13 Manfaat Daun Puring Untuk Kesehatan Tubuh Kita (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 24, 2017
Daun puring sangat dikenal dengan corak yang unik dan berwarna-warni. Daunnya yang cantik, tak ubahnya keindahan bunga hias. Namun, di balik keindahan puring ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang menakjubkan. Tanaman ini baik untuk membersihkan udara di sekitar rumah anda. Bahkan, penyakit berat seolah-olah sifilis dan eksema mampu diobati oleh puring.

13 Manfaat Daun Puring Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan
Nama ilmiah dari puring ialah Codiaeum variegatum, digolongkan ke dalam keluarga Euphorbiaceae. Tanaman puring disebut juga tarimas, katomas, puding, susurite, croton, dan lainnya. Tarimas berasal dari Indonesia, lalu menyebar ke wilayah tropis dan sub tropis lainnya.

Ciri-ciri daun puring

Puring merupakan tumbuhan perdu yang masih mempunyai hubungan kerabat dengan kastuba dan singkong. Batang pohonnya mengandung getah (lateks) yang berwarna putih dan lengket. Bentuk batangnya lingkaran, dengan warna coklat agak kehijauan.

Pengembangan dari kultivar puring menghasilkan variasi warna, seakan-akan jingga, ungu, merah, dsb. Bentuk daunnya pun bervariasi, seolah-olah oval, lonjong, bergelombang, putus-putus, dan banyak lagi. Bunganya majemuk, yang keluar dari ketiak daun. Akar puring memiliki warna kuning muda.

Kandungan puring

Tanaman hias ini mengandung tannin dan saponin, yang dalam ilmu pengobatan Cina diketahui punya rasa pahit dan acuh taacuh. Efek farmakologis dari puring termasuk diuretik, diaforetik, laksatif, dan sebagai pelancar aliran darah. Bagian tanaman yang dipakai sebagai obat ialah daun, akar, ranting, dan kulit batangnya.


13 Manfaat Daun Puring Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Selain warna daunnya yang bagus, berbagai zat kimia dan nutrisi dalam puring dampaktif untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan dan penyakit. Berikut ini adalah manfaat yang luar biasa dari daun puring untuk pengobatan:

1. Mengobati penyakit cacingan

Cacing kremi dapat masuk melalui makanan yang tidak bersih. Akibatnya, anak anda mampu menderita cacingan. Puring ternyata imbastif sebagai obat cacingan, yang tidak menimbulkan imbas samping. Cukup dengan minum air hasil dari rebusan ranting pohon puring yang belum renta.

2. Penyaring udara kotor

Tak ada ruginya, menanam puring di bersahabat jendela. Kenapa bisa begitu? Ya, lantaran daunnya mampu menyerap zat timbal yang mencemari udara. Timbal merupakan unsur yang berbahaya dan merugikan kesehatan. Makara, lindungi keluarga anda dengan tanaman ini.


13 Manfaat Daun Puring Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan
3. Menenangkan kejang lambung

Air yang didapatkan dengan merebus akar dan kulit pohon puring ternyata juga sanggup untuk meredakan kejang pada lambung.

4. Menghilangkan mulas

Aktivitas sehari-hari akan terganggu ketika perut terasa mulas. Atasi gangguan tersebut dengan cara tradisional. Tumbuk akar puring dan 3 lembar daun dadap, kemudian peras untuk mengambil airnya. Minum airnya untuk mengobati mulas. Mungkin anda akan mengalami diare sesudah minum airnya, tapi hanya sebentar dan segera hilang.

5. Melancarkan aliran darah

Tannin yang terdapat dalam getah puring merupakan zat penting yang mampu melancarkan sirkulasi darah.

6. Mengobati sakit perut pada bawah umur


Jika anak anda menderita sakit perut, tak perlu panik. Petik tujuh lembar pucuk daun puring yang berwarna kuning, tambahkan sedikit air. Tumbuk samapi terbentuk pasta lembut, oleskan pada perutnya.

7. Meningkatkan nafsu makan

Ketika anak anda kehilangan selera makan, atasi dengan puring. Ambil batang puring muda, rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih beberapa dikala. Tunggu hingga airnya masbodoh, minum dengan rutin di pagi hari.

8. Sulit berkeringat

Daun puring memiliki sifat diaforetik, yang mampu meluruhkan keringat. Ketika badan anda sulit mengeluarkan keringat, rebus daun puring dengan air bersih kemudian minum saat airnya hangat.

9. Mengatasi sifilis

Nyeri dan rasa sakit akhir tanda-tanda syphilis mampu diobati dengan obat rumahan. Caranya, ambil sebatang puring yang masih lengkap. Cuci dengan air mengalir, lalu rebus bersama 5 gelas air. Biarkan airnya tersisa 2 ½ gelas, angkat. Bagi airnya menjadi 3 kepingan dengan takaran sama. Tambahkan gula aren saat minum airnya di pagi, siang, dan malam hari.

10. Mengatasi sembelit

Gangguan pencernaan mampu disebabkan oleh kurangnya asupan serat, yang pada akhirnya mampu mengakibatkan sembelit. Puring dapat digunakan sebagai obat sembelit. Rebus kulit batang dan akar puring, dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut segelas. Airnya mampu diminum setiap hari.

11. Mengatasi gangguan jalan masuk kemih pada bawah umur

Jika anak anda menderita sakit dikala berkemih, atasi dengan obat rumahan. Berikan air rebusan dari kulit batang dan akar puring.

12. Mengatasi gatal pada kulit

Zat pahit yang ada di dalam kulit pohon puring ternyata efektif untuk menghilangkan gatal yang menyerang kulit badan.

13. Mengobati eksema

Dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun puring, maka eksema mampu disembuhkan.

Nah, itulah 13 manfaat daun puring untuk kesehatan yang menakjubkan. Mungkin selama ini, anda hanya menikmati keindahan tumbuhan ini. Tapi sekarang, anda dapat memakai tumbuhan hias ini untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Simak juga: 3 manfaat daun reundeu untuk kesehatan. Mungkin anda menanamnya di halaman rumah?

Tampilkan Komentar