16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 14, 2017
Daun suji termasuk tanaman langka yang memiliki manfaat kesehatan, disebabkan nutrisi di dalamnya. Daun suji dapat dipakai untuk mengatasi aneka macam penyakit seakan-akan diabetes, disentri, beri-beri, dan banyak lagi. Sekilas bentuknya ibarat dengan pandan, tetapi sebagai pewarna kuliner maka warna yang dihasilkan oleh daun suji lebih besar lengan berkuasa.

16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Perbedaan tumbuhan suji dengan pandan adalah ukuran daunnya yang lebih pendek. Sedangkan daun pandan lebih unggul dalam aroma yang dihasilkan.

Ciri-ciri daun suji

Suji merupakan tanaman perdu yang tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab dan sedikit cahaya matahari. Nama ilmiah dari daun suji adalah Pleomele angustifolia dan Draceana angustifolia, tergolong ke dalam keluarga Liliaceae. Tinggi tanaman mampu mencapai 8 meter, dengan daun yang bertumpuk-tumpuk. Corak daunnya berseling dengan ujung runcing, warnanya hijau renta.

Bunga suji berbentuk tandan dengan warna putih keunguan, sedangkan buahnya berwarna hijau. Tanaman suji memiliki akar yang berwarna putih keruh.

Kandungan daun suji

Di balik rasanya yang pahit dan aromanya yang harum, daun suji mengandung beberapa senyawa penting seakan-akan saponin, flavonoida, tannin, alkkaloid, dan polifenol. Warna hijau pekat pada daun ini menunjukkan kadar klorofil yang berpengaruh.


16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Bukan hanya untuk memberikan warna menarik pada kuliner saja. Lebih dari itu, daun suji berkontribusi di dunia kesehatan dan pengobatan. Berikut ini beberapa manfaat daun suji untuk pengobatan dan cara membuatnya:

1. Menghentikan batuk berdarah

Paru-paru yang terisi oleh cairan mampu mengakibatkan batuk berdarah, yang pada akibatnya mampu berisiko gagal jantung. Konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Batuk berdarah juga mampu disebabkan oleh bisul kuman pada tenggorakan. Cara tradisional untuk mengatasi batuk berdarah, salah satunya yaitu menggunakan daun suji.

Tumbuk 15 lembar daun suji hingga lumat, tambahkan ½ gelas air lalu peras untuk menerima sarinya. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.

2. Menurunkan kadar kolesterol jelek

Daun suji mengandung saponin yang pengaruhtif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, dengan cara mengikatnya dalam ajaran darah. Klorofil dalam suji memiliki kegunaan untuk mengatasi tanda-tanda aterosklorosis. Penting: 13 kuliner yang sanggup menurunkan kolesterol!

Cara membuatnya, rebus 5 lembar daun suji bersama 2 gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas, minum 3 kali dalam satu hari.

3. Mencegah sembelit

Daun suji mengandung tannin yang berperan dalam melancarkan pergerakan usus. Sistem cerna yang berjalan baik akan mencegah masalah sembelit.

4. Mengobati beri-beri

Penyakit beri-beri dapat diobati secara tradisional, salah satu caranya yaitu memakai daun suji. Cuci 5 lembar daunnya dengan air mengalir, rebus bersama dua gelas air. Biarkan airnya menyusut segelas, minum dengan rutin setiap hari.

5. Mengobati urin bernanah


Kencing bernanah mampu diobati dengan saponin yang terdapat dalam daun suji, pandan, atau lengkuas. Saponin mempunyai sifat antiseptik yang mampu melawan jerawat kuman, penyebab kencing bernanah.

Caranya, rebus 7 lembar daun suji bersama 1 ½ liter air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, angkat. Minum 2 gelas airnya, di pagi dan malam hari.

6. Mengobati disentri

Saponin dalam daun suji ternyata pengaruhtif untuk mengatasi disentri. Caranya, rebus 3 lembar daun ini dengan 2 gelas air hingga berkurang segelas. Minum di pagi dan sore harinya.

7. Mengatasi keracunan makanan

Daun suji memiliki sifat antiseptik, yang berguna untuk menetralkan racun yang berasal dari kuliner. Cara memakainya, rebus 20 gram daun suji dengan dua gelas air hingga susut segelas. Minum airnya selagi hangat, untuk menenangkan perut.

8. Mengurangi nyeri haid

Salah satu perkara yang sering diderita oleh wanita adalah nyeri menstruasi. Selain memakai sirih, gangguan kesehatan ini dapat diatasi dengan daun suji.

Cara membuatnya, rebus 4 lembar daunnya bersama seliter air. Setelah airnya berkurang ½ liter, angkat. Minum airnya dengan dosis segelas per hari.

9. Mencegah kanker

Senyawa penting dalam daun suji pengaruhtif untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Cukup dengan minum rebusan daunnya dan madu murni, maka radikal bebas mampu diatasi.

10. Meredakan nyeri lambung

Daun suji juga mampu digunakan sebagai obat nyeri lambung. Caranya, rebus 20 gram daunnya dengan 2 gelas air. Setelah airnya tersisa segelas, segera angkat. Minum di pagi dan malam hari, dengan dosis ½ gelas.

11. Mengatasi sakit gigi

Cukup berkumur dengan air rebusan daun suji dan minum sebagian airnya, untuk meredakan sakit gigi yang menyiksa.

12. Mengatasi gusi berdarah

Infeksi basil pada gusi dapat diobati dengan daun suji, disebabkan zat kimia di dalamnya yang bersifat antiseptik. Caranya, gunakan rebusan daunnya sebagai obat kumur.

13. Meredakan sakit perut

Sifat antibakteri dalam daun suji berguna untuk mematikan kuman yang menimbulkan sakit perut. Efek farmakologis ini berasal dari tannin dan flavonoida di dalamnya.

14. Melancarkan sirkulasi darah

Polifenol dalam suji mampu merenggangkan pembuluh darah, sehingga fatwa darah menjadi lancar. Sirkulasi darah yang berjalan secara optimal akan mencegah beberapa penyakit termasuk hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.

15. Meningkatkan imunitas

Selain vitamin C, polifenol juga mampu bertindak untuk meningkatkan kekebalan badan. Sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.


Manfaat Daun Suji Untuk Kecantikan


16. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas mampu menimbulkan kerusakan pada kulit, sehingga kulit menjadi keriput dan kusam. Nah, untuk mencegah tanda penuaan dini, maka daun suji mampu menjadi solusi sempurna. Polifenol di dalam daun ini sanggup melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Menarik: 10 cara alami mengatasi penuaan dini!

Nah, itulah 16 manfaat daun suji untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, tidak salah kalau anda menambahkannya pada kuliner untuk meningkatkan citarasa yang berkualitas.

Tampilkan Komentar