini mempunyai kandungan yang akan membunuh bakteri penyebab penyakit sambelit. Pemanfaatan rumput teki untuk sambelit ini diyakini mujarab. Caranya : Ambilah beberapa tanaman teki lalu dicuci higienis. Tahap selanjutnya yaitu dengan merebus rumput teki tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, saring dan jika sudah acuh taacuh diminum secara rutin dan teratur sampai sambelitnya sembuh.

2. Penurun demam

 Lemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang mampu menimbulkan simpelnya terkena berbagai penyakit. Bakteri dan virus akan simpel menyerang tubuh seperti timbulnya penyakit demam. Penyakit demam ini menciptakan sipenderita males beraktivitas serta tubuh terasa panas dan masbodoh. Cobalah atasi penyakit demam dengan ramuan dari rumput teki. Selain praktis penggunaannya, rumput teki ini juga tidak memberi efek samping yang berarti. Caranya : Cuci higienis beberapa rumput teki hingga benar-benar bersih. Rumput teki tersebut selanjutnya ditumbuk sampai halus. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kompres pada dahi penurun panas balasan demam.

3. Melancarkan buang air kecil

 Jika mengalami masalah susah buang air kecil baik itu tidak lancer atau sakit atasilah dengan ramuan rumpu teki. Rumput teki ini akan melancarkan buang air kecil secara maksimal. Caranya : Ambilah beberapa umbi rumput teki serta akar alang-alang dan daun pegagan secukupnya dan cuci bersih. Semua bahan tersebut selanjutnya direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, saring dan minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur.

4. Mengobati keputihan

 Penyakit ini ialah penyakit yang terjadi pada kaum wanita. Penyakit ini memberikan imbas yang tidak nyaman bagi penderitanya. Untuk itu cobalah atasi penyakit tersebut dengan ramuan dari rumput teki. Caranya : Siapkan umbi rumput teki secukupnya kemudian basuh terlebih dahulu. Rebuslah umbi rumput teki tersebut dengan air secukupnya hingga benar-benar mendidih. Saring dan setelah acuh taacuh diminum secara rutin dan teratur sampai penyakit keputihan sembuh secara maksimal.

5. Mengobati luka

 Rumput teki juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk luka. Jika mengalami luka sobek mengeluarkan darah baik itu karena terjatuh atau tersayat cobalah atasi menggunakan ramuan dari rumput teki. Rumput teki ini akan meredakan sakit akibat luka tersebut serta membantu dalam proses pengeringan lukanya. Caranya : Cuci higienis beberapa rumput teki hingga benar-benar bersih. Tumbuklah rumput teki tersebut hingga hancur namun jangan terlalu halus. Balurkan pada cuilan tubuh yang terdapat luka secara merata. Ulangi hingga lukanya mengering.

6. Baik bagi kesehatan wajah

 Rumput teki memiliki manfaat sebagai tanaman obat yang baik untuk wajah. Berbagai kasus yang berkaitan dengan wajah bisa diatasi memakai ramuan dari rumpu teki diantaranya mencerahkan wajah, mengatasi bisul, mencegah keriput wajah. Caranya : Buatlah masker dari rumput teki serta gunakan masker rumpu teki tersebut secara teratur sehingga menerima apa yang diinginkan.

 Semoga setelah menyimak artikel ini tidak akan menganggap rumput teki hanya sebagai tanaman gulma yang tidak ada manfaatnya. Selain itu juga cobalah ramuan rumput teki untuk dijadikan obat tradisional bila mengalami salah satu perkara kesehatan seakan-akan yang telah dijelaskan diatas. Kunjungi juga artikel ihwal Manfaat Buah Manggis bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar