10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 12, 2017
Daun ciplukan atau cecendet merupakan tanaman liar yang mempunyai sederet manfaat kesehatan lantaran kaya nutrisi dan zat penting, yang imbastif dalam melawan banyak sekali jenis penyakit. Penyakit berat seolah-olah kanker dan penyakit paru-paru dapat diobati dengan memakai daun dan buah ciplukan. Tumbuhan ini simpel ditemukan di ladang dan area persawahan.

10 Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit
Nama ilmiah untuk ciplukan yaitu Physialis angulata. Nama lain dari ciplukan seolah-olah kopok-kopokan, lapunonat, dan banyak lainnya. Tanaman ini banyak tumbuh di tepi sungai atau selokan. Buahnya yang matang tentu menjadi kesukaan bagi anak-anak. Buah ciplukan dibungkus oleh kelopak berbentuk seolah-olah jaring-jaring.

Tanaman cecendet umumnya tumbuh subur sehabis padi dipanen, kalau tumbuhnya di sawah. Buah cecendet berasal dari Amerika utara, lalu bijinya menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Usia ciplukan dapat mencapai setahun, dengan tinggi pohon sekitar 1 meter saja.

Kandungan Ciplukan

Buah ciplukan mengandung sejumlah nutrisi penting seperti asam sitrun, asam klorogenik, tanin, vitamin C, alkaloid, kriptoxantin, fisalin, asam malat, dan gula. Biji ciplukan mengandung asam claidic, asam steara, asam palmitat, dan protein. Daun ciplukan mengandung glikosida flavonoid, akarnya mengandung alkkaloida. Tunas tanaman menyimpan saponin.

Efek farmakologis dalam buah ciplukan termasuk analgesik, menetralkan racun (antidote), menjaga fungsi kelenjar badan, dan sebagai pereda batuk. Dengan sifat ini maka cecendet layak dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat.

Keunggulan ciplukan ialah tidak ada racun pada setiap kepingan tanamannya, jadi kondusif untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun, rasa daunnya yang pahit terkadang membuat seseorang merasa enggan untuk menelannya secara langsung.


10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit


Buah ciplukan memiliki sifat sejuk. Bagian tanaman yang dipakai sebagai bahan obat yaitu daun, buah, dan akarnya. Nah, inilah beberapa manfaat buah cecendet atau ciplukan bagi tubuh kita:

1. Mencegah kanker

Buah dan daun ciplukan mengandung steroida yang imbastif untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa ekstrak ciplukan sanggup mengurangi ukuran tumor. Penting: Cara mencegah kanker yang harus anda ketahui!

2. Mengobati diabetes melitus

Buah ciplukan mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita kencing manis. Caranya, cabut tanaman cecendet beserta buahnya. Cuci dan biarkan akarnya menjadi layu, rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas. Minum dengan rutin hingga sembuh.


10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit
3. Mengobati rematik

Banyak orang renta mengeluh karena gejala rematik. Rasa nyeri yang timbul sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya, cobalah obat rumahan. Caranya, rebus 10 gram buah ciplukan kering dengan 3 gelas air hingga susut 1 ½ gelas. Airnya yang hambar mampu diminum 3 kali sehari, dengan dosis ½ gelas.

4. Mencegah epilepsi

Buah ciplukan dampaktif untuk mengatasi penyakit ayan. Caranya, cukup makan 10 buah cecendet setiap hari. Cara ini dapat mengobati penyakit epilepsi secara berangsur.

5. Mengatasi gusi berdarah

Masalah gusi berdarah ternyata mampu diobati dengan rutin makan buah ciplukan setiap hari. Vitamin C yang berlimpah dalam buah ini juga baik untuk mencegah sariwan.

6. Mengatasi luka borok


Berbeda dari bengkak, untuk mengobati luka berborok maka anda harus mengambil segenggam daun ciplukan. Cuci dengan air mengalir, tambahkan 2 sdm air kapur sirih. Tumbuk dua materi ini hingga lembut, aplikasikan pada luka di kulit.

7. Mengobati radang kulit dan abses

Salah satu cara untuk mengobati jerawat ialah memakai ramuan ciplukan. Tumbuk ½ genggam daunnya, kemudian terapkan pada jerawat. Jangan lupa untuk mencuci daun ini sebelum dipakai. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Obati hipertensi dengan buah ciplukan. Siapkan 5 gram buahnya, rebus dengan 110 ml air selama 10 menit. Tunggu airnya menjadi masbodoh, minum di pagi dan sore hari sampai tekanan darah menjadi normal.

9. Mengobati sakit tenggorokan dan flu

Musim hujan rentan dengan penyakit ringan seolah-olah flu. Untuk mengatasi pilek dan sakit tenggorokan, siapkan tanaman cecendet dan buahnya. Cuci dengan air, lalu potong-potong tanaman ini. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Ketika akan digunakan sebagai obat flu, ambil 10 gram herba kering. Rebus hingga mendidih beberapa saat. Minum dengan teratur, 3 kali dalam sehari.

10. Mengobati bronkitis

Tanaman ciplukan sangat membantu untuk mengobati penyakit paru-paru basah atau disebut bronkitis. Cabut akar ciplukan dari dalam tanah, basuh tanaman ini dengan air yang mengalir. Rebus bersama 5 gelas air hingga mendidih selama 10 menit. Minum airnya dikala masih hangat, 3 kali dalam satu hari dengan dosis segelas.

Nah. Itulah 10 manfaat buah ciplukan untuk pengobatan penyakit. Simak juga: 17 manfaat jeruk bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat ciplukan lainnya termasuk sebagai obat batuk rejan, herrnia dan gondongan. Sungguh luar biasa manfaat buah cecendet, bukan sekedar tanaman liar saja. Jika anda ingin menanamnya, pastikan untuk menjaga kelembaban tanah. Siram dengan air higienis setiap hari, agar mampu tumbuh di pekarangan atau pot bunga.

Tampilkan Komentar