Manfaat Kembang Torong Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 21, 2017
Manfaat kembang torong bukan hanya sebagai penghias taman saja. Lebih dari itu, bunga hias ini mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang cukup menakjubkan. Di balik keindahan tanaman terna ini, terdapat nutrisi penting yang pengaruhtif untuk mengobati sejumlah penyakit tertentu.

Manfaat Kembang Torong Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan
Nama latin untuk kembang torong yaitu Hippeastrum equestre, belladonna Auct, Amaryllis equestris, atau Hippeastrum puniceum. Tanaman ini tergolong ke dalam keluarga Amaryllidaceae. Kaprikornus, maklum saja kalau warna bunga ini sangat elok dan indah.

Mungkin bagi pecinta bunga hias, kembang torong bukanlah sebuah tanaman yang ajaib. Bahkan mungkin saja mereka telah memiliki bunga ini di pot-pot yang indah. Namun, bagi kita yang masih awam dalam dunia bunga-bungaan, tentu saja mengernyitkan kening ketika mendengar namanya.

Ciri-ciri kembang torong

Baiklah, untuk mengenali bunga torong lebih dekat maka anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri bunga ini. Tumbuhan semak ini memiliki batang yang lunak dan membentuk umbi berwarna coklat keruh. Tinggi pohonnya mencapai 70 cm dengan akar serabut berwarna putih keruh.

Kembang torong memiliki daun tunggal dengan panjang mencapai 60 cm dan lebarnya 5 cm. Tanaman semusim ini mempunyai bunga mejemuk berwarna pink dengan 6 lembar mahkota tebal, dengan putik berukuran 9 cm. Buahnya berwarna coklat dan bijinya yang kecil berwarna hitam.

Kandungan kembang torong

Zat kimia yang terdapat dalam daun dan umbi kembang torong seakan-akan polifenol dan saponin. Sedangkan umbinya saja mengandung alkaaloida, daunnya saja mengandung flavonoida. Banyak lagi senyawa penting yang terdapat dalam bunga ini.


Manfaat Kembang Torong Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan


Mungkin anda butuh alasan untuk memindahkan kembang torong ke dalam pot di halaman rumah? Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bunga, daun, dan umbi kembang torong. Beberapa khasiat kembang torong yang akan disebutkan, merupakan fakta kesehatan yang terbukti secara empiris sanggup mengatasi gangguan kesehatan yang terkait. Nah, inilah manfaat dan khasiat kembang torong untuk pengobatan:

Mengobati abuh pada leher


Kembang torong memiliki sifat anti inflamasi, yang mampu mengatasi pembengkakan pada cuilan badan seperti leher. Caranya, ambil ¼ ons umbi kembang torong. Cuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Tumbuk umbi ini hingga lumat, balurkan pada leher yang benjol. Balut dengan kain kasa selama 30 menit, cuci dengan air hangat.

Meredakan sakit tenggorokan

Sifat anti radang yang terdapat dalam kembang torong ternyata pengaruhtif untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya cukup praktis, siapkan 35 gram umbi kembang torong. Tumbuk umbi ini sampai lembut, terapkan pada kulit di sekitar leher anda.

Mungkin masih banyak manfaat lainnya dari kembang torong untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jika anda memiliki tumpuan atau literatur wacana bunga torong, silahkan menuliskan di kolom komentar. Tuangkan pengetahuan anda wacana tanaman ini, untuk menambah wawasan kita di dunia tanaman dan obat alami.

Memilih obat herbal yang berasal dari tanaman yang tumbuh dari tanah, merupakan solusi terbaik untuk mengobati penyakit. Bagaimana pun, bahan alami tidak menimbulkan dampak samping pada jangka panjang asalkan penggunaan sesuai dosis dan tidak berlebihan.

Nah, demikian manfaat kembang torong untuk kesehatan, yang dapat kami sampaikan kepada anda. Untuk budidaya bunga ini tidaklah sulit atau membutuhkan tehnik khusus. Cukup dengan merawatnya seakan-akan bunga lain, perhatikan juga kelembaban tanah dan udara. Simak juga: 5 manfaat bunga jotang bagi kesehatan dan kecantikan! Kini, anda makin sehat dengan adanya khasiat kembang torong.

Tampilkan Komentar