10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 16, 2017
Manfaat tanaman zodia untuk kesehatan tidak diketahui oleh banyak orang. Daun zodia biasanya dipakai oleh orang Papua sebagai pengusir nyamuk, disebabkan aromanya yang sangat dibenci oleh nyamuk. Selain sebagai repellent, daun zodia ternyata juga berkontribusi di dunia kesehatan. Penyakit berbahaya seolah-olah malaria dan kanker mampu diobati menggunakan racikan daun atau bunganya.

10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh
Ciri-ciri tumbuhan zodia

Nama ilmiah dari tanaman zodia ialah Evodia sauveolens, tergolong ke dalam suku Rutaceae. Dari Papua, tanaman ini lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tinggi pohonnya mampu mencapai 2 meter. Daunnya berwarna kuning kehijauan, berbentuk pipih dan cukup lentur. Jika daun-daun ini bergesekan satu sama lain, akan timbul aroma yang khas.

Tanaman zodia sebagai tumbuhan hias sering juga disebut pohon nyamuk. Bau daunnya mampu mengusir nyamuk, pengaruhnya tidak jauh berbeda dari akar wangi, lavender, geranium, serai wangi, dan bunga rosemary. Hal ini disebabkan oleh senyawa linalool yang terdapat di dalam daunnya.


10 Manfaat Daun Zodia Untuk Kesehatan Tubuh


Bukan sekedar tanaman hias atau repellent saja, ternyata ekstrak zodia mengandung aneka macam zat aktif yang berguna untuk pengobatan. Beberapa senyawa di dalamnya termasuk a-pinene, rutaecarpine dan evodiamine. Berikut ini ialah manfaat daun zodia untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Melawan pertumbuhan kanker


Senyawa penting dalam daun zodia ternyata pengaruhtif untuk memerangi kegiatan sel kanker yang berbahaya di dalam tubuh. Bahkan, perkembangan tumor mampu dicegah dengan mengkonsumsi daun zodia. Menarik: 5 jenis kanker kulit dan cara mencegahnya!

2. Mengobati sariawan

Luka sariawan tentu akan menurunkan selera makan, lantaran nyeri saat mengunyah makanan. Obati sariawan dengan minum rebusan daun zodia. Selain itu, perbanyak asupan vitamin C untuk mempercepat kesembuhan.

3. Mengharumkan busuk badan

Bukan hanya daun sirih yang mampu menghilangkan basi tubuh tak sedap, zodia pun imbastif untuk mengatasi kasus ini. Dengan rutin minum air rebusan daun zodia ternyata dapat mengakibatkan bau tak sedap pergi dari tubuh anda. Orang Sentani biasanya menggunakan daun zodia sebagai parfum alami, dengan mengoleskan pada kulit mereka.

4. Membantu mengobati malaria

Senyawa aktif termasuk evodiamine dan rutaecarpine yang ada dalam daun zodia, mampu melawan bisul virus penyebab penyakit malaria.

5. Meredakan demam

Daun zodia mempunyai sifat sejuk sehingga mampu menurunkan panas tubuh yang terlalu tinggi. Ketika anak anda menderita demam, berikan rebusan air dari daun zodia.

6. Mencegah bau mulut

Untuk menghilangkan basi ekspresi yang tidak sedap, anda dapat mengunyah daun zodia yang masih segar lalu buang ampasnya.

7. Meringankan sakit kepala

Jangan bingung mencari obat sakit kepala, cobalah ramuan tradisonal yang terbuat dari daun zodia. Cukup dengan merebus daunnya bersama air bersih selama beberapa menit, lalu minum ketika airnya masih hangat.

8. Mengatasi perut kembung

Gas yang menumpuk di lambung dapat menyebabkan perut kembung dan masuk angin. Daun dan bunga zodia mampu menjadi solusi terbaik untuk mengatasi gangguan pada sistem cerna ini.

9. Mengobati diare dan disentri

Salah satu cara natural untuk menyembuhkan penyakit disentri ialah menggunakan daun zodia. Efek farmakologis dalam daun ini berguna untuk melawan kuman penyebab disentri.

10. Meningkatkan stamina dan energi

Ekstrak zodia juga berguna untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun, sehingga tubuh anda lebih berenergi.

Nah, itulah 10 manfaat daun zodia untuk kesehatan tubuh. Simak juga: 11 Manfaat daun wungu untuk mengobati penyakit berat! Anda pun mampu menanam bunga zodia di taman atau halaman rumah. Cukup dengan menaruh bijinya ke dalam tanah, atau menggunakan metode stek batang. Setelah bunganya tumbuh, pindahkan ke dalam pot-pot bunga.

Tampilkan Komentar