6 Manfaat Dan Khasiat Daun Mindi Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 22, 2017
Daun mindi kecil memiliki sederet manfaat kesehatan, sehingga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi aneka macam penyakit. Tanaman ini cukup dikenal oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Penyakit berat seolah-olah kanker dan tekanan darah tinggi, mampu diobati dengan konsumsi daun mindi kecil. Di dunia kecantikan, daunnya berguna untuk mengatasi berbagai gangguan kulit.

6 Manfaat Dan Khasiat Daun Mindi Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan
Melia azedarach merupakan nama anggun dari mindi kecil dalam bahasa latin. Nama ilmiah dari varietas tumbuhan ini seolah-olah Melia azadirachta, Melia japonica, Melia dubia auct, M. toosendan, dll. Orang Jawa menyebutnya dengan gringging, orang Sumatra menamainya dengan renceh. Mindi kecil dalam bahasa mandarin disebut ku lian pi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut bead tree, chinaberry, atau persian lilac.

Ciri-ciri daun mindi kecil

Melia japonica mampu tumbuh dengan cepat, di sekitar pantai maupun dataran tinggi. Tinggi pohonnya dapat mencapai 4 meter, dengan warna coklat renta. Permukaan daun sebelah atas berwarna hijau bau tanah, sedangkan sebelah bawah berwarna hijau muda.

Bunga melia japonica memiliki lima mahkota yang berwarna ungu muda, dengan aroma yang harum. Buah mindi berwarna coklat kekuningan saat bau tanah. Budidaya tumbuhan mampu dilakukan dengan menanam bijinya. Namun, biji ini bersifat racun bagi serangga.

Kandungan mindi kecil

Senyawa penting yang terdapat dalam tumbuhan melia dubia seakan-akan margosina, tannin, ß-sitosterol, triterpene kulinone, dan kaemferol. Kulit pohonnya mengandung toosendanin dan bahan yang larut. Bijinya mengandung resin, asam stearat, oleat, palmitat, linoleat, valerianat, laurat, butirat, dan belerang.

Buah mindi mengandung katekol, sterol, asam bakayanat, dan asam vanilat. Daunnya juga mengandung alkkaloid paraisina, tannin, flavonoid rutin, saponin, zat pahit, kaemferol, dan steroida. Senyawa kimia lainnya yang terdapat dalam tumbuhan ini termasuk minyak atsiri dan triterpen.

Melia azedarach mempunyai sifat diuretic, laksatif, emetic, analgesic, anti-jamur, dan anthelmintik (peluruh cacing usus).


6 Manfaat Dan Khasiat Daun Mindi Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan


Dengan sifatnya yang sejuk dan cuek, ternyata mindi kecil menyimpan beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini adalah khasiat daun mindi untuk mengobati sejumlah penyakit:

1. Mengobati penyakit darah tinggi

Penyakit hipertensi dapat diobati dengan cara tradisional. Salah satunya dengan mindi kecil. Ambil 7 lembar daunnya, rebus dengan 3 gelas air. Biarkan airnya menyusut 2 gelas, saring. Minum saat pagi dan petang, dengan takaran ½ gelas. Baca juga: 8 Makanan pantangan bagi penderita darah tinggi.

2. Mengatasi kudis


Salah satu penyakit kulit yang dapat merusak kecantikan kulit ialah kudis. Buatlah ramuan daun mindi, untuk mengatasi gangguan kulit ini. Tumbuk segenggam daun melia sampai halus. Balurkan pada kulit yang kudisan, balut dengan kain kasa. Ganti dua kali dalam sehari.

Selanjutnya, rebus kulit akar mindi dengan air secukupnya. Cuci penggalan kulit yang bermasalah, dengan airnya. Panaskan kulit pohon mindi dengan api kecil, giling atau tumbuk hingga berbentuk abu. Campur dengan sedikit air kapur sirih, gosokkan pada area kulit yang terkena kudis.

3. Mengobati kulit gatal (scabies)

Melia azadirachta juga mampu dipakai untuk mengatasi gatal-gatal di kulit, yang disebut scabies. Rebus segenggam daun mindi, dengan seliter air hingga warnanya menjadi kuning. Tambahkan 2 sdm garam dapur, aduk. Campur dengan air dingin, berendam dengannya.

Cara lainnya, campur debu kulit akar mindi dengan cuka, aduk. Terapkan pada kulit yang terasa gatal. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

4. Melawan cacing kremi

Zat aktif yang disebut toosendanin terdapat dalam mindi kecil, zat ini mempunyai sifat antelmintik yang lebih kuat dari santonin. Air rebusan dari meliae cortex dapat menghambat perkembangan cacing kremi.

5. Mengobati cacingan karena cacing tambang (ankylostoma)

Kulit pohon mindi yang telah dikeringkan juga berkhasiat untuk mengatasi cacing tambang. Ambil kulit kayu ini dan biji pinang, masing-masing sebanyak 15 gram. Iris-iris keduanya, rebus dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum segelas dari airnya sebelum tidur malam.

6. Mengatasi cacing gelang (ascariasis)

Untuk mengobati penyakit cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang, iris-iris 25 gram kulit kayu mindi. Rebus bersama 3 gelas air, hingga tersisa segelas. Minum airnya setiap malam selama 3 hari. Simak juga: 11 Obat cacingan terbuat dari materi alami!

Perhatian

  • Hindari penggunaan daun mindi secara berlebihan, karena dapat memicu sesak nafas, kebas (neuritis parifer), mual, pening, dan denyut jantung tidak teratur (aritmia). Gejala akan hilang dengan sendirinya, tanpa pengobatan.
  • Konsultasi dengan herbalis saat membuat racikan daun ini.
  • Untuk mengurangi sifat racun, tambahkan akar manis ketika merebus daun mindi kecil.
  • Daun mindi tidak dianjurkan bagi pengidap gagal ginjal, jantung, hepatitis, dan anemia.
  • Hindari penggunaan dalam jangka panjang.

Nah, itulah 6 manfaat daun mindi kecil bagi kesehatan yang luar biasa. Jika anda ingin menanamnya di sekitar rumah, sebaiknya kelilingi dengan pagar tinggi untuk mencegah anak-anak memakai pecahan tumbuhan ini tanpa anda sadari.

Tampilkan Komentar