3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 23, 2017
Daun reundeu memiliki berbagai manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan, yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan, dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan, tanaman ini mampu mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih.

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Nama ilmiah dari daun reundeu adalah Staurogyne elongata, tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda, dan hijau pucat ketika bau tanah. Bunganya berwarna kuning, sangat indah sebagai bunga hias.

Daun reundeu bersifat sedikit cantik, dengan efek farmakologis salah satunya ialah diuretik. Akar tanaman ini juga sering dipakai untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa, layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat.

Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang, atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupukan harus diperhatikan, semoga tanaman dapat tumbuh dengan subur. Hindari pupuk kimia, dan tempatkan tanaman pada tanah yang langsung terkena paparan cahaya matahari.


3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


Lebih dari tanaman hias belaka, reundeu ternyata memiliki efek penyembuh sehingga berkhasiat untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan. Berikut ini manfaat dan khasiat daun reundeu untuk pengobatan:

1. Melawan bakteri patogen penyebab aneka macam penyakit


Daun reudeu mengandung banyak sekali macam mikroflora, termasuk basil filosfer yang bersifat anti mikroba. Bahkan, mikroflora ini tidak hilang saat daun dicuci dengan air mengalir. Sifat anti bakteri pada filosfer reundeu, mampu melawan kuman pathogen seperti Escherichia coli, Candida albicans, Candida tropicalis, dan Staphylococcous aureus.

2. Meluruhkan batu ginjal

Endapan kristal kalsium yang terbentuk akhir sisa hasil sekresi disebut kerikil ginjal. Timbulnya batu ini disebabkan kalsium yang berlebih, atau ginjal tidak mampu lagi untuk menyaringnya. Untuk menghancurkan batu ginjal agar mudah dikeluarkan dari badan, gunakan racikan daun reundeu.

Caranya, makan daun reudeu yang masih segar sebagai lalapan. Tentunya, cuci daunnya sebelum didikonsumsi. Lakukan pengobatan ini dengan teratur setiap hari, sampai sembuh. Informasi terkait: dua cara cuci ginjal dengan alami dan murah.

3. Mengatasi sulit berkemih

Daun reudeu memiliki sifat diuretik yang cukup berpengaruh, yang sanggup melancarkan sistem sekresi urin. Jika anda mengalami gangguan kencing, cobalah obat rumahan ini. Jika gangguan masih ringan, cukup makan daun reundeu dengan rutin tiap hari. Jalani contoh makan yang benar dan diet sehat, untuk mencegah penyakit kambuh.

Untuk pengobatan sulit kencing yang parah, siapkan beberapa genggam daun reundeu (sekitar 1 kg). Cuci dengan air yang mengalir, rebus dengan 4 gelas air bersih. Biarkan mendidih dan airnya menyusut 2 gelas. Saring dan minum airnya, di pagi hari dan sebelum tidur malam. Takarannya adalah 1 gelas. Penting dipelajari: 10 cara mencegah batu ginjal dengan simpel!

Nah, itulah manfaat dan khasiat daun reundeu untuk mengobati penyakit berat. Kini, siapkan pot bunga yang masih kosong kemudian isi dengan tanaman obat ini. Anda dapat menaruh pot bunga ini di lingkungan yang terbuka dan menerima sinar matahari dengan cukup. Sirami dengan air bersih setiap pagi atau petang, untuk menjaga kelembaban tanah di sekitarnya.

Masih banyak lagi manfaat reundeu bagi kesehatan dan kecantikan. Ulasan di atas hanyalah sebagian dari khasiat tanaman ini, yang telah terbukti secara empiris. Mungkin anda mempunyai pengalaman kesehatan dengan tanaman ini? Jangan ragu untuk menyebarkan, dengan menuliskan di kolom komentar.

Tampilkan Komentar