10 Cara Alami Mengobati Sariawan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 30, 2018
 Sariawan (Stomatitis) merupakan suatu peradangan / pembengkaan yang terjadi disekitar daerah lidah atau mulut dan rasanya sangat perih. Jika kita mengalami kasus dengan sariawan maka segala kuliner atau minuman yang kita konsumsi rasanya tidak yummy meskipun itu favorit kita. Sariawan terjadi lantaran banyak faktor baik itu dari asupan kuliner, kebersihan mulut ataupun dari pasta gigi yang kita pakai tidak cocok.

Sariawan

 Dulu aku sering sekali mengalami sariawan. Rasanya itu tidak yummy dan sangat perih sekali apalagi jika memakan makanan yang pedas. Makan makanan kesukaan saya pun rasanya tidak lezat. Apakah anda juga pernah mengalaminya?. Bagaimana rasanya?. Mungkin anda juga sependapat dengan aku bahwa sariawan itu tidak yummy dan sangat mengganggu sekali terhadap kita. Sariawan bukan penyakit berbahaya namun kalau mengalami sariawan rasa yang ditimbulkan sangat sangat mengganggu sekali bahkan jikalau kita tidak berpengaruh menahan rasa perihnya kita bisa mengeluarkan air mata.

 Sariawan atau dikenal dengan nama Stomatitis merupakan suatu peradangan / pembengkaan yang terjadi sekitar kawasan lidah atau mulut. Sariawan bisa dikatagorikan sebagai penyakit biasa namun dampaknya sangat luar biasa lantaran sariawan biasanya menyerang kepingan ekspresi dan lidah kita. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sariawan antara lain faktor makanan, kurangnya perawatan lisan ataupun pemakaian pasta gigi yang tidak cocok.

 Faktor Penyebab Sariawan

1. Kurang menjaga kebersihan lisan
2. Pasta gigi yang dipakai tidak cocok
3. Makan kuliner yang terlalu pedas maupun asam
4. Menurunnya daya tahan tubuh
5. Bakteri dimulut
6. Kuranya aneka macam nutrisi (vitamin B12, vitamin C dan zat besi)
7. Merokok


 Jika tidak segera diatasi sariawan ini mampu bertambah dan imbas yang ditimbulkannya pun semakin mengganggu. Menurut penelitian bila kita mengalami sariawan lebih dari 14 hari serta terjadi di tempat yang sama itu mampu saja radang lisan. Cara mengatasi sariawan ini bekerjsama cukup simpel, yaitu bisa dengan obat kumur ataupun obat lainnya yang telah dianjurkan dokter. Namun mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan cara alami yang kita sendiri bisa melakukannya di rumah.

 Berikut Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami

1. Air Kelapa
 Air kelapa diyakini sanggup mengobati aneka macam penyakit dan menetralkan racun dalam badan kita. Berkumurlah dengan air kelapa selama beberapa menit dan lakukan secara teratur. Jika ada lebih baik menggunakan air kelapa hijau.

2. Tomat
 Tomat bisa digunakan sebagai obat alami mengatasi sariawan karena dalam tomat banyak terkandung vitamin C.

3. Jambu Air
 Siapkan 15 gram kulit batang jambu air yang masih muda dan basuh higienis. Kemudian tumbuk halus dan seduh dengan 200 cc air hangat. Saring dan berkumurlah menggunakan ramuan tersebut.

4. Pepaya
 Siapkan pepaya yang sudah matang. Kemudian dipotong sebesar 3 jari. Oleskan pepaya tersebut pada mulut yang terkena sariawan secara merata.

5. Bawang Merah
 Bawang merah juga mampu dijadikan obat alami mengatasi sariawan. Caranya sama dengan buah pepaya.

6. Kopi Bubuk
 Ambil kopi yang sudah bubuk secukupnya. Oleskan kopi debu tersebut pada sariawan dan biarkan beberapa menit. Kemudian berkumurlah dengan air higienis. Lakukan cara tersebut beberapa kali secara teratur.

7. Baking Soda
 Buatlah pasta dari baking soda. Caranya campurkan baking soda dengan garam lalu tambahkan air sehingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada sariawan dan biarkan selama 15 menit. Berkumurlah dengan air higienis.

8. Daun Kemangi
 Ambilah beberapa lembar daun kemangi yang masih segar dan cuci higienis. Setelah itu kunyahlah daun kemangi tersebut dan air.

9. Kunyit
 Buatlah pasta dari kunyit yang dicampur dengan 1 sendok gliserin. Oleskan pasta tersebut pada cuilan mulut yang terkena sariawan. Biarkan beberapa menit kemudian berkumurlah menggunakan air bersih.

10. Yogurt
 Yogurt mampu menyeimbangkan kuman dalam lisan kita. Minum yogurt diyakini sanggup mempercepat penyembuhan sariawan.

 Sariawan yang dialami merupakan akhir dari kebiasaan kita yang kurang baik. Makara, rubahlah kebiasaan kita semoga terhindar dari sariawan. Karena menurut saya langsung yang pernah mengalami masalah dengan sariawan bahwa sariawan itu membuat kita tidak nyaman dan membuat nafsu makan kita hilang. Itulah artikel yang mampu aku sampaikan ihwal Cara Mengibati Sariawan secara alami. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Lirik juga artikel lainnya perihal Cara Jitu Mengatasi Ketombe dan 1001 Cara Mengatasi Bau Mulut.

Tampilkan Komentar