20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 19, 2017
Daun brojo lintang seringkali disebut dalam ramuan obat tradisional. Apa bahu-membahu manfaat brojo lintang bagi kesehatan badan? Seberapa ahli imbastivitas tanaman ini dalam pengobatan terhadap penyakit? Berbagai literatur menyebutkan khasiat brojo lintang untuk mengobati sejumlah penyakit tertentu. Nah, untuk lebih jelasnya maka anda harus menyimak artikel ini dengan seksama.


20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Brojo lintang merupakan tumbuhan semak yang sering juga dipakai sebagai tanaman hias. Nama latin untuk tanaman ini ialah Belamchanda chinensia, tergolong ke dalam keluarga Iridaceae.

Brojo lintang juga sering disebut bunga semprit, suliga, jamaka atau leopard lily. Tanaman ini mungkin berasal dari Cina, Jepang, atau India. Pastinya, bunga brojo lintang kini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Ciri-ciri brojo lintang

Tinggi dari pohon brojo lintang dapat mencapai 1.5 meter. Tanaman tahunan ini tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi, hingga 2 km di atas permukaan laut. Daun brojo lintang berwarna hijau kebiru-biruan, dengan tepi yang rata. Bunganya mempunyai kelopak berbentuk segitiga, warnanya ungu. Warna buahnya adalah hijau, dengan bijinya yang lingkaran pipih dan berwarna putih.

Kandungan daun brojo lintang

Zat kimia yang terdapat di akar brojo lintang seperti iridin, belamkandin, tectorigenin, tectoridin, dan glikosida skekanin. Daun dan bunga brojo lintang mengandung mangiferin.

Efek farmakologis dalam tanaman ini yang telah diketahui seolah-olah antibiotik, anti virus, anti inflamasi, laksatif, peluruh dahak, antipiretik, dan melancarkan ajaran darah. Tanaman ini mempunyai sifat sejuk dan pahit.


20 Manfaat Brojo Lintang Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Hingga kini, penelitian wacana pengaruhtivitas brojo lintang terhadap kanker prostat masih berlangsung. Berikut ini ialah manfaat brojo lintang untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Sebagai penurun panas (antipiretik)


Ketika badan anak anda menderita panas, obati dengan bunga brojo lintang. Ambil 15 gram daun dan bunga brojo lintang, tumbuk sampai lembut. Balurkan pada tubuh anak, untuk menurunkan panas.

2. Mengobati radang amandel

Sifat anti inflamasi dalam tanaman brojo lintang, berguna untuk mengatasi peradangan pada penyakit gondongan. Cara membuatnya, siapkan 5 gram akar brojo lintang, 2 gram akar nyamplung, 1 gram buah adas, dan 2 lembar daun sirih. Rebus dengan 100 ml air hingga mendidih selama beberapa ketika. Berkumur dengan airnya di pagi dan malam hari, dengan takaran 50 ml. Lakukan pengobatan selama 2 ahad.

3. Mencegah sembelit

Jika anda menderita gangguan perncernaan seakan-akan sembelit, atasi dengan cara tradisional. Minum air rebusan dari daun brojo lintang dengan rutin setiap hari.

4. Mengatasi sakit pinggang

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan seseorang menderita sakit pinggang. Gangguan kesehatan ini tentu saja cukup menyiksa dan mengganggu rutinitas harian anda. Daun brojo lintang dampaktif untuk meredakan sakit pinggang. Caranya, tumbuk daun brojo lintang dan adas pulosari, sampai kedua materi menjadi lumat. Balurkan pada pinggang yang sakit.

5. Mengatasi sakit tenggorokan

Daun brojo lintang memiliki sifat anti radang, yang sanggup mengurangi dan menghilangkan sakit tenggorokan. Caranya, cuci tanaman ini dengan air mengalir. Tumbuk dan peras untuk mengambil sarinya. Minum airnya untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

6. Mengobati asma dan batuk

Brojo lintang juga berkhasiat untuk meredakan batuk dan mengurangi gejala asma. Caranya, sediakan 5 gram akar brojo lintang, 2 lembar daun sirih, 3 gram kayu masoyi, dan 5 gram daun kering patikan kebo. Rebus semua materi bersama 110 ml sampai mendidih selama beberapa dikala. Minum airnya yang hangat, 2 kali dalam seminggu.

7. Mengatasi demam nifas

Sifat antipiretik dalam brojo lintang berkhasiat untuk mencegah dan menurunkan demam pada ibu sesudah kala persalinan. Cukup dengan mengunyah akar brojo lintang, yang dicampur dengan daun sirih.


Manfaat Brojo lintang untuk kecantikan kulit


8. Mengobati dermatitis

Beberapa faktor eksternal dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, atau disebut dermatitis. Untuk mengatasi gangguan kulit ini, gunakan saja brojo lintang. Caranya, cuci 900 gram tanaman brojo lintang dengan air yang mengalir dan higienis. Rebus dengan 16 liter air selama 60 menit, tambahkan 120 gram garam. Saat airnya masih hangat, gunakan untuk mencuci potongan kulit yang bermasalah.


Manfaat brojo lintang lainnya


Akar brojo lintang juga imbastif untuk mengobati beberapa penyakit di bawah ini:

  • Gonore
  • Asma
  • TBC kelenjar
  • Pembengkakan pada limfa dan hati
  • Malaria
  • Luka yang terkena panah beracun
  • bisul
  • Peradangan paru-paru
  • Infeksi virus
  • Siklus haid tidak teratur
  • Laringitis dan pheryngitis
  • Batuk

Peringatan: Tanaman brojo lintang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, itulah 20 manfaat brojo lintang untuk kesehatan dan kecantikan. Simak juga: 5 manfaat bunga Jotang bagi kesehatan dan kecantikan! Berbagai manfaat dan khasiat inilah yang mengakibatkan tingginya seruan pasar terhadap tanaman ini.

Tampilkan Komentar