11 Manfaat Daun Wungu Untuk Mengobati Penyakit Berat Dan Ringan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 15, 2017
Sedikit saja orang yang mengetahui manfaat daun wungu untuk kesehatan. Padahal, daun ungu dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Manfaat daun wungu yang paling dikenal oleh banyak orang, salah satunya sebagai obat wasir. Daun wungu (Handeuleum) juga pengaruhtif untuk mengatasi haid tidak lancar dan lainnya.

11 Manfaat Daun Wungu Untuk Mengobati Penyakit Berat Dan Ringan
Nama ilmiah dari daun ungu yaitu Graptophyllum pictum. Tanaman wungu memiliki nama lain seperti tulak, demung, kobi-kobi, dongora, dan banyak lagi. Tanaman liar ini mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi.

Ciri-ciri daun wungu

Pohon ungu berbatang tegak, dengan warna ungu agak kehijauan. Tinggi tumbuhan mencapai sekitar 2 meter, dengan akar tunggang. Kulit pohon dan daunnya mengandung lendir yang berbau tidak harum.

Daun wungu saling berhadapan, berwarna ungu pekat. Ukuran daun terbesar sekitar 25x11 cm, dengan permukaan yang mengkilat. Bunga wungu berwarna merah bau tanah, sedangkan warna buahnya yaitu ungu kecoklatan.

Kandungan daun wungu

Senyawa penting yang terdapat di dalam daunnya seolah-olah steroida, glikosida, tannin, saponin, lendir, klorofil, dan alkaloida non toksik. Batang tumbuhan mengandung lemak, asam formik dan kalsium oksalat.

Zat kimiawi dalam daun ungu memiliki sifat diuretik, anti-inflamasi, laksatif, anti plak gigi, dan emoliens. Daun wungu juga bersifat analgesik, yang dapat meredakan nyeri dan menekan pembentukan prostaglandin. Senyawa kimia dalam daun ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri mutan streptococcus. Bunga ungu pengaruhtif sebagai pelancar haid.


11 Manfaat Daun Wungu Untuk Mengobati Penyakit Berat Dan Ringan


Berikut ini adalah ramuan tradisional yang terbuat dari daun wungu, untuk mengatasi beberapa jenis penyakit:

1. Mengobati maag

Untuk mengatasi tukak lambung, kunyah daun wungu hingga halus. Buang ampasnya, minum airnya saja. Cara lain: 6 Cara alami mengobati tukak lambung.

2. Meredakan sakit encok (Reumatik)

Nyeri yang timbul akibat rematik, tentu saja dapat mengganggu acara harian anda. Cara mengobatinya, tumbuk daun wungu hingga lumat kemudian balurkan pada cuilan badan yang merasakan nyeri.

3. Mengobati sakit indera pendengaran


Daun wungu sering dipakai sebagai obat tetes untuk mengatasi sakit pendengaran. Cuci daunnya dengan air yang mengalir, lalu tumbuk dan peras untuk mengambil airnya. Teteskan airnya ke lubang telinga yang sakit.

4. Mencegah dan mengobati sembelit

Gangguan pada pencernaan termasuk sembelit, mampu disebabkan oleh kurangnya serat yang dikonsumsi setiap harinya. Sembelit mampu diobati dengan cara tradisional. Caranya, rebus 7 lembar daun ungu bersama 2 gelas air. Setelah airnya susut segelas, angkat. Minum setiap pagi hari, sesudah sarapan.

5. Mengobati wasir atau ambeien

Sembelit dapat memicu kondisi yang lebih parah, yaitu wasir (hemorrhoid). Benjolan berwarna merah kehitaman yang timbul di akses pembuangan ini tentu sangat menyiksa penderitanya.

Untuk mengatasinya, gunakan cara alami. Siapkan 15 lembar daun wungu, sepotong kunyit, dan gula aren secukupnya. Rebus tiga bahan ini dengan 4 gelas air, biarkan tersisa 2 gelas saja. Minum airnya di pagi dan malam hari, dengan takaran segelas.

6. Meredakan demam

Demam dapat disebabkan oleh infeksi virus atau basil. Sehingga imunitas tubuh melawan kuman yang menyerang. Cara mudah untuk mengatasi demam adalah menggunakan daun wungu. Siapkan sepotong temulawak yang diris-iris dan 7 lembar daun wungu. Rebus bersama segelas air hingga mendidih beberapa ketika. Minum airnya dikala masih hangat.

7. Menyembuhkan bisul

Bisul yang tidak sembuh dalam waktu lama, dapat diobati dengan daun ungu. Caranya, tumbuk segenggam daun ungu hingga lumat. Panaskan dengan api kecil selama beberapa menit, terapkan pada infeksi di kulit anda.


11 Manfaat Daun Wungu Untuk Mengobati Penyakit Berat Dan Ringan
8. Meluruhkan watu empedu

Penyakit batu empedu mampu diobati dengan metode tradisional. Caranya, sediakan daun ungu dan daun urat, masing-masing sebanyak 7 lembar. Rebus dua bahan ini dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih dan tertinggal segelas saja. Minum airnya, 2 kali sehari.

9. Mengobati memar

Bengkak pada serpihan badan mampu disebabkan oleh benturan dengan benda keras. Nah, untuk mengatasi memar atau abuh, anda mampu memakai tumbuhan ungu. Tumbuk kulit pohonnya hingga lembut, terapkan pada serpihan tubuh yang memar.

10. Mengatasi menstruasi tidak teratur

Terkadang perempuan menderita siklus haid yang tidak teratur setiap bulan. Bunga wungu merupakan solusi terbaik untuk menangani kasus ini. Jemur bunga wungu hingga kering, ambil segenggam darinya. Rebus bersama 4 gelas air, hingga airnya susut 3 gelas. Minum segelas airnya di pagi, siang, dan malam hari. Lakukan cara ini, 3 hari sebelum periode haid.

11. Melancarkan kencing

Efek diuretik dalam daun ungu ternyata memiliki kegunaan untuk melancarkan sekresi jalan masuk kemih. Caranya, ambil adas pulowaras dan segenggam daun ungu. Tumbuk keduanya hingga lembut, oleskan pada perut anda. Biarkan selama beberapa menit, sebelum dibersihkan dengan air hangat. Penting untuk dipelajari: 17 makanan yang memiliki sifat diuretik!

Nah demikian 11 manfaat daun wungu untuk mengobati aneka macam penyakit. Anda dapat menanam bunganya di pekarangan atau halaman rumah. Selain menambah keindahan suasana, banyak manfaat kesehatan didapat dari daun ini.

Tampilkan Komentar