3 Manfaat Daun Anggrung Untuk Kesehatan Tubuh (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 17, 2017
Manfaat daun anggrung untuk kesehatan, selama ini memang belum dikenal banyak orang. Padahal, daun ini memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit tertentu dan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh zat kimia yang ada di dalam daun anggrung. Sebelum membahas tentang manfaat kesehatan, maka kita akan kupas dulu ciri-ciri tanaman ini.

3-Manfaat-Daun Anggrung-Untuk-Kesehatan-Tubuh
Mungkin artikel ini tidak cocok bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit secara instan. Bagaimana pun, semua jenis obat herbal mempunyai efek penyembuh yang notabene cukup kuat tapi butuh waktu yang tidak singkat.

Berbeda ketika anda memakai obat-obatan kimia yang menyebabkan reaksi yang cepat, tapi sering menyisakan dampak pada jangka panjang. Kaprikornus, semua itu tergantung kepada anda sebagai pengguna. Mau pilih obat-obatan tradisional, atau mengkonsumsi obat kimia.

Nama ilmiah untuk tanaman anggrung adalah Trema orientalis atau Celtis orientalis, tergolong ke dalam keluarga Ulmaceae. Tanaman ini mempunyai nama lain seakan-akan bengkire, mangkirai, bongkoreyon, tayapi, dehong, dan kuray. Mungkin anda mempunyai sebutan lain untuknya?

Ciri-ciri tanaman anggrung

Warna dari daun anggrung yaitu hijau kekuningan. Lebarnya sekitar 3 cm dan panjang daun sekitar 7 cm. Tinggi pohonnya mampu mencapai 10 cm, berwarna kecoklatan. Pohon anggrung mempunyai akar tunggang, daunnya berseling-seling dengan penggalan tepi tidak bergerigi.

Kandungan anggrung

Daun anggrung mempunyai imbas farmakologis yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit. Sifat penyembuh yang dimaksud yaitu anti spasmodik dan anti diare. Khasiat ini berasal dari beberapa senyawa kimia yang tersedia di dalam tumbuhan ini, seakan-akan saponin, polifenol, dan flavonoida.


3 Manfaat Daun Anggrung Untuk Kesehatan Tubuh


Mungkin para pembaca bertanya dalam hati, apa sih manfaat dan khasiat daun anggrung? Kenapa harus repot, bila banyak cara instan mampu dilakukan? Seperti uraian di awal, zat kimia yang berasal dari tumbuhan tentu lebih aman untuk digunakan dan tidak mengandung dampak samping. Di balik kesederhanaan anggrung, ternyata tersimpan beberapa khasiat untuk pengobatan terhadap penyakit seakan-akan berikut ini:

1. Meredakan diare


Tentu anda akan menjadi sibuk, dikala diare menyerang. Dalam sehari saja, pulang pergi ke toilet tanpa terhitung berapa kali. Obati diare dengan daun anggrung. Ambil 8 gram daunnya, kemudian cuci dengan air higienis. Rebus daun ini bersama dua gelas air selama 20 menit. Minum airnya 2 kali dalam sehari, untuk menghentikan diare dengan segera.

2. Mengobati batuk

Suasana rapat atau pertemuaan akan terganggu, ketika salah satu dari peserta menderita batuk. Bukan hanya penderita yang merasa tersiksa, peserta lain pun turut terganggu kenyamanannya.

Nah, untuk mengatasi batuk secara alami, cobalah cara tradisional menggunakan anggrung. Siapkan 10 gram daun anggrung, cuci dengan air yang mengalir. Rebus bersama 3 gelas air selama ½ jam. Tambahkan madu murni dan jeruk nipis, minum di pagi dan malam hari.

3. Mengatasi disentri, masuk angin

Akar tumbuhan anggrung efektif untuk mengobati disentri. Ambil 5 gram akarnya, basuh dengan air sampai higienis. Rebus dengan 2 gelas air selama 25 menit. Minum airnya sebanyak segelas, di pagi dan sore hari.

Nah, itulah 3 manfaat daun anggrung untuk kesehatan. Cara tradisional biasanya memakai bahan alami yang aman digunakan. Adanya khasiat anggrung ini menciptakan daftar tanaman obat makin sulit untuk dihitung. Memang nyatanya, banyak tanaman yang tersebar di bumi mempunyai aneka macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Menarik juga: 10 manfaat daun zodia untuk kesehatan! Makara, selalu perhatikan tumbuhan yang tumbuh di sekitar anda.

Tampilkan Komentar