Apa Itu Gagal Ginjal?

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 04, 2018
 Gagal ginjal (Insufisiensi ginjal) adalah suatu keadaan dimana fungsi ginjal terganggu sehingga mengalami penurunan yang berakibat fungsi ginjal tidak sanggup bekerja secara normal dan seimbang. Penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain terjadinya penyumbatan pada terusan kemih, karena menderita penyakit diabetes militus, balasan darah tinggi, menderita kanker, ginjal mengalami kelainan yaitu terjadinya perkembangan banyak kista, timbulnya kelainan autoimun, terjadi kerusakan sel penyaring pada ginjal, mengidap penyakit TBC, muntaber yang berkepanjangan, malaria, hepatitis, obat obatan, amiloidosis. Ciri ciri penderita penyakit ginjal sulit berkonsentrasi, sakit kepala, terjadi rasa gatal yang sangat berlebihan, sesak nafas, tubuh terasa dingin, sakit di sekitar pinggang, terjadinya perubahan warna pada urin.

Gagal Ginjal

 Ginjal merupakan serpihan dari sistem urine yang fungsinya sebagai filter atau alat saring kotoran dari darah kemudian membuangnya bersama air yang sering kita sebut urin. Ginjal pada manusia yang normal jumlahnya sepasang yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang di bawah limpa dan hati . Ginjal ini adalah salah satu organ vital bagi insan sehingga jika terganggu bisa berakibat seurius. Salah satu gangguan yang sering dialami ginjal ialah gagal ginjal. Gagal ginjal ini sering dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia. Pada artikel kali ini akan dibahas perihal gagal ginjal.

 Gagal ginjal (Insufisiensi ginjal) ialah suatu keadaan dimana fungsi ginjal terganggu sehingga mengalami penurunan yang berakibat fungsi ginjal tidak mampu bekerja secara normal dan seimbang. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan ginjal tidak lagi mampu menyaring zat zat kimia secara tepat. Zat kimia tersebut antara lain sodium dan kalium yang berasal dari darah. Gagal ginjal terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan menjurus ke keadaan yang makin buruk sampai ginjal tidak lagi bisa berfungsi. Gagal ginjal terjadi lantaran beberapa faktor dan kebanyakan terjadi akibat dari penyakit yang seurius. Menurut ilmu kedokteran gagal ginjal ini terbagi menjadi 2 serpihan yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

1. Gagal Ginjal Akut

 Gagal ginjal akut ini terjadi secara datang datang. Hal ini diakibatkan karena penyebab gagal ginjal akut ini biasanya akibat nanah, racun nefrotoksik, operasi besar, obat, luka syok dan sebagainya. Gagal ginjal akut ialah suatu kondisi dimana fungsi ginjal secara mendadak tidak sanggup mempertahankan homestasis tubuh biasanya ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar kreatinin dan kadar ureum. Ciri ciri gagal ginjal akut antara lain badan lemah, pucat, sakit kepala, terjadi sesak nafas, edema, urin kurang, demam, mata abuh, pinggang terasa sakit, kencing darah, kelainan pada urine.

2. Gagal Ginjal Kronik

 Yaitu suatu keadaan dimana menurunnya fungsi ginjal yang berakibat kadar kreatinin serum lebih dari 2 kali kadar biasanya yaitu jangka waktunya sekitar 3 bulan. Ciri dari penderita gagal ginjal kronik antara lain tubuh lemas, mual, muntah, kurang nafsu makan, abuh, urine kurang, sesak nafas, pucat, kelainan pada urine, creatinine darah naik, protein selalu faktual dalam kadar urin, Hb menurun.

 Secara umum penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain :

1. Terjadinya penyumbatan pada terusan kemih
2. Karena menderita penyakit diabetes militus
3. Akibat darah tinggi
4. Menderita kanker
5. Ginjal mengalami kelainan yaitu terjadinya perkembangan banyak kista
6. Timbulnya kelainan autoimun
7. Terjadi kerusakan sel penyaring pada ginjal
8. Mengidap penyakit TBC
9. Muntaber yang berkepanjangan
10. Malaria
11. Hepatitis
12. Obat obatan
13. Amiloidosis

 Ciri ciri penderita penyakit ginjal

1. Sulit berkonsentrasi
2. Sakit kepala
3. Terjadi rasa gatal yang sangat berlebihan
4. Sesak nafas
5. Badan terasa hambar
6. Sakit di sekitar pinggang
7. Terjadinya perubahan warna pada urin

 Secara umum Ciri gagal ginjal adalah terjadinya perubahan dari warna urin. Warna urin akan berubah dengan tidak biasanya. Ciri ciri diatas ialah ciri secara garis besar dari gagal ginjal. Gagal ginjal disebut salah satu penyakit yang berbahaya. Maka dari itu waspada dan jagalah ginjal kita semoga terhindar dari gagal ginjal. Karena jika salah satu atau ke-2 ginjal sudah tidak berfungsi secara normal akan berakibat fatal. Jika terkena gagal ginjal kronik maka tidak ada jalan selain operasi atau mengganti ginjal tersebut. Demikian artikel yang bisa aku informasikan perihal Gagal ginjal. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat. Kunjungi juga artikel tentang Pengertian : HIV AIDS dan Sakit Gigi Dan Cara Mengatasinya.

Tampilkan Komentar