5 Jenis Kanker Kulit Dan Cara Mencegahnya (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 13, 2017
Semua orang tentu tidak mau terkena kanker kulit, lantaran penyakit ini sulit untuk disembuhkan. Apalagi bagi wanita, gangguan kesehatan ini menjadi monster paling mengerikan. Nah, anda perlu mengetahui apa saja gejala kanker kulit? Bagaimana ciri-ciri penyakit kulit ini?

5 Jenis Kanker Kulit dan Cara Mencegahnya
Wanita sangat peduli dengan kecantikan dirinya, terutama menyangkut wajah, kulit, dan rambut. Sedikit perubahan pada wajah, akan menciptakan panik dan berusaha untuk mengatasinya.

Sel kanker dapat tumbuh pada kulit secara tidak wajar. Tanpa tindakan medis yang sempurna, sel-sel tidak normal ini sangat mungkin untuk menjalar ke organ tubuh lain. Bisa ditebak, kondisinya akan lebih berbahaya bila peluang ini terjadi.

Kasus kanker kulit paling banyak terjadi di Amerika. Menurut Skin Cancer Foundation sangat banyak orang di Amerika mengalami nanah dari salah satu jenis kanker kulit. Anda tidak akan mau menderita penyakit ini, bukan? Nah, pelajari bagaimana kondisi ini dapat terjadi dan apa saja penyebab kanker kulit.

Penyebab kanker kulit

Kulit tubuh merupakan tameng pertama yang menjaga badan kita dari semua bentuk gangguan dari luar, seakan-akan bisul basil atau hilangnya cairan. Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit yang bersentuhan langsung dengan lingkungan dan benda asing. Meskipun regenerasi sel pada epidermis terus terjadi dengan rutin, tetapi lapisan ini mampu dirusak oleh paparan sinau UV, luka, atau infeksi basil.


5 Jenis Kanker Kulit dan Cara Mencegahnya


Ada 5 jenis kanker kulit yang merugikan kesehatan, seperti di bawah ini:

1. Sel basal carcinoma

Sel basal berada di bagian paling bawah dari jaringan epidermis. Kanker pada kepingan ini paling sering terjadi. Bagian tubuh yang sering diserang ialah leher dan kepala. Pertumbuhan kanker basal sel carcinoma sangat lambat dan sulit untuk menyebar ke potongan tubuh lainnya. Ciri-cirinya adalah tonjolan berwarna pink atau merah. Baca juga: 5 cara cepat menghilangkan jerawat secara alami.

2. Actinis Keratosis

Kanker kulit yang terjadi pada tahap awal biasanya yaitu actinis keratosis, dimana ada area kecil dengan warna pink akhir terkena paparan sinar UV secara langsung. Kondisi kulit ini mampu berkembang lebih serius.

3. Sel squamous carcinoma


Sel squamous terletak pada belahan tengah dari lapisan epidermis. Karsinoma pada serpihan ini lebih berbahaya daripada kanker sel basal. Warnanya merah, biasanya terjadi pada tangan, leher, kepala, indera pendengaran, dan bibir. Terkadang kanker ini mempunyai bentuk awal yang menyerupai dengan kanker lainnya.

4. Melanoma

Jenis kanker kulit yang jarang terjadi ialah Melanoma. Penelitian medis memperlihatkan bahwa kanker melanoma merupakan jenis paling berbahaya. Bahkan, lebih dari 75 persen pasien mengalami akhir hayat akibat kanker melanoma. Jenis kanker ini terjadi pada wilayah yang membentuk pigmen dan cekungan berpola tertentu.

Jenis-jenis kanker melanoma

a. Lentigo Maligna

Melanoma ini sering menyerang usia lanjut. Ciri-cirinya ialah luka berbentuk lebar dan datar dengan warna agak kecoklatan. Menarik dipelajari: 8 cara mengobati Panu secara alami.

b. Superficial spreading

Jenis melanoma biasanya menyebabkan bentuk tidak beraturan dengan warna coklat dan hitam. Kanker kulit ini mampu menyerang semua usia.

c. Acral Lentiginous

Tipe melanoma ini jarang terjadi. Area kulit yang diserang seolah-olah telapak tangan atau kaki, dan permukaan di bawah jari.

d. Nodular

Melanoma nodular biasanya memiliki warna hitam, kebiruan, gelap, atau tak berwarna.

5. Kaposi’s sarcoma

Meskipun bukan tergolong kanker kulit, kanker sarkoma dapat menyebabkan luka pada kulit dengan warna merah agak kecoklatan sampai biru. Kanker ini sering menyerang kaki. Faktor penyebab kanker ini biasanya virus herpes pada pengidap HIV Aids.


Faktor penyebab kanker kulit


  • Faktor keturunan (genetik).
  • Paparan sinar matahari dalam waktu lama dan terus-menerus.
  • Akibat cangkok organ.
  • Umur mencapai 40 tahun atau lebih.
  • Warna kulit yang cerah seperti kuning langsat.

Beberapa faktor di atas mampu menyebabkan kanker kulit, atau dengan kata lain lebih rentan dengan risiko kanker kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan risiko kanker menyerang pada pria atau wanita muda yang mempunyai kulit berwarna gelap.


Cara mencegah kanker kulit


Setelah anda mengenali tanda-tanda dan penyebab kanker kulit, tentu akan mudah untuk melakukan tindakan pencegahan. Anda perlu konsultasi dengan dokter seorang jago kulit atau mahir penyakit kulit untuk mengetahui kondisi yang bergotong-royong. Apalagi ada gejala tidak masuk akal yang terjadi pada kulit anda.

Salah satu cara mencegah kanker kulit adalah menggunakan tabir surya ketika berada di bawah cahaya matahari. Jalani gaya hidup sehat dan hindari semua faktor penyebab selama dapat dilakukan.

Nah, itulah 5 jenis kanker kulit dan cara mencegahnya. Mungkin bermanfaat: 11 cara alami menghilangkan flek hitam dengan cepat! Perbanyak makan buah dan sayuran untuk menerima asupan vitamin dan mineral, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca, semoga terhindar dari penyakit ini.

Tampilkan Komentar